AGREEMENT BETWEEN
THE GOVERNMENT OF THE REPUBLIC OF INDONESIA
AND
THE GOVERNMENT OF ROMANIA
FOR
THE AVOIDANCE OF DOUBLE TAXATION AND THE PREVENTION OF FISCALEVASION WITH RESPECT TO TAXES ON INCOME
Article 1 |
This Agreement shall apply to persons who are residents of one or both of the Contracting States.
Article 2 |
1. This Agreement shall apply to taxes on income imposed on by each of the Contracting State, by its administrative-territorial units or by its local authorities, irrespective of the manner in which they are levied.
2. There shall be regarded as taxes on income all taxes imposed on total income or on elements of income, including taxes on gains from the alienation of movable or immovable property.
3. The existing taxes to which the Agreement shall apply are in particular:
(a) in the case of Indonesia:
the income tax, imposed under the Undang-undang Pajak Penghasilan 1984 (Law No. 7 of 1983).
(hereinafter referred to as "Indonesian tax").
(b) in the case of Romania:
- the tax on income derived by individuals;
- the tax on salaries, wages and other similar remuneration;
- the tax on the profits of bodies and legal persons;
- the tax on income realised from agricultural activities;
(hereinafter referred to as "Romanian tax").
4. The Agreement shall also apply to any identical or substantially similar taxes on income which are imposed after the date of signature of the Agreement in addition to, or in place of, those referred to in paragraph 3. The competent authorities of the Contracting States shall notify each other of any substantial changes which have been made in their respective taxation laws.
Article 3 |
1. For the purposes of this Agreement, unless the context otherwise requires:
(a) the terms "a Contracting State" and "the other Contracting State" mean, as the context requires, Romania or Indonesia;
(b) (i) the term "Indonesia" comprises the territory of the Republic of Indonesia as defined in its laws and the adjacent areas over which the Republic of Indonesia has sovereign rights or jurisdiction in accordance with the provisions of the United Nations Convention on the Law of the Sea, 1982;
(ii) the term "Romania" means Romania and, used in a geographical sense, indicates the territory of Romania including its territorial sea as well as the exclusive economic zone and the continental shelf over which Romania exercises sovereign rights, in accordance with its internal law and with the international law, concerning the exploration and exploitation of the natural, biological and mineral resources existing in the sea waters, sea-bed and subsoil of these waters;
(c) the term "person" includes an individual, a company and any other body of persons;
(d) the term "company" means any body corporate or any entity which is treated as a body corporate for tax purposes;
(e) the terms "enterprise of a Contracting State" and "enterprise of the other Contracting State" mean, respectively, any enterprise carried on by a resident of a Contracting State and any enterprise carried on by a resident of the other Contracting State;
(f) the term "international traffic" means any transport by a ship or aircraft operated by an enterprise of a Contracting State, except when the ship or aircraft is operated solely between places in the other Contracting State;
(g) the term "competent authority" means:
(i) in Indonesia:
the Minister of Finance or his authorized representative;
(ii) in Romania:
the Minister of Finance or his authorized representative;
(h) the term "national" means:
(i) any individual possessing the citizenship of a Contracting State;
(ii) any legal person or other entities deriving its status as such from the laws in force in a Contracting State.
2. As regards the application of the Agreement by a Contracting State, any term not defined therein shall, unless the context otherwise requires, have the meaning which it has under the law of that State concerning the taxes to which the Agreement applies.
Article 4 |
1. For the purposes of this Agreement, the term "resident of a Contracting State" means any person who, under the laws of that State, is liable to tax therein by reason of his domicile, residence, place of management or any other criterion of a similar nature.
2. Where by reason of the provisions of paragraph 1 an individual is a resident of both Contracting States, then his status shall be determined as follows:
(a) he shall be deemed to be a resident of the State in which he has a permanent home available to him; if he has a permanent home available to him in both States, he shall be deemed to be a resident of the State with which his personal and economic relations are closer (centre of vital interests);
(b) if the State in which he has his centre of vital interests cannot be determined, or if he has not a permanent home available to him in either State, he shall be deemed to be a resident of the State in which he has an habitual abode;
(c) if he has an habitual abode in both States or in neither of them, the competent authorities of the Contracting States shall settle the question by mutual agreement.
3. Where by reason of the provisions of paragraph 1 a person other than an individual is a resident of both Contracting States, the competent authorities of both Contracting States shall settle the question by mutual agreement.
Article 5 |
1. For the purposes of this Agreement, the term "permanent establishment" means a fixed place of business through which the business of an enterprise is wholly or partly carried on.
2. The term "permanent establishment" includes especially:
(a) a place of management;
(b) a branch;
(c) an office;
(d) a factory;
(e) a workshop;
(f) a mine, an oil or gas well, a quarry or any other place of extraction of natural resources.
3. The term "permanent establishment" likewise encompasses:
(a) a building site, a construction, assembly or installation project or supervisory activities in connection therewith, but only where such site, project or activities continue for a period of more than six months;
(b) the furnishing of services, including consultancy services by an enterprise through employees or other personnel engaged by the enterprise for such purpose, but only where activities of that nature continue (for the same or a connected project) within the country for a period or periods aggregating more than four months within any twelve month period, counted from the first day the services are furnished.
4. Notwithstanding the preceding provisions of this Article, the term "permanent establishment" shall be deemed not to include:
(a) the use of facilities solely for the purpose of storage, display or occasional delivery of goods or merchandise belonging to the enterprise;
(b) the maintenance of a stock of goods or merchandise belonging to the enterprise solely for the purpose of storage, display or occasional delivery;
(c) the maintenance of a stock of goods or merchandise belonging to the enterprise solely for the purpose of processing by another enterprise;
(d) the maintenance of a fixed place of business solely for the purpose of purchase goods or merchandise, or of collecting information, for the enterprise;
(e) the sale of goods or merchandise belonging to the enterprise displayed in the frame of an occasional temporary fair or exhibition after the closing of the said fair or exhibition;
(f) the maintenance of a fixed place of business solely for the purpose of advertising, for supply of information, for scientific research or for similar activities which have a preparatory or auxiliary character, for the enterprise.
5. Notwithstanding the provisions of paragraphs 1 and 2, where a person -- other than an agent of an independent status to whom paragraph 7 applies -- is acting in Contracting State on behalf of an enterprise of the other Contracting State, that enterprise shall be deemed to have a permanent establishment in the first-mentioned Contracting State in respect of any activities which that person undertakes for the enterprise, if such a person:
(a) has and habitually exercises in that State an authority to conclude contracts in the name of the enterprise, unless the activities of such person are limited to those mentioned in paragraph 4 which, if exercised through a fixed place of business, would not make this fixed place of business a permanent establishment under the provisions of that paragraph; or
(b) has no such authority, but habitually maintains in the first- mentioned State a stock of goods or merchandise from which he regularly delivers goods or merchandise on behalf of the enterprises.
6. An insurance enterprise of a Contracting State shall, except with regard to reinsurance, be deemed to have a permanent establishment in the other Contracting State if it collects premiums in that other State or insures risks situated therein through an employee or through a representative who is not an agent of an independent status within the meaning of paragraph 7.
7. An enterprise of a Contracting State shall not be deemed to have a permanent establishment in the other Contracting State merely because it carries on business in that other State through a broker, general commission agent or any other agent of an independent status, provided that such persons are acting in the ordinary course of their business. However, when the activities of such an agent are devoted wholly or almost wholly on behalf of that enterprise, he will not be considered an agent of an independent status within the meaning of this paragraph. x
8. The fact that a company which is a resident of a Contracting State controls or is controlled by a company which is a resident of the other Contracting State, or which carries on business in that other State (whether through a permanent establishment or otherwise), shall not of itself constitute either company a permanent establishment of the other.
Article 6 |
1. Income derived from immovable property, including income from agriculture or forestry, is taxable in the Contracting State in which such property is situated.
2. The term immovable property shall have the meaning which it has under the law of the Contracting State in which the property in question is situated. The term shall in any case include property accessory to immovable property, livestock and equipment used in agriculture and foresty, rights to which the provision of general law respecting landed property apply usufruct of immovable property and rights to variable or fixed payments as consideration the working of, or the right to work, mineral deposits, sources and other natural resources; ships, boats and aircraft shall not be regarded as immovable property.
3. The provisions of paragraph 1 shall apply to income derived from the direct use, letting or use in any other from of immovable property.
4. The provisions of paragraphs 1 and 3 shall also apply to the income from immovable property of an enterprise and to income from immovable property used for the performance of independent personal services.
Article 7 |
1. The profits of an enterprise of a Contracting State shall be taxable only in that State unless the enterprise carries on business in the other Contracting State through a permanent establishment situated therein. If the enterprise carries on business as aforesaid, the profits of the enterprise may be taxed in the other State but only so much of them as is attributable to:
(a) that permanent establishment;
(b) sales in that other State of goods or merchandise of the same or similar kind as those sold through that permanent establishment; or
(c) other business activities carried on in that other State of the same or similar kind as those effected through that permanent establishment.
The provisions of sub-paragraphs (b) and (c) above shall not apply if the enterprise proves that such sales or activities are attributable to some person or entity other than the permanent establishment.
2. Subject to the provisions of paragraph 3, where an enterprise of a Contracting State carries on business in the other Contracting State through a permanent establishment situated therein, there shall in each Contracting State be attributed to that permanent establishment the profits which it might be expected to make if it were a distinct and separate enterprise engaged in the same or similar activities under the same or similar conditions and dealing wholly independently with the enterprise of which it is a permanent establishment.
3. In determining the profits of a permanent establishment, there shall be allowed as deductions expenses which are incurred for the purposes of the business of the permanent establishment including executive and general administrative expenses so incurred, whether in the State in which the permanent establishment is situated or elsewhere. However, no such deduction shall be allowed in respect of amounts, if any, paid (otherwise than towards reimbursement of actual expenses) by the permanent establishment to the head office of the enterprise or any of its other offices, by way of royalties, fees or other similar payments in return for the use of patents or other rights, or by way of commission, for specific services performed or for management, or, except in the case of a banking enterprise, by way of interest on moneys lent to the permanent establishment. Likewise, no account shall be taken, in the determination of the profits of a permanent establishment, for amounts charged, (otherwise than towards reimbursement of actual expenses), by the permanent establishment to the head office of the enterprise or any of its other offices, by way of royalties, fees or other similar payments in return for the use of patents or other rights, or by way of commission for specific services performed or for management, or, except in the case of a banking enterprise, by way of interest on moneys lent to the head office of the enterprise or any of its other offices.
4. For the purpose of the preceding paragraphs, the profits to be attributed to the permanent establishment shall be determined by the same method year by year unless there is good and sufficient reason to the contrary.
5. No profits shall be attributed to a permanent establishment by reason of the mere purchase by that permanent establishment of goods or merchandise for the enterprise.
6. Where profits include items of income which are dealt with separately in other Articles of this Agreement, then the provisions of those Articles shall not be affected by the provisions of this Article.
Article 8 |
1. Profits from sources within a Contracting State derived by an enterprise of the other Contracting State from the operation of ships in international traffic may be taxed in the first-mentioned State, but the tax imposed shall be reduced by an amount equal to 50 per cent thereof, and the tax so charged shall not exceed 2 per cent from the gross amount of the freight.
2. Profits from the operation of aircraft in international traffic shall be taxable only in the Contracting State of which the enterprise operating the aircraft is a resident.
3. The provisions of paragraphs 1 and 2 shall also apply to profits from the participation in a pool, a joint business or an international operating agency.
4. Notwithstanding the provisions of paragraphs 1 and 2 of this Article or of Article 7, the profits derived from the operation of ships or aircraft used solely between places in a Contracting State may be taxed in that State.
Article 9 |
Where:
(a) an enterprise of a Contracting State participates directly or indirectly in the management, control or capital of an enterprise of the other Contracting State, or
(b) the same persons participate directly or indirectly in the management, control or capital of an enterprise of a Contracting State and an enterprise of the other Contracting State,
and in either case conditions are made or imposed between the two enterprises in their commercial or financial relations which differ from those which would be made between independent enterprises, then any profits which would, but for those conditions, have accrued to one of the enterprises, but, by reason of those conditions, have not so accrued, may be included in the profits of that enterprise and taxed accordingly.
Article 10 |
1. Dividends paid by a company which is a resident of a Contracting State to a resident of the other Contracting State may be taxed in that other State.
2. However, such dividends may also be taxed in the Contracting State of which the company paying the dividends is a resident and according to the laws of that State, but if the recipient is the beneficial owner of the dividends the tax so charged shall not exceed:
(a) 12.5 per cent of the gross amount of the dividends if the recipient is a company which owns directly at least 25 per cent of the capital of the company paying the dividends;
(b) in all other cases, 15 per cent of the gross amount of the dividends.
The provisions of this paragraph shall not affect the taxation of the company in respect of the profits out of which the dividends are paid.
3. The term "dividends" as used in this Article means income from shares, "jouissance" shares, or "jouissance" rights, mining shares, founders shares or other rights, not being debt-claims, as well as income from other corporate rights assimilated to income from shares by the taxation law of the State of which the company making the distribution is a resident.
4. The provisions of paragraphs 1 and 2 shall not apply if the beneficial owner of the dividends, being a resident of a Contracting State, has in the other Contracting State of which the company paying the dividends is a resident, a permanent establishment or a fixed base and the holding in respect of which the dividends are paid is effectively connected with such permanent establishment or fixed base. In such case the provisions of Article 7 or Article 15, as the case may be, shall apply.
5. Where a company which is a resident of a Contracting State derives profits or income from the other Contracting State, that other State may not impose any tax on the dividends paid by the company, except insofar as such dividends are paid to a resident of that other State or insofar as the holding in respect of which the dividends are paid is effectively connected with a permanent establishment or a fixed base situated in that other State, nor subject the companys undistributed profits to a tax on the companys undistributed profits, even if the dividend paid or the undistributed profits consist wholly or partly of profits or income arising in such other State.
6. Notwithstanding any other provisions of this Agreement, where a company which is a resident of a Contracting State has a permanent establishment in the other Contracting State, the profits of the permanent establishment may be subjected to an additional tax in that other State in accordance with its law, but the additional tax so charged shall not exceed 12.5 per cent of the amount of such profits after deducting therefrom income tax and other taxes on income imposed thereon in that other State.
Article 11 |
1. Interest arising in a Contracting State and paid to a resident of the other Contracting State may be taxed in that other State.
2. However, such interest may also be taxed in the Contracting State in which it arises, and according to the laws of that State, but if the recipient is the beneficial owner of the interest the tax so charged shall not exceed 12.5 per cent of the gross amount of the interest.
3. Notwithstanding the provisions of paragraph 2 of this Article, interest arising in a Contracting State shall be exempt from tax in that State if:
(a) the payer of the interest is that Contracting State, an administrative-territorial unit or a local authority thereof; or
(b) the interest is paid to the other Contracting State, an administrative-territorial unit or a local authority thereof or any financial institution wholly owned by that other Contracting State, or administrative-territorial unit or local authority thereof; or
(c) the interest is paid: in the case of Romania to the National Bank of Romania and to the Romanian Bank for Foreign Trade, and in the case of Indonesia to the Bank Indonesia (the Central Bank of Indonesia); or
(d) the interest is paid to any other financial institutions wholly owned by the Governments of the Contracting States in relation to loans made in application of an agreement concluded between the Governments of the Contracting States.
4. The term "interest" as used in this Article means income from debt-claims of every kind, whether or not secured by a mortgage, and whether or not carrying a right to participate in the debtors profits, and in particular, income from government securities and income from bonds or debentures, including premiums and prizes attaching to such securities, bonds or debentures, as well as income assimilated to income from money lent by the taxation law of the State in which the income arises, including interest on deferred payments sales. Penalty charges for late payments of loans shall not be regarded as interest for the purpose of this Article.
5. The provisions of paragraphs 1 and 2 shall not apply if the beneficial owner of the interest, being a resident of a Contracting State, carries on business in the other Contracting State in which the interest arises, through a permanent establishment situated therein, or performs in that other State independent personal services from a fixed base situated therein, and the debt-claim in respect of which the interest is paid is effectively connected with such permanent establishment or fixed base, or with other business activities connected with such permanent establishment or fixed base. In such case, the provisions of Article 7 or Article 15, as the case may be, shall apply.
6. Interest shall be deemed to arise in a Contracting State when the payer is that State itself, an administrative-territorial unit, a local authority, or a resident of that State. Where, however, the person paying the interest, whether he is a resident of a Contracting State or not, has in a Contracting State a permanent establishment or a fixed base in connection with which the indebtedness on which the interest is paid was incurred, and such interest is borne by such permanent establishment or fixed base, then such interest shall be deemed to arise in the State in which the permanent establishment or fixed base is situated.
7. Where, by reason of a special relationship between the payer and the beneficial owner or between both of them and some other person, the amount of the interest, having regard to the debt-claim for which it is paid, exceeds the amount which would have been agreed upon by the payer and the beneficial owner in the absence of such relationship, the provisions of this Article shall apply only to the last-mentioned amount. In such case, the excess part of the payments shall remain taxable according to the laws of each Contracting State, due regard being had to the other provisions of this Agreement.
Article 12 |
1. Commission arising in a Contracting State and paid to a resident of the other Contracting State may be taxed in that other State.
2. However, such commission may also be taxed in the Contracting State in which it arises, and according to the laws of that State, but if the recipient is the beneficial owner of the commission the tax so charged shall not exceed 10 per cent of the gross amount of the commission.
3. The term "commission" as used in this Article means a payment made to a broker, a general commission agent or to any other person assimilated to a broker or agent by the taxation law of the Contracting State in which such payment arises.
4. The provisions of paragraphs 1 and 2 shall not apply if the beneficial owner of the commissions, being a resident of a Contracting State, has in the other Contracting State in which the commission arises, a permanent establishment with which the activity giving rise to the commission is effectively connected. In such case the provisions of Article 7 shall apply.
5. Commission shall be deemed to arise in a Contracting State when the payer is that State itself, an administrative-territorial unit, a local authority or a resident of that State. Where, however, the person paying the commission, whether he is a resident of a Contracting State or not, has in a Contracting State a permanent establishment in connection with which the activities for which the payment is made was incurred, and such commission is borne by such permanent establishment, then such commission shall be deemed to arise in the Contracting State in which the permanent establishment is situated.
6. Where, owing to a special relationship between the payer and the beneficial owner or between both of them and some other person, the amount of the commission, having regard to the activities for which it is paid, exceeds the amount which would have been agreed upon by the payer and the beneficial owner in the absence of such relationship, the provisions of this Article shall apply only to the last-mentioned amount. In such case, the excess part of the payments shall remain taxable according to the laws of each Contracting State, due regard being had to the other provisions of this Agreement.
Article 13 |
1. Royalties arising in a Contracting State and paid to a resident of the other Contracting State may be taxed in that other State.
2. However, such royalties may also be taxed in the Contracting State in which they arise, and according to the laws of that State, but if the recipient is the beneficial owner of the royalties the tax so charged shall not exceed :
(a) 12.5 per cent of the gross amount of the royalties, if the royalties consist of payments of any kind received as a consideration for the use of, or the right to use, any patent, trademark, design or model, plan, secret formula or process, or for information concerning industrial, commercial or scientific experience, or for the use of, or the right to use, industrial, commercial or scientific equipment, cinematograph films or tapes for television or broadcasting;
(b) 15 per cent of the gross amount of the royalties, if the royalties consist of payments of any kind received as a consideration for the use of, or the right to use, any copyright of literary, artistic or scientific work.
3. The term "royalties" as used in this Article means payments of any kind received as a consideration for the use of, or the right to use, any copyright of literary, artistic or scientific work including cinematograph films or films or tapes for radio or television broadcasting, any patent, trade mark, design or model, plan, secret formula or process, or for the use of, or the right to use industrial, commercial or scientific equipment, or for information concerning industrial, commercial or scientific experience.
4. The provisions of paragraphs 1 and 2 shall not apply if the beneficial owner of the royalties, being a resident of a Contracting State, carries on business in the other Contracting State in which the royalties arise, through a permanent establishment situated therein, or performs in that other State independent personal services from a fixed base situated therein, and the right or property in respect of which the royalties are paid is effectively connected with such permanent establishment or fixed base, or with other business activities connected with such permanent establishment or fixed base. In such case, the provisions of Article 7 or Article 15, as the case may be, shall apply.
5. Royalties shall be deemed to arise in a Contracting State when the payer is that State itself, an administrative-territorial unit, a local authority or a resident of that State. Where, however, the person paying the royalties, whether he is a resident of a Contracting State or not, has in a Contracting State a permanent establishment or a fixed base in connection with which the liability to pay the royalties was incurred, and such royalties are borne by such permanent establishment or fixed base, then such royalties shall be deemed to arise in the State in which the permanent establishment or fixed base is situated.
6. Where, owing to a special relationship between the payer and the beneficial owner or between both of them and some other person, the amount of the royalties, having regard to the use, right or information for which they are paid, exceeds the amount which would have been agreed upon by the payer and the beneficial owner in the absence of such relationship, the provisions of this Article shall apply only to the last-mentioned amount. In that case, the excess part of the payments shall remain taxable according to the laws of each Contracting State, due regard being had to the other provisions of this Agreement.
Article 14 |
1. Gains from the alienation of immovable property, as defined in paragraph 2 of Article 6, may be taxed in the Contracting State in which such property is situated.
2. Gains from the alienation of movable property forming part of the business property of a permanent establishment which an enterprise of a Contracting State has in the other Contracting State or of movable property pertaining to a fixed base available to a resident of a Contracting State in the other Contracting State for the purpose of performing independent personal services, including such gains from the alienation of such a permanent establishment (alone or with the whole enterprise) or of such fixed base, may be taxed in that other State.
3. Gains from the alienation of any property other than that referred to in paragraphs 1 and 2 shall be taxable only in the Contracting State of which the alienator is a resident.
4. Gains from the alienation of ships or aircraft operated in international traffic and movable property pertaining to the operation of such means of transport shall be taxable only in the Contracting State of which the alienator is a resident.
Article 15 |
1. Income derived by a resident of a Contracting State in respect of professional services or other activities of an independent character shall be taxable only in that State unless he has a fixed base regularly available to him in the other Contracting State for the purpose of performing his activities or he is present in that other State for a period or periods exceeding in the aggregate 120 days in any 12 month period, counted from the first day of arrival in one of the Contracting States. If he has such a fixed base or remains in that other State for the aforesaid period or periods, the income may be taxed in that other State but only so much of it as is attributable to that fixed base or is derived in that other State during the aforesaid period or periods.
2. The term "professional services" includes especially independent scientific, literary, artistic, educational or teaching activities as well as the independent activities of physicians, lawyers, engineers, architects, dentists and accountants.
Article 16 |
1. Subject to the provisions of Articles 17, 19, 20, 21 and 22, salaries, wages and other similar remuneration derived by a resident of a Contracting State in respect of an employment shall be taxable only in that State unless the employment is exercised in the other Contracting State. If the employment is so exercised, such remuneration as is derived therefrom may be taxed in that other State.
2. Notwithstanding the provisions of paragraph 1, remuneration derived by a resident of a Contracting State in respect of an employment exercised in the other Contracting State shall be taxable only in the first-mentioned State if:
(a) the recipient is present in that other State for a period or periods not exceeding in the aggregate 183 days in any period of 12 months counted from the first day of arrival in one of the Contracting States; and
(b) the remuneration is paid by, or on behalf of, an employer who is not a resident of the other State; and
(c) the remuneration is not borne by a permanent establishment or a fixed base which the employer has in the other State.
3. Notwithstanding the preceding provisions of this Article, remuneration derived by a resident of a Contracting State in respect of an employment exercised aboard a ship or aircraft operated in international traffic by an enterprise which is a resident of a Contracting State shall be taxable only in that State.
Article 17 |
Directors fees and other similar payments derived by a resident of a Contracting State in his capacity as a member of the board of directors or any other similar companys organ in accordance with the domestic law of that State, which is a resident of the other Contracting State, may be taxed in that other State.
Article 18 |
1. Notwithstanding the provisions of Articles 15 and 16, income derived by a resident of a Contracting State as an entertainer, such as a theatre, motion picture, radio or television artiste, or a musician, or as an athlete, from his personal activities as such exercised in the other Contracting State, may be taxed in that other State.
2. Where income in respect of personal activities exercised by an entertainer or an athlete in his capacity as such accrues not to the entertainer or athlete himself but to another person, that income may, notwithstanding the provisions of Articles 7, 15 and 16, be taxed in the Contracting State in which the activities of the entertainer or athlete are exercised.
3. Income derived from activities performed within the framework of cultural exchanges established under cultural agreements concluded between the two Contracting States, shall be exempt from tax.
Article 19 |
1. Subject to the provisions of paragraph 2 of Article 20, any pensions or other similar remuneration paid to a resident of one of the Contracting States from a source in the other Contracting State in consideration of past employment or services in that other Contracting State and any annuity paid to such a resident from such a source may be taxed in that other State.
2. The term "annuity" means a stated sum payable periodically at stated times during life or during a specified or ascertainable period of time under an obligation to make the payments in return for adequate and full consideration in money or moneys worth.
Article 20 |
1. (a) Remuneration, other than a pension, paid by a Contracting State, an administrative-territorial unit or a local authority thereof to an individual in respect of services rendered to that State, unit or authority shall be taxable only in that State.
(b) However, such remuneration shall be taxable only in the other Contracting State if the services are rendered in that other State and the individual is a resident of that State who:
(i) is a citizen of that State; or
(ii) did not become a resident of that State solely for the purpose of rendering the services.
2. (a) Any pension paid by, or out of funds created by, a Contracting State, an administrative-territorial unit or a local authority thereof to an individual in respect of services rendered to that State, unit or authority shall be taxable only in that State.
(b) However, such pension shall be taxable only in the other Contracting State if the individual is a resident of, and a citizen of, that other State.
3. The provisions of Articles 16, 17 and 19 shall apply to remuneration and pensions in respect of services rendered in connection with a business carried on by a Contracting State, an administrative-territorial unit or a local authority thereof.
Article 21 |
Professors, or other members of a teaching or researching staff, who make a temporary visit to a Contracting State solely for the purpose of teaching or conducting research at a university, college, school or other educational institution recognised by the Government of a Contracting State and who is, or immediately before such visit was, a resident of the other Contracting State, shall be exempt from tax in the first-mentioned State for a period not exceeding two years in respect of remuneration for such teaching or research.
Article 22 |
Payments which a student, apprentice or business trainee who is or was immediately before visiting a Contracting State a resident of the other Contracting State and who is present in the first- mentioned State solely for the purpose of his education or training receives for the purpose of his maintenance, education or training shall not be taxed in that first-mentioned State, provided that such payments are made to him from sources outside that State.
Article 23 |
Items of income of a resident of a Contracting State which are not expressly mentioned in the foregoing Articles of this Agreement shall be taxable in the State in which it arises.
Article 24 |
1. It is agreed that double taxation shall be avoided in accordance with the following paragraphs of this Article.
2. In the case of Romania, taxes paid by Romanian residents in respect of income taxable in Indonesia, in accordance with the provisions of this Agreement, shall be deducted from the Romanian taxes due according to the Romanian fiscal laws.
3. Such deduction shall not, however, exceed that part of the income tax as computed before the deduction is given which is attributable to the income which may be taxed in that other State.
4. In the case of Indonesia, where a resident of Indonesia derives income from Romania and such income may be taxed in accordance with the provisions of this Agreement, the amount of Romania tax payable in respect of the income shall be allowed as a credit against the Indonesian tax imposed on that resident. The amount of credit, however, shall not exceed that part of the Indonesian tax which is appropriate to such income.
Article 25 |
1. Nationals of a Contracting State shall not be subjected in the other Contracting State to any taxation or any requirement connected therewith, which is other or more burdensome than the taxation and connected requirements to which nationals of that other State in the same circumstances are or may be subjected.
2. The taxation on a permanent establishment which an enterprise of a Contracting State has in the other Contracting State shall not be less favourably levied in that other State than the taxation levied on enterprises of that other State carrying on the same activities. This provision shall not be construed as obliging a Contracting State to grant to residents of the other Contracting State any personal allowances, reliefs and reductions for taxation purposes on account of civil status or family responsibilities which it grants to its own residents.
3. A Contracting State shall not adjust any assessment of a resident of the other Contracting State by including items of income already taxed in the other Contracting State after expiry of the time limits provided for in its domestic law, and in any case, after 5 years from the end of the relevant taxable year during which the income was derived.
4. Enterprises of a Contracting State, the capital of which is wholly or partly owned or controlled, directly or indirectly, by one or more residents of the other Contracting State, shall not be subjected in the first-mentioned State to any taxation or any requirement connected therewith which is other or more burdensome than the taxation and connected requirements to which other similar enterprises of the first-mentioned State are or may be subjected.
5. In this Article the term "taxation" means taxes which are the subject of this Agreement.
Article 26 |
1. Where a resident of a Contracting State considers that the actions of one or both of the Contracting States result or will result for him in taxation not in accordance with the provisions of this Agreement, he may, irrespective of the remedies provided by the domestic law of those States, present his case to the competent authority of the Contracting State of which he is a resident or, if his case comes under paragraph 1 of Article 25, to that of the Contracting State of which he is a national. The case must be presented within two years from the first notification of the action resulting in taxation not in accordance with the provisions of the Agreement.
2. The competent authority shall endeavour, if the objection appears to it to be justified and if it is not itself able to arrive at a satisfactory solution, to resolve the case by mutual agreement with the competent authority of the other Contracting State, with a view to the avoidance of taxation which is not in accordance with this Agreement.
3. The competent authorities of the Contracting States shall endeavour to resolve by mutual agreement any difficulties or doubts arising as to the interpretation or application of the Agreement. They may also consult together for the elimination of double taxation in cases not provided for in the Agreement.
4. The competent authorities of the Contracting States may communicate with each other directly for the purpose of reaching an agreement in the sense of the preceding paragraphs. When it seems advisable in order to reach agreement to have an oral exchange of opinions, such exchange may take place between the representatives of the competent authorities of the Contracting States.
Article 27 |
1. The competent authorities of the Contracting States shall exchange such information as is necessary for carrying out the provisions of this Agreement or of the domestic laws of the Contracting States concerning taxes covered by the Agreement insofar as the taxation thereunder is not contrary to the Agreement. Any information so exchanged shall be treated as secret and shall be disclosed only to persons or authorities, involved in the assessment, collection, enforcement or prosecution in respect of the taxes which are the subject of the Agreement. Such persons or authorities shall use the information only for such purposes but may disclose the information in public court proceedings or in judicial decisions.
2. In no case shall the provisions of paragraph 1 be construed so as to impose on a Contracting State the obligation:
(a) to carry out administrative measures at variance with the laws and administrative practice of that or of the other Contracting State;
(b) to supply information which is not obtainable under the laws or in the normal course of the administration of that or of the other Contracting State;
(c) to supply information which would disclose any trade, business, industrial, commercial or professional secret or trade process, or information, the disclosure of which would be contrary to public policy (ordre public).
Article 28 |
The provisions of this Agreement shall not be construed to restrict in any manner any exclusion, exemption, deduction, credit, or other allowance now or hereafter accorded:
(a) by the laws of a Contracting State in the determination of the tax imposed by that State; or
(b) by any other agreement between the Contracting States.
Article 29 |
Nothing in this Agreement shall affect the fiscal privileges of diplomatic agents or consular officers under the general rules of international law or under the provisions of special agreements.
Article 30 |
1. This Agreement shall be ratified in accordance with the constitutional provisions in force in eacn of the Contracting States and shall enter into force upon the exchange of instruments of ratification.
2. The provisions of this Agreement shall have effect:
(a) in Indonesia:
in respect of income derived on or after 1st of January of the calendar year next following that of the entry into force of the Agreement;
(b) in Romania:
in respect of income derived on or after 1st of January of the calendar year next following that of the entry into force of the Agreernent.
Article 31 |
This Agreement shall remain in force indefinitely. Either Contracting State may denounce the Agreement through diplomatic channels up to the 30th of June of each calendar year, starting from the 5th year following that in which the Agreement entered into force.
In such case, the Agreement shall cease to have effect:
(a) in Indonesia:
in respect of income derived on or after 1st of January of the calendar year next following that in which the notice of termination is given;
(b) in Romania:
in respect of income derived on or after 1st of January of the calendar year next following that in which the notice of termination is given.
In witness whereof the undersigned, being duly authorised by their respective Governments have signed this Agreement.
Done at Jakarta on 3rd July 1996 in three original copies, each in the Romanian, Indonesian and English languages, the three texts being equally authentic. In the case there is any divergence of interpretation of the provisions of this Agreement, the English text shall prevail.
For the Government of the Republic Indonesia sgd SOEMADI D.M. BROTODININGRAT Director General For Foreign Economic Relations | For the Government of Romania sgd DUMITRU TANCU Ambassador |
PERSETUJUAN ANTARA
PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
DENGAN
PEMERINTAH ROMANIA
MENGENAI
PENGHINDARAN PAJAK BERGANDA DAN PENCEGAHAN PENGELAKAN PAJAK ATAS PENGHASILAN
|
Pasal 1 |
Persetujuan ini berlaku
terhadap orang atau badan yang merupakan penduduk salah satu atau kedua Negara
pihak pada Persetujuan.
|
Pasal 2 |
1. Persetujuan ini berlaku terhadap
pajak-pajak atas Penghasilan yang dikenakan oleh masing-masing Negara pihak
pada Persetujuan, unit administrasi teritorial atau pemerintah daerahnya tanpa
mernperhatikan cara pemungutan pajak-pajak tersebut.
2. Yang dimaksud dengan pajak-pajak atas
penghasilan adalah semua pajak yang dikenakan atas seluruh penghasilan atau
atas unsur-unsur penghasilan, termasuk pajak-pajak atas keuntungan yang
diperoleh dari pengalihan harta gerak atau harta tidak bergerak.
3. Pajak-pajak yang berlaku menurut
Persetujuan ini, knususnya adalah:
(a) Dalam hal
Indonesia
pajak penghasilan yang dikenakan berdasarkan
Undang-undang Pajak Penghasllan 1984 (Undang-undang No.7 Tahun 1983),
(selanjutnya disebut "pajak Indonesia").
(b) Dalam hal Romania:
- Pajak
atas penghasilan yang diperolen perorangan;
- pajak
atas gaji, upah dan penghasilan sejenis lainnya;
- pajak
atas keuntungan badan dan badan hukum;
- pajak
atas penghasiIan dari kegiatan pertanian,
(selanjutnya disebut "pajak Romania").
4. Persetujuan ini berlaku pula bagi setiap
pajak yang serupa atau pada hakekatnya sejenis terhadap penghasilan yang
dikenakan setelah tanggal penandatanganan Persetujuan ini sebagai tambahan
terhadap ataupun sebagai pengganti dari pajak-pajak yang dimaksud dalam ayat 3.
Pejabat-pejabat yang berwenang dari Negara pihak pada Persetujuan akan
memberitahukan satu sama lain setiap perubahan penting yang terjadi dalam perundang-undangan
pajak masing-masing.
|
Pasal 3 |
1. Kecuali jika dari hubungan kalimat
diartikan lain, maka yang dimaksud dalam persetujuan ini dengan:
(a) istilah
"Negara pihak pada Persetujuan" dan "Negara pihak lainnya pada
Pensetujuan" berarti, Romania atau Indonesia sesuai dengan hubungan
kalimatnya:
(i) istilah
"Indonesia" meliputi wilayah Republik Indonesia sebagaimana
dirumuskan dalam perundang-undangannya dan daerah sekitamya di mana Republik
Indonesia memiliki kedaulatan atau yurisdiksi sesual dengan ketentuan-ketentuan
di dalam Konvensi Hukum Laut Perserikatan Bangsa-Bangsa Tahun 1982;
(ii) istilah
"Romania" berarti Romania dan secara geografis digunakan menunjukkan
wilayah Romania termasuk wilayah laut demikian juga zona ekonomi ekslif dan
landas kontinen di mana Romania memiliki hak kedaulatan, sesuai dengan
undang-undang dalam negerinya dan berdasarkan hukurn internasional, sehubungan
dengan eksplorasi dan ekspioitasi dan sumber-sumber alam, makhluk hidup dan
sumber-sumber mineral yang terdapat di dalam laut, dasar laut dan di bawah
tanah dan perairan tersebut.
(b) istilah
"orang dan badan" meliputi orang pnbadi, perseroan dan setiap
kumpulan lain dari orang-orang atau badan-badan;
(c) istilah
"perseroan" berarti setiap badan hukum atau setiap kesatuan hukum
yang untuk tujuan pemungutan pajak diperlakukan sebagai suatu badan hukum;
(d) istilah
"perusahaan dari suatu Negara pihak pada Persetujuan" dan
"perusahaan dari Negara pihak lainnya pada Persetujuan" berarti
berturut-turut setiap perusahaan yang dijalankan oleh seorang penduduk dari
suatu Negara pihak pada Persetujuan dan setiap perusahaan yang dijalankan oleh
penduduk Negara pihak Iainnya pada Persetujuan;
(e) istilah
"lalu lintas international" berarti setiap pengangkutan oleh kapal
laut atau pesawat udara yang digunakan oleh suatu perusahaan dari suatu Negara
pihak pada Persetujuan, kecuali apabila kapal laut dan pesawat udara tersebut
semata-mata digunakan antara tempat-tempat yang berada di Negara pihak lainnya
pada Persetujuan.
(f) istilah
"pejabat yang berwenang" berarti
(i) di
Indonesia;
Menteri Keuangan atau wakilnya yang sah;
(ii) di
Romania
Menteri Keuangan atau wakilnya yang sah.
(g) istilah
"warga negara" berarti
(i) setiap
orang pribadi yang memiliki kewarganegaraan suatu Negara pihak pada
Persetujuan;
(ii) setiap
badan hukum, kesatuan usaha lainnya yang memperoleh statusnya berdasarkan hukum
yang berlaku di suatu Negara pihak pada Persetujuan.
2. Sehubungan dengan penerapan Persetujuan
ini oleh salah satu Negara pihak pada Persetujuan, setiap istilah yang tidak
dirumuskan, kecuali jika dari hubungan kalimatnya.harus diartikan lain, akan
mempunyai arti menurut perundang-undangan Negara pihak pada Persetujuan itu
sepanjang mengenai pajak-pajak yang ditentukan dalam Persetujuan ini.
|
Pasal 4 |
1. Untuk kepentingan Persetujuan ini,
istilah "penduduk suatu Negara pihak pada Persetujuan" berarti setiap
orang dan badan yang berdasarkan perundang-undangan di Negara tersebut dapat
dikenakan pajak berdasarkan domisilinya, tempat kediamannya, tempat kedudukan
manajemennya ataupun kriteria lain yang sifatnya serupa.
2. Jika seorang berdasarkan
ketentuan-ketentuan ayat 1 merupakan penduduk di kedua Negara pihak pada
Persetujuan, maka statusnya akan ditentukan sebagai berikut:
(a) dia akan
dianggap sebagal penduduk Negara di mana ia mempunyai tempat tinggal tetap yang
tersedia baginya. Apabila Ia mempunyai tempat tinggal tetap yang tersedia
baginya di kedua Negara, Ia akan dianggap sebagal penduduk Negara di mana Ia
mempunyai hubungan prihadi dan hubungan ekonomi yang lebih erat (pusat
kepentingan-kepentingan pokok);
(b) jika Negara di
mana ia mempunyal pusat kepentingankepentingan pokoknya tidak dapat ditentukan,
atau jika Ia tidak mempunyai tempat tinggal tetap yang tersedia baginya di
kedua Negara, ia akan dianggap sebagai penduduk di salah satu Negara di mana ia
menurut kebiasaannya berdiam;
(c) jika ia
mempunyai tempat di mana ia biasanya berdiam di kedua Negara, atau tidak
mempunyainya dikedua negara tersebut, maka pejabat yang berwenang dari Negara
pihak pada Persetujuan akan menyelesaikan persoalan tersebut melalui
persetujuan bersama.
3. Jika berdasarkan ketentuan-ketentuan ayat
1, suatu badan mempunyai tempat kedudukan di kedua Negara pihak pada
Persetujuan, maka pejabat yang berwenang dari kedua Negara Pihak pada
persetujuan akan menyelesaikan masalahnya melalui persetujuan bersama.
|
Pasal 5 |
1. Untuk kepentingan Persetujuan ini,
istilah "bentuk usaha tetap" berarti suatu tempat usaha tetap di mana
seluruh atau sebagian usaha suatu penisahaan dijalankan.
2. Istilah "bentuk usaha tetap"
terutama meliputi:
(a) Suatu tempat
kedudukan manajemen;
(b) suatu cabang;
(c) suatu kantor;
(d) suatu pabrik;
(e) suatu tempat
kerja;
(f) suatu tambang,
suatu sumur minyak atau gas, tempat pengoalian atau tempat lain untuk
pengambilan sumber daya alam.
3. Pengertian "bentuk usaha tetap"
meliputi pula:
(a) Suatu lokasi
bangunan atau konstruksi, perakitan atau proyek instalasi atau kegiatan
pengawasan yang berhubungan dengan itu asalkan proyek atau kegiatan semacam itu
berlangsung dalam suatu masa yang melebihi enam bulan;
(b) Pemberian
jasa-jasa termasuk jasa konsultasi yang dilakukan oleh suatu perusahaan melalul
karyawannya atau orang lain yang dipekerjakan oleh perusahaan tersebut asalkan
kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan (untuk proyek yang sama atau ada
kaitannya) disuatu negara dalam masa atau masa-masa yang berjumlah lebih dari
empat bulan dalam jangka waktu dua belas bulan dihitung sejak hari pertama jasa
diberikan.
4. Menyimpang dari ketentuan-ketentuan
sebelumnya dari Pasal ini istilah "bentuk usaha tetap" tidak dianggap
meliputi:
(a) penggunaan fasilitas-fasilitas
semata-mata untuk maksud menyimpan, memamerkan atau pengiriman secara tidak
teratur barang-barang atau barang dagangan milik perusahaan;
(b) pengurusan
persediaan barang-barang atau barang dagangan milik perusahaan yang semata-mata
ditujukan untuk penyimpangan, pameran atau pengiriman secara tidak teratur;
(c) pengurusan
persediaan barang-barang atau barang dagangan milik perusahaan yang semata-mata
ditujukan untuk diolah oleh perusahaan lainnya;
(d) pengurusan
suatu tempat usaha yang semata-mata ditujukan untuk pembelian barang-barang
atau barang dagangan, atau untuk pengumpulan keterangan untuk kepentingan
perusahaan;
(e) penjualan
barang-barang pameran milik perusahaan yang dilakukan setelah pekan raya atau
pameran yang sifatnya tidak tetap ditutup;
(f) pengurusan
suatu tempat usaha semata-mata untuk tujuan periklanan, untuk pengumpulan
keterangan, untuk melakukan penelitian ilmiah ataupun untuk kegiatan-kegiatan
serupa yang bersifat persiapan atau penunjang bagi kepentingan perusahaan.
5. Menyimpang dari ketentuan-ketentuan ayat
1 dan 2 jika orang dan badan - selain dari agen yang bertindak bebas dimana
ketentuan ayat 7 berlaku- bertindak di Negara pihak, pada Persetujuan atas nama
perusahaan di Negara pihak iainnya pada Persetujuan, maka perusahaan tersebut
akan dianggap mempunyal bentuk usaha tetap di negara yang disebut pertama atas
kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh orang dan badan tersebut untuk
kepentingan perusahaan, jika orang atau badan tensebut:
(a) mempunyal dan
biasa melakukan di Negara yang disebut pertama untuk menutup kontrak-kontrak
atas nama perusahaan, kecuali jika kegiatan orang dan badan itu hanya terbatas
pada hal-hal yang diatur dalam ayat 4, yang meskipun dilakukan melalui suatu
tempat usaha tidak akan menjadikan tempat itu suatu bentuk usaha tetap
berdasarkan ketentuan dalam ayat tersebut; atau
(b) tidak memiliki
kuasa semacam itu, tetapi mempunyai kebiasaan mengurus pensediaan barang-barang
atau barang dagangan di Negara yang disebut pertama dan secara teratur
menyerahkan barang-barang atau barang dagangan itu atas nama perusahaan yang
diwakilinya.
6. Suatu perusahaan asuransi dari Negara
pihak pada Persetujuan, kecuali dalam hal reasuransi, akan dianggap mempunyal
bentuk usaha tetap di Negara pihak Iainnya jika perusahaan tersebut memungut
premi di negara Iainnya atau menanggung resiko yang terjadi di sana melalui
seorang pegawai atau melalui wakilnya yang bukan merupakan agen yang berdiri
sendiri sebagaimana yang dimaksud dalam ayat 7.
7. Suatu perusahaan dari Negara pihak pada
Persetujuan tidak akan dianggap mempunyai bentuk usaha tetap di Negara pihak
Iainnya pada Persetujuan hanya karena perusahaan itu menjalankan usahanya di
Negara lainnya itu melalui makelar, agen komisioner umum ataupun agen Iainnya
yang bertindak bebas sepanjang mereka bertindak dalam rangka kegiatan usahanya.
Namun demikian, apabila kegiatankegiatan agen tesebut seluruhnya atau hampir
seluruhnya dilakukan atas nama perusahaan tersebut maka ia tidak akan dianggap
sebaga agen yang berdiri sendiri dalam pengertian ayat ini.
8. Jika suatu perseroan yang merupakan
penduduk suatu Negara pihak menguasai atau dikuasai oleh suatu perseroan yang
merupakan penduduk Negara pihak lainnya, atau yang menjalankan usaha di negara
Iainnya itu (baik melalui suatu bentuk usaha tetap ataupun dengan cara
Iainnya), maka hal itu tidak dengan sendirtnya berakibat bahwa salah satu dari
perseroan itu merupakan suatu bentuk usaha tetap dari yang lainnya.
|
Pasal 6 |
1. Penghasilan yang diperoleh dart harta tak
gerak, termasuk penghasilan dari pertanian atau kehutanan dikenakan pajak di
Negara pihak pada Persetujuan di mana harta tersebut berada.
2. Isilah "harta tak gerak" akan
mempunyai arti menurut perundang-undangan Negara pihak pada Persetujuan di mana
harta yang bensangkutan berada. Istilah tersebut meliputi pula benda-benda yang
menyertai harta tak gerak, temak dan peralatan yang digunakan dalam usaha
pertanian dan kehutanan, hak-hak terhadap mana ketentuan-ketentuan hukum umum
mengenai tanah tersebut bertaku, hak memungut hasil atas harta tak gerak, dan
hak atas pembayaran-pembayaran tetap maupun tidak tetap (variabel) sebagal
balas jasa untuk pekerjaan atau hak untuk mengerjakan bahan-bahan galian,
sumber-sumber ataupun sumber daya alam lainnya; kapal laut, perahu dan pesawat
udara tidak dianggap sebagal harta tak gerak.
3. Ketentuan-ketentuan ayat 1 berlaku juga
ternadap penghasilan yang diperoleh dari penggunaan secara langsung, dan
penyewaan atau penggunaan secara lain atas harta tak gerak dalam bentuk apapun.
4. Ketetuan-ketentuan ayat 1 dan 3 berlaku
pula terhadap penghasilan dari harta tak gerak suatu perusahaan dan terhadap
penghasilan dari harta tak gerak yang dipergunakan untuk menjalankan pekerjaan
hebas
|
Pasal 7 |
1. Laba perusahaan dart suatu Negara pihak
pada Persetujuan hanya akan dikenakan pajak di Negara itu kecuali jika
perusahaan tersebut menjaiankan usaha di Negara pihak lainnya pada Persetujuan
melalui suatu bentuk usaha tetap. Apabila perusahaan itu menjalankan usaha seperti
dimaksud di atas, maka laba perusahaan itu dapat dikenakan pajak di negara
lainnya tetapi hanya sebesar bagian laba yang dianggap berasal dari (a) bentuk
usaha tetap; (b) penjualan barangbarang dagangan di negara lainnya itu, yang
jenisnya sama atau serupa seperti yang dijual melalui bentuk usaha tetap
tersebut; atau (c) kegiatan usaha Iainnya yang dilakukan di negara lain yang
jenisnya sama atau serupa seperti yang dilakukan melalui bentuk usaha tesebut.
Ketentuan-ketentuan dart sub ayat b dan C di atas tidak akan bertaku apabila
perusahaan dapat membuktikan bahwa penjualan atau kegiatan-kegiatan tensebut
adalah bagian dan orang atau badan usaha lainnya selain dari bentuk usaha
tetap.
2. Dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan
ayat 3, jika suatu perusahaan dart Negara pihak pada Persetujuan menjalankan
usaha di Negara pihak lainnya pada Persetujuan melalui bentuk usaha tetap yang
berada di sana, maka yang akan diperhitungkan sebagai laba bentuk usaha tetap
di masing-masing negara pihak pada Persetujuan ialah laba yang dianggap berasal
dari bentuk usaha tetap tersebut, seandainya bentuk usaha tetap tersebut
merupakan suatu perusahaan lain yang terpisah dan berdiri sendiri yang
melakukan kegiatan-kegiatan yang sama atau sejenis dalam keadaan yang sama atau
serupa dan mengadakan hubungan dalam keadaan sepenuhnya bebas dengan perusahaan
yang mernpunyai bentuk usaha tetap itu.
3. Dalam menentukan besamya laba suatu
bentuk usaha tetap dapat dikurangkan biaya-biaya yang dikeluarkan. Untuk
kepentingan bentuk usaha tetap itu termasuk biaya-biaya pimpinan dan
biaya-biaya administrasi umum baik yang dikeluarkan di Negara di mana bentuk
usaha tetap itu berada ataupun di tempat lain. Namun demikian, tidak
diperkenankan untuk dikurangkan ialah pembayaranpebayaran yang dilakukan oleh
bentuk usaha tetap sejumlah kantor pusatnya atau kantor-kantor lain milik
kantor-pusatnya (selain dan penggantian biaya yang benar-benar dikeluarkan)
berupa royalti, biaya atau pembayaran serupa lainnya karena penggunaan paten
atau hak-hak lain atau berupa komisi, untuk jasa-jasa khusus yang dilakukan
atau untuk manajemen atau kecuali dalam usaha perbankan berupa bunga atas uang
yang dipinjamkan kepada bentuk usaha tetap. Sebaliknya tidak akan
diperhitungkan sebagai aba bentuk usaha tetap sejumlah pembebanan yang
dikenakan bentuk usaha tetap terhadap kantor pusat atau kantor-kantor lain
milik kantor pusat (selain penggantian biaya yang benar-benar dikeluarkan)
berupa royalti, komisi atau pembayaran serupa lainnya karena penggunaan paten
atau hak-hak lain, atan berupa kornisi pelaksanaan jasa-jasa tertentu atau
untuk pimpinan, kecuali dalam hal perusahaan perbankan berupa bunga atas
pinjaman uang kepada kantor pusat atan kantor-kantor lain milik kantor pusat.
4. Untuk penerapan ayat-ayat sebelumnya,
besarnya laba yang diangap berasal dart bentuk usaha tetap akan ditentukan
dengan cara yang sama dari tahun ke tahun kecuali terdapat alasan yang kuat dan
cukup untuk melakukan hal yang menyimpang.
5. Pembelian barang-barang atan barang
dagangan yang semata-mata dilakukan oleh bentuk usaha tetap untuk perusahaan
tidak akan dianggap menimbulkan laba untuk bentuk usaha tetap tersebut.
6. Jika di dalam jumlah laba terdapat
penghasilan-penghasilan lain yang diatur secara tersendiri pada Pasal-Pasal
lain dan Persetujuan ini, maka ketentuan-ketentuan di dalam Pasal-Pasal
tersebut tidak akan dipengaruhi oleh ketentuan-ketentuan di dalam Pasal ini.
|
Pasal 8 |
1. Laba yang berasal dart sumber di suatu
Negara pihak pada Persetujuan dan diperoleh oleh perusahaan dan suatu Negara
pihak lainnya pada Persetujuan dari pengoperasian kapal-kapal laut dalam jalur
lalu-lintas Intemasional dapat dikenakan pajak di Negara yang diseburkan
pertama, tetapi pajak yang dikenakan tersebut harus dikurangi dengan suatu
jumlah yang besarnya adalah 50 persen, dan pajak yang dikenakan tidak akan
melebihi 2 persen dart jumlah kotor dari ongkos angkut.
2. Laba dari pengoperasian pesawat udara
dalam jalur lalu-Iintas internasional hanya dapat dikenakan pajak di Negana
pihak pada Persetujuan di mana perusahaan yang mengoperasikan pesawat udara
tersebut berkedudukan.
3. Ketentuan-ketentuan dan ayat 1 dan 2
berlaku pula bagi laba yang di peroleh dari penyertaan dalam suatu gabungan
perusahaan-perusahaan usaha kerjasama atau dalam perwakilan usaha intemasional.
4. Menyimpang dari. ketentuan-ketentuan pada
ayat 1 dan 2 dan Pasa ini atau dan Pasal 7 Laba yang diperoleh dan
pengopenasian kapal laut atau pesawat udara yang digunakan semata-mata di
antara tempat-tempat di Negara pihak pada Persetujuan dapat dikenakan pajak di.
Negara itu.
|
Pasal 9 |
Apabila :
(a) Suatu perusahaan dan suatu Negara pihak
pada Persetujuan baik secara Iangsung maupun tidak Iangsung turut serta dalam
manajemen, pengawasan atau modal suatu perusahaan dah Negara pihak pada
Persetujuan lainnya, atau
(b) Orang dan badan yang sama baik secana
langsung ataupun tidak Iangsung turut serta dalam manajemen, pengawasan atau
modal suatu perusahaan di Negana pihak pada Persetujuan dan suatu perusahaan
dan Negana pihak lainnya pada Persetujuan, dan dalam kedua hal itu antara kedua
perusahaan dimaksud dalam hubungan dagangnya atau hubungan keuangannya diadakan
atau ditetapkan syarat-syarat yang menyimpang dan yang Iazimnya berlaku antara
perusahaan-perusahaan yang sama sekali bebas satu sama lain, maka setiap satu
keuntungan yang seharusnya diterima oleh salah satu perusahaan jika
syarat-syarat itu tidak ada, namun tidak diterimanya karena adanya
syarat-syarat tersebut, dapat ditambahkan pada laba perusahaan itu dan
dikenakan pajak.
|
Pasal 10 |
1. Dividen yang dibayarkan oleh suatu
perseroan yang berkedudukan di suatu Negana pihak pada Persetujuan kepada
penduduk Negana pihak lainnya pada Persetujuan dapat dikenakan pajak di Negana
lainnya itu.
2. Namun demikian, dividen tersebut dapat
juga dikenakan pajak di Negara pihak pada Persetujuan di mana perseroan yang
membayarkan dividen itu berkedudukan dan sesuai dengan perundang-undangan di
Negara tersebut, tetapi apabila penerima adalah pemilik saham yang menikmati
dividen tersebut, maka pajak yang dikenakan tidak akan melebihi :
(a) 12,5 persen dan
jumlah kotor dividen, jika penerima dividen adalah suatu perseroan yang
memiliki secara langsung sekurang-kurangnya 25 persen dan modal perseroan yang
membayarkan dividen itu;
(b) dalam hal
lainnya, 15 persen dari jumlah kotor dividen.
Ketentuan-ketentuan dalam ayat ini tidak akan mempengaruhi
pengenaan pajak terhadap perseroan atas laba yang menjadi dasar pembayanan
dividen.
3. Istilah "dividen" yang
dipergunakan dalam Pasal ini berarti penghasilan dan saham-saham,
"jouissance", atau hak-hak "joulssance", saham-saham
pertambangan, saham-saham pendiri atau hak-hak lainnya, yang bukan merupakan
surat tagihan piutang, namun berhak atas pembagian laba, demikian pula
penghasilan dan hak-hak perseroan lainnya yang dalam pengenaan pajaknya
diperlakukan sebagai penghasilan dan saham-saham oleh undangundang perpajakan
di Negana di mana perseroan yang melakukan pembagian laba itu berkedudukan.
4. Ketentuan-ketentuan pada ayat 1 dan 2
tidak akan berlaku apabila pemilik saham yang menikmati dividen yang
berkedudukan di suatu Negana pihak pada Persetujuan mempunyai suatu bentuk
usaha tetap atau suatu tempat tetap di Negara pihak lainnya pada Persetujuan di
mana pembayar dividen berkedudukan dan pemilikan saham-saham yang menghasilkan
dividen itu mepunyai hubungan yang efektif dengan bentuk usaha tetap atau
tempat tetap tersebut. Dalam hal demikian tergantung pada masalahnya, berlaku
ketentuan-ketentuan Pasal 7 atau Pasal 15.
5. Apabila suatu perseroan yang berkedudukan
di suatu Negara pihak pada Persetujuan memperoleh laba atau penghasilan dan
Negara pihak lainnya pada Persetujuan, maka Negara lainnya itu tidak boleh
mengenakan pajak apapun atas dividen yang dibayarkan oleh perseroan tersebut,
kecuali apabila dividen itu dibayarkan kepada penduduk Negana lainnya atau
apabila penguasaan saham yang menghasilkan dividen itu mempunyai hubungan yang
efektif dengan bentuk usaha tetap atau tempat tetap yang berada di Negara
lainnya itu, demikian pula tidak boleh mengenakan pajak atas laba perseroan
yang belum dibagikan, sekalipun jika dividen yang dibayarkan ataupun laba yang
belum dibagikan terdiri seluruh atau sebagian dan laba atau penghasilan yang
benasal dan Negara lainnya itu.
6. Menyimpang dan ketentuan-ketentuan
lainnya dalam Persetujuan ini, apabila suatu perseroan yang merupakan penduduk
suatu Negana pihak pada Persetujuan mempunyai bentuk usaha tetap di Negana
pihak lainnya pada Persetujuan, maka laba bentuk usaha tetap ini dapat
dikenakan pajak tambahan di Negana lainnya itu, tetapi tarip pajak tambahan
yang dikenakan tersebut tidak akan melebihi 12,5 persen dan jumlah laba setelah
dikurangi pajak penghasilan dan pajak-pajak lainnya atas penghasilan yang
dikenakan di Negara lain tersebut.
|
Pasal 11 |
1. Bunga yang benasal dan suatu Negana pihak
pada Persetujuan dan dibayarkan kepada penduduk Negana pihak lainnya pada
Persetujuan dapat dikenakan pajak di Negana lainnya itu.
2. Namun demikian, bunga tersebut dapat pula
dikenakan pajak di Negara pihak pada Persetujuan di mana bunga itu timbul
berdasarkan undang-undang di Negara itu, tapi apabila penerima bunga adalah
pemberi pinjaman yang menikmati bunga tersebut, maka pajakyang dikenakan tidak
akan melebihi 12,5 persen dan jumlah kotor bunga itu.
3. Menyimpang dan ketentuan ayat 2 pada
Pasal ini, bunga yang berasal dan Negara pihakpada Persetujuan akan dibebaskan
dari pengenaan pajak di Negara tersebut apabila :
(a) pembayar bunga
adalah Negara pihak pada Persetujuan suatu unit administrasi teritorial atau
oleh pemerintah daerah atau
(b) bunga itu
dibayarkan kepada Negara pihak pada Persetujuan lainnya, Suatu unit
administrasi teritorial, atau pemerintah daerah atau setiap lembaga keuangan
yang dimiliki sepenuhnya oleh Negara pihak lainnya pada Persetujuan, atau unit
administrasi teritorial atau pemerintah daenahnya; atau
(c) bunga itu
dibayar dalam hal Indonesia kepada Bank Indonesia (Bank Sentral Indonesia), dan
dalam hal Romania kepada National Bank of Romania dan kepada Romanian Bank for
Foreign Trade; atau
(d) bunga itu
dibayarkan kepada setiap lembaga-lembaga keuangan lainnya yang seluruhnya
dimiliki oleh pemerintah dan Negara-negara pihak pada Persetujuan dalam
hubungannya dengan pinjaman yang diadakan dalam melaksanakan suatu persetujuan
yang disepakati oleh Pemerintah dari kedua Negara pihak pada Persetujuan.
4. Istilah "bunga" yang digunakan
dalam Pasal ini berarti penghasiIan dari semua jenis tagihan piutang, balk yang
dijamin dengan hipotik atau tidak, baik yang mempunyal hak atas pembagian laba
atau tidak, dan pada khususnya, penghasilan dari surat-surat berharga
pemerintah dan penghasilan dari obligasi atau sunat-surat utang termasuk premi
dan hadiah yang terikat pada obligasi maupun sunat-surat hutang tersebut,
demikian pula penghasiIan yang dipersamakan dengan penghasilan yang diperoleh
dari uang yang dipinjamkan berdasarkan undang-undang perpajakan dari Negara di
mana penghasilan itu timbul termasuk bunga atas pembayaran untuk penjualan di
muka. Denda yang dibebankan atas keterlambatan pembayaran-pembayaran pinjaman
tidak boleh dianggap sebagal bunga untuk kepentingan Pasal ini.
5. Ketentuan-ketentuan pada ayat 1 dan 2
tidak berlaku apabila pemberi pinjaman yang menikmati bunga, yang menjadi
penduduk Suatu Negara pihak pada Persetujuan menjalankan usaha di Negara pihak
pada Persetujuan lainnya melalui suatu bentuk usaha tetap yang berada di sana,
atau menjalankan pekeraan bebas dan suatu tempat tetap yang berada di sana, dan
tagihan piutang yang menghasilkan bunga itu mempunyai hubungan yang efektif
dengan bentuk usaha tetap atau tempat tetap tersebut, atau dengan kegiatan
usaha lainnya yang berhubungan dengan bentuk usaha tetap atau tempat tetap
tersebut. Dalam hal demikian, tergantung pada masalahnya berlaku
ketentuan-ketentuan dalam Pasal 7 atau Pasal 15.
6. Bunga dianggap berasal di suatu Negara
pihak pada Persetujuan apabila yang membayarkan bunga adalah Negara itu
sendiri, unit administrasi tentorial, pemerintah daerah atau penduduk Negara
tersebut. Namun demikian, apabila orang dan badan yang membayarkan bunga, tanpa
memandang apakah a menjadi penduduk Negara pihak pada Persetujuan ataupun
tidak, memiliki bentuk usaha tetap atau tempat tetap dl suatu Negana pihak pada
Persetujuan di mana bunga yang dihayarkan itu menjadi beban bentuk usaha tetap
atau tempat tetap tersebut, maka bunga itu dianggap berasal dan Negara di mana
bentuk usaha tetap atau tempat tetap itu berada.
7. Apabila dikarenakan adanya hubungan
istimewa antara pembayar dan penerima bunga atau antara kedua-duanya dan orang
dan badan lainnya, dengan memperhatikan tagihan atas piutang yang menjadi dasar
pembayaran bunga itu, jumlah bunga yang dibayarkan yang melebihi jumlah yang
seharusnya disepakati oleh pembayar dan penerima seandainya tidak ada hubungan
istimewa semacam itu, maka ketentuan-ketentuan dalam Pasal ini hanya beriaku
terhadap jumlah bunga yang disebut terakhir. Dalam hal demikian, jumlah
kelebihan pembayarannya itu akan tetap dikenakan pajak berdasarkan
perundang-undangan di masing-masing negara dengan memperhatikan
ketentuan-ketentuan lainnya dalam Persetujuan inii.
|
Pasal 12 |
1. Komisi yang berasal dan suatu Negana
pihak pada Persetujuan dan dibayarkan kepada penduduk Negana pihak lainnya pada
Persetujuan dapat dikenakan pajak di Negara lainnya itu
2. Namun demikian, komisi tersebut dapat
pula dikenakan pajak di Negara pihak pada Pesetujuan di mana komisi itu berasal
berdasarkan undang-undang di Negara itu tetapi apabila penenma komisi
memperoleh hasil tesebut dan pemilik komisi, maka pajak yang dikenakan tidak
akan melebihi 10 persen dal jumlah kotor komisi tersebut.
3. Istilah "komisi" yang digunakan
dalam Pasal ini berarti pembayaran yang diberikan kepada makelar, komisioner
atau orang lain yang oleh undang-undang perpajakan Negara pihak pada
Persetujuan tempat timbulnya pembayaran tersebut dianggap sebagai makelar atau
komisioner.
4. Ketentuan-ketentuan pada ayat 1 dan 2
tidak berlaku apabila pelaku kegiatan yang menimbulkan komisi itu, yang menjadi
penduduk suatu Negara pihak pada Persetujuan, mempunyai bentuk usaha tetap di
Negara pihak Iainnya pada Persetujuan di mana komisi itu timbul, yang mempunyai
hubungan yang efektif dengan kegiatan yang menimbulkan komisi tersebut. Dalam
hal demikian berlaku ketentuan-ketentuan Pasal 7.
5. Komisi dianggap timbul di suatu Negara
pihak pada Persetujuan apabila yang membayarkan komisi itu adalah Negara itu
sendiri, unit administrasi teritorial, pemerintan daerah atau penduduk Negara
tersebut. Namun demikian, apabila orang dan badan yang membayarkan komisi itu,
apakah ia menjadi penduduk atau tidak menjadi penduduk Negana pihak pada
Persetujuan, memiliki suato bentuk usaha tetap di Negara pihak pada Persetujuan
dalam hubungan mana kegiatan-kegiatan yang menimbulkan pembayaran itu
dilakukan, dan komisi itu menjadi beban bentuk usaha tetap tersebut, maka
komisi itu dianggap timbul di Negara pihak pada Persetujuan di mana bentuk
usaha tetap itu berada.
6. Apabila karena hubungan istimewa antara
pembayar dan pelaku kegiatan yang menimbulkan komisi atan antara kedua-duanya
dengan orang dan badan lain, dengan memperhatikan kegiatan-kegiatan yang menimbulkan
komisi tesebut, jumlah komisi yang dibayarkan itu melebihi jumlah yang
seharusnya disepakati oleh pembayar dan pelaku kegiatan yang menimbulkan komisi
itu seandainya tidak ada hubungan istimewa semacam itu, maka
ketentuan-ketentuan Pasal ini hanya beriaku untuk jumlah yang disebut terakhir.
Dalam hal demikian, jumlah kelebihan pembayaran itu akan tetap dikenakan pajak
berdasarkan perundang-undangan di masing-masing Negara pihak pada Persetujuan
dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan lainnya dalam Persetujuan ini.
|
Pasal 13 |
1. Royalti yang berasal dan suatu Negara
pihak pada Persetujuan dan dibayarkan kepada penduduk Negara pihak lainnya pada
Persetujuan dapat dikenakan pajak di Negara lainnya itu.
2. Namun demikian, royalti itu dapat pula
dikenakan pajak di Negara pihak pada Persetujuan di mana royalti berasal, dan
sesual dengan perundang-undangan Negara itu, tetapi apabila penerima royalti
adalah pemilik hak yang menikmati royalti, maka pajak yang dikenakan tidak akan
melebihi
(a) 12,5 Persen dan
jumlah kotor royalti tesebut, jika royalti tersebut terdiri dari pembayaran
yang diterima sebagal balas jasa atas penggunaan atau hak untuk menggunakan
setiap hak paten, merek dagang, pola atau model, perencanaan, resep atau cara
pengolahan yang dirahasiakan, atau untuk infiormasi mengenai pengalaman di
bidang industri, perdagangan atau ilmu pengetahuan, atau penggunaan atau hak
menggunakan periengkapan industri, perdagangan atau ilmu pengetahuan, film
sinematognafi atan tape untuk televisi atau penyiaran.
(b) 15 persen dan
jumlah kotor royalti, jika royalti tersebut terdiri dari pembayaran yang
diterima sebagai balas jasa atau penggunaan atan hak untuk menggunakan, setiap
hak cipta kesusasteraan, kesenian atau karya ilmiah.
3. Istilah "royalti" yang
digunakan dalam Pasal ini berarti semua bentuk pembayanan yang diterima sebagai
balas jasa atas penggunaan, atau hak untuk menggunakan setiap hak cipta
kesusasteraan, kesenian atau karya ilmiah termasuk film sinematognafi atau film
atau tape untuk siaran radio atau televisi, setiap paten, merek dagang, pola
atau model, perencanaan, resep atau cara pengolahan yang dirahasiakan, atau
penggunaan ataupun hak untuk menggunakan alat-alat perlengkapan industri,
perdagangan atau ilmu pengetahuan, atau untuk informasi mengenai pengalaman di
bidang industri, perdagangan atan ilmu pengetahuan.
4. Ketentuan-ketentuan pada ayat 1 dan 2
tidak beilaku apabila pernilik hak yang menjadi penduduk suatu Negara pihak
pada Persetujuan menjalankan usaha di Negara pihak lainnya pada Persetujuan
dimana royalti itu timbul melalui bentuk usaha tetap atau menjalankan pekerjaan
bebas dari suatu tempat tetap yang berada di sana, dan hak atau milik yang
menghasilkan royalti itu mempunyai hubungan yang efektif dengan bentuk usaha
tetap atau tempat tetap itu, atau dengan kegiatan-kegiatan usaha lain yang
behnubungan dengan bentuk usaha tetap atau tempat tetap tersebut. Dalam hal
demikian tergantung pada masalahnya berlaku ketentuan-ketentuan pada Pasal
7atau Pasal 15.
5. Royalti dianggap timbul di suatu, Negara
pihak pada Persetujuan jika pembayar royalti adalah Negara itu sendiri, suatu
unit administrasi teritorial, pemerintah daerahnya atau penduduk Negara
tersebut. Namun demikian, apabila orang dan badan yang membayarkan royalti itu,
baik yang menjadi penduduk suatu Negara pihak pada Persetujuan ataupun tidak,
mempunyai bentuk usaha tetap atau tempat tetap di Negara pihak lainnya pada
Persetujuan di mana kewajiban membayar royalti itu timbul, dan royalti tersebut
dibebankan kepada bentuk usaha tetap atau tempat tetap itu, maka royalti
tensebut dianggap timbul di negara di mana bentuk usaha tetap atau tempat tetap
itu berada.
6. Apabila dikarenakan adanya suatu hubungan
istimewa antara pembayar dan pemilik hak atau antara kedua-duanya dengan pihak
ketiga lainnya dengan memperhatikan penggunaan hak atau informasi yang
mengakibatkan pembayaran royalti itu, jumlahnya melebihi jumlah yang seharusnya
disepakati oleh pembayar dan yang memperoleh hasil dan hak yang dimilikinya itu
seandainya hubungan istimewa itu tidak ada maka ketentuan-ketentuan dalam Pasal
ini hanya berlaku bagi jumlah royalti yang disebut terakhir. Dalam hal
demikian, jumlah kelebihan pembayaran, dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan
lainnya dalam Persetujuan ini, akan tetap dikenakan pajak menurut undang-undang
masing-masing Negara.
|
Pasal 14 |
1. Keuntungan dan pemindahtanganan harta tak
gerak sebagaimana dimaksud dalam ayat 2 Pasal 6, dapat dikenakan pajak di
Negara pihak pada Pensetujuan di mana harta tensebut berada.
2. Keuntungan dan pemindahtanganan harta
gerak yang merupakan bagian kekayaan suatu bentuk usaha tetap yang dimiliki
oleh perusahaan lain dan suatu Negara pihak pada Persetujuan di Negara pihak
Iainnya pada Persetujuan atau dan harta gerak milik suatu tempat tetap yang
tersedia bagi penduduk suatu Negara pihak pada Persetujuan di Negara pihak
lainnya pada Persetujuan untuk maksud melakukan pekerjaan bebas, tennasuk
keuntungan dan pemindahtanganan bentuk usaha tetap (tersendiri atau dengan
seluruh perusahaan) atau dan pemindahtanganan tempat tetap dapat dikenakan
pajak di Negara lainnya itu.
3. Keuntungan yang diperoleh dan
pemindahtanganan setiap harta selain dan yang dimaksudkan dalam ayat 1 dan 2
hanya akan dikenakan pajak di Negara pihak pada Persetujuan di mana yang
memindahtangankan berkedudukan.
4. Keuntungan yang diperoleh dan pemindahtanganan
kapal laut atan pesawat udara yang beroperasi dalam jalur lalu lintas
international dan dan harta gerak yang berkenaan dengan pengoperasian kapal
laut atau pesawat udara tersebut, hanya akan dikenakan pajak di Negara pihak
pada Persetujuan di mana perusahaan yang mengoperasikan kapal laut dan pesawat
udara tersebut berkedudukan.
|
Pasal 15 |
1. PenghasiIan yang diperoleh penduduk dari
suatu Negara pihak pada Persetujuan sehubungan dengan pekerjaan bebas yang
dilakukan atau kegiatan-kegiatan lainnya yang serupa, hanya akan dikenakan
pajak di negara tersebut kecuali ia mempunyal suatu tempat tetap yang tersedia
secara teratur baginya untuk menjalankan kegiatankegiatan di Negara pihak pada
Persetujuan atau ia berada di Negara lainnya tersebut untuk suatu masa atau
masa-masa yang jumlahnya melebihi 120 hari dalam masa 12 bulan, dihitung dari
kedatangan hari pertama di salah satu Negara pihak pada Pensetujuan. Jika ia
mempunyai tempat tetap atau berada di Negara lain itu untuk masa atau masa-masa
seperti tersebut di atas, penghasilan dapat dikenakan pajak di Negara lainnya
tetapi hanya bagian penghasilan yang dianggap berasal dari tempat tetap
tersebut atau yang diperoleh dari Negara lain tersebut selama masa atau
masa-masa tersebut.
2. Istilati "pekerjaan bebas"
meliputi khususnya pekerjaan bebas di bidang ilmu pengetahuan kesusasteraan,
kesenian, kegiatan pendidikan atau pengajaran, demikian juga
pekerjaan-pekerjaan bebas oleh para dokter, ahli hukum, ahll tehnik, arsitek,
dokter gigi dan akuntan.
|
Pasal 16 |
1. Dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan
Pasal 17, 19, 20, 21 dan 22, gaji, upah dan balas jasa lain yang sejenis yang
diperoleh penduduk suatu Negara pihak pada Persetujuan karena suatu hubungan
pekerjaan hanya akan dikenakan pajak di Negara tersebut kecuali jika hubungan
pekerjaan itu dilakukan di Negara pihak lainnya pada Persetujuan. Dalam hal
demikian, balas jasa yang diperoleh dan Negara lainnya dapat dikenakan pajak di
Negara lainnya tersebut.
2. Menyimpang dan ketentuan-ketentuan ayat
1, balas jasa yang diperoleh penduduk suatu Negara pihak pada Persetujuan dan
suatu hubungan kerja yang dilaksanakan di Negara pihak lainnya pada
Persetujuan, hanya akan dikenakan pajak di Negara yang disebut pertama apabila
(a) penerima berada
di Negara lainnya untuk masa atau masa-masa yang tidak melebihi jumlah 183 han
dalam masa 12 bulan, dihitung sejak hari pertama kedatangannya di salah satu
Negara pihak pada Persetujuan; dan
(b) balas jasa itu
dibayarkan oleh, atau atas nama pemberi kerja yang bukan penduduk Negara lain
tersebut; dan
(c) balas jasa Itu
tidak menjadi beban bentuk usaha tetap atau tempat tetap yang dimiliki oleh si
pemberi kerja di Negara lainnya.
3. Menyimpang dan ketentuan-ketentuan
sebelumnya dalam Pasal ini, balas jasa yang diperoleh oleh penduduk suatu
Negara pihak pada Persetujuan sehubungan dengan pekerjaan yang dilakukan di
atas kapal laut atau pesawat udara yang dioperasikan dalam jalur lalu lintas
international oleh suatu perusahaan yang berkedudukan di Negara Pihak pada
Persetujuan hanya akan dikenakan pajak di Negara tersebut.
|
Pasal 17 |
Penghasilan para
Direktur dan pembayaran-pembayaran lain yang serupa yang diperoleh penduduk
salah satu Negara pihak pada Persetujuan dalam kedudukannya sebagai anggota
dewan komisaris atan setiap badan lain yang serupa dan perusahaan sesuai
undang-undang dalam negeri Negara tersebut, yang berkedudukan di Negara pihak
lainnya pada Persetujuan dapat dikenakan pajak di Negara lainnya tersebut.
|
Pasal 18 |
1. Menyimpang dan ketentuan-ketentuan dan
Pasal 15 dan 16, penghasilan yang diperoleh olehi penduduk suatu Negara pihak
pada Persetujuan sebagai entertainer seperti artis teater film, radio atau
televisi atau pemain musik atau sebagai olahragawan dan kegiatan-kegiatan
perseorangan yang dilakukan di Negara pihak lainnya pada Persetujuan dapat
dikenakan pajak di Negara lainnya tersebut.
2. Apabila penghasilan sehubungan dengan
kegiatan-kegiatan perseorangan yang dilakukan oleh seorang entertainer atau
olahragawan dalam kapasitasnya tersebut di atas dibayarkan tidak kepada
entertainer atau olahragawan melainkan kepada orang dan badan lainnya, maka
menyimpang dan ketentuan dalam Pasal-Pasal 7, 15 dan 16, penghasiIan tersebut
dapat dikenakan pajak di Negara pihak pada Persetujuan dimana dilakukan
kegiatan-kegiatan dan entertainer atau olahragawan tersebut berlangsung.
3. Penghasilan yang berasal dan
kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam rangka tukar-menukar kebudayaan yang
dilakukan di bawah persetujuan kebudayaan yang diadakan antara kedua Negara
pihak pada Persetujuan akan dibebaskan dari pajak.
|
Pasal 19 |
1. Dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan
Pasal 20 Ayat 2, pensiun atau imbalan lain yang senupa yang dibayarkan kepada
penduduk salah satu Negara pihak pada Persetujuan dari sumber di Negara pihak
lainnya pada Persetujuan sehubungan dengan pekerjaan atau jasa-jasa di masa
lalu di Negara Pihak pada Persetujuan tersebut dan setiap pembayaran tahunan
yang dibayarkan kepada penduduk tersebut di atas dari sumber tersebut di atas
dapat dikenakan pajak di Negara lain itu.
2. Istilah "tunjangan hari tua"
berarti suatu jumlah tertentu yang dibayarkan secara berkala dalam waktu
tertentu selama hidup atau selama suatu masa atau jangka waktu tertentu
berdasarkan suatu kewajiban untuk melakukan pembayaran-pembayaran sebagai
imbalan yang memadai dan penuh dalam bentuk uang atau yang dapat dinilai dengan
uang.
|
Pasal 20 |
1. (a) Imbalan,
selain dan pensiun yang dibayarkan oleh suatu Negara pihak pada Persetujuan,
suatu unit administrasi tentorial atau pemerintah daerahnya kepada seseorang
sehubungan dengan jasa-jasa yang diberikannya kepada Negara tersebut atau unit
administrasi teritorialnya atau pemenntah daerahnya hanya dikenakan pajak di
Negara itu.
(b) Namun demikian
imbalan tersebut hanya akan dikenakan pajak di Negara pihak Iainnya pada
Persetujuan, apabila jasa-jasa tersebut dilakukan di Negara lain itu dan orang
pribadi tersebut adalah penduduk Negara itu yang
(i) merupakan
warga negara dan Negara tersebut; atau
(ii) tidak
menjadi penduduk Negara itu semata-mata hanya untuk maksud membenkan jasa-jasa
tersebut.
2. (a) Pensiun
yang dibayarkan oleh atau dan dana-dana yang dibentuk oleh suatu Negara pihak
pada Persetujuan atan suatu unit administrasi teritonal atau pemerintah
daerahnya kepada seseorang sehubungan dengan jasa-jasa yang diberikan kepada
Negara itu atau pemerintah daerahnya hanya akan dikenakan pajak di Negara itu.
(b) Namun demikian,
pensiun tersebut hanya akan dikenakan pajak di Negara pihak lainnya pada Persetujuan
bilamana orang tersebut adalah penduduk dan warga negara dan Negara pihak
lainnya tersebut.
3. Ketentuan-ketentuan dalam Pasal-Pasal 16,
17 dan 19 akan berlaku terhadap imbalan dan pensiun berkenaan dengan jasa yang
dibenkan sehubungan dengan usaha yang dijalankan oleh suatu Negara pihak pada
Persetujuan, unit administrasi teritorial atau pemerintah daerahnya.
|
Pasal 21 |
Profesor atau anggota
staf pengajar atau staf peneliti lainnya yang melakukan kunjungan sementara ke
suatu Negara pihak pada Persetujuan dengan tujuan semata-mata untuk mengajar
atau melakukan penelitlan pada suatu universitas, akademi, sekolah atau lembaga
pendidikan lainnya yang diakui oleh Pemerintah Negara pihak pada Persetujuan
dan yang menjadi penduduk atau menjelang kunjungan tersebut adalah penduduk dan
Negara pihak lainnya pada Persetujuan akan dibebaskan dan pajak di Negara yang
disebut pertama dalam jangka waktu yang tidak melebihi 2 (dua) tahun sehubungan
dengan imbalan yang diperoleh dari mengajar atau dari penelitian tersebut.
|
Pasal 22 |
Pembayaran-pembayaran
yang ditenma oleh siswa, pemagang atau peserta latihan di bidang usaha yang
menjadi penduduk atan segera sebelum mengunjungi suatu Negara pihak pada
Persetujuan merupakan penduduk Negara pihak lainnya pada Persetujuan dan berada
di Negara yang disebut pertama semata-mata dengan tujuan untuk mengikuti
pendidikan atau latihan, tidak akan dikenakan pajak di Negara yang disebut
penrama, sepanjang pembayaran yang diberikan kepadanya berasal dan
sumber-sumber di luar Negara tersebut.
|
Pasal 23 |
Jenis-jenis penghasilan
yang diterima oleh penduduk suatu Negara pihak pada Persetujuan yang tidak
secara tegas disebutkan dalam Pasal-Pasal terdahulu dalam Persetujuan ini hanya
akan dikenakan pajak di Negara tempat timbulnya penghasilan itu.
|
Pasal 24 |
1. Telah disetujui bahwa penghindaran pajak
berganda akan dihindarkan sesuai dengan ayat yang tercantum dalam Pasal ini.
2. Dalam hal Indonesia, apabila penduduk
Indonesia memperoleh penghasiIan di Romania dan penghasiIan tersebut dikenakan
pajak sesuai dengan ketentuan-ketentuan Persetujuan ini, maka jumlah pajak atas
penghasiIan yang dikenakan di Romania dapat dikurangkan dari pajak-pajak yang
terpotong di Indonesia yang dikenakan atas penduduk tersebut Namun demikian
pengurangan tersebut tidak boleh melebihi bagian dari pajak penghasilan di
Indonesia yang sepadan dengan penghasilan tersebut.
3. Dalam hal Romania, pajak yang dibayar
oleh penduduk Romania sehubungan dengan penghasilan dan Indonesia, maka sesuai
dengan ketentuan Persetujuan ini, pajak tersebut dapat dikurangkan dari pajak
yang dikenakan di Romania sesuai dengan undang-undang Romania. Namun demikian
jumlah yang boleh dikurangkan itu tidak boleh melebihi bagian dari pajak
Romania, yang dihitung sebelum dilakukan pengurangan yang berasal dan
penghasilan kena pajak di Negara lain.
|
Pasal 25 |
1. Warganegara dan suatu Negara pihak pada
Persetujuan tidak akan dikenakan pajak atau kewajiban apapun yang berkaitan
dengan pengenaan pajak di Negara pihak lainnya pada Persetujuan yang benainan
atau lebih memberatkan dari pengenaan pajak dan kewajiban-kewajiban yang
dimaksud, yang dapat dikenakan terhadap warga negara dan Negara lainnya dalam
keadaan yang sama,
2. Pengenaan pajak atas bentuk usaha tetap
yang dimiliki oleh suatu perusahaan dan Negara pihak pada Persetujuan di Negara
pihak lainnya pada Persetujuan, tidak akan dilakukan dengan cara yang kurang
menguntungkan dibandingkan dengan pengenaan pajak terhadap
perusahaan-perusahaan yang menjalankan kegiatankegiatan yang sama di Negara
pihak lainnya. Ketentuan ini tidak akan diartikan sebagai mewajibkan suatu
Negara pihak pada Persetujuan untuk memberikan kepada penduduk Negara pihak
lainnya pada Persetujuan suatu potongan perseorangan, keringanan-keringanan dan
pengurangan-pengurangan untuk kepentingan perpajakan yang merupakan beban
status sipil atau tanggung jawab keluarga yang diberikan kepada penduduknya
sendiri.
3. Suatu Negara pihak pada Persetujuan tidak
dapat mengoreksi atau membetulkan setiap penetapan pajak dari penduduk suatu
Negara pihak lainnya pada Persetujuan dengan memasukkan jenis-jenis penghasilan
yang telah dikenakan pajak di Negara pihak lainnya pada Persetujuan setelah
daluwarsa menurut undang-undang perpajakan masing-masing negara, dan dalam hal
apapun, setelah 5 tahun dan akhir tahun pajak yang bersangkutan di mana
penghasilan itu diperoleh.
4. Perusahaan dari suatu Negara pihak pada
Persetujuan, di mana seluruh atau sebagian modalnya dimiliki atau dikendalikan
baik secara langsung maupun tidak langsung oleh satu atau lebih penduduk Negara
pihak lainnya pada Persetujuan, tidak akan dikenakan pajak atau kewajiban apapun
yang berhubungan dengan itu di Negara pihak pada Persetujuan yang disebut
pertama yang berlainan atau lebih memberatkan daripada pengenaan pajak ataupun
kewajiban-kewajiban yang berkaitan dengan itu, jika dibandingkan dengan
pengenaan pajak terhadap perusahaan lain yang serupa dari Negara pihak pada
Persetujuan yang disebut pertama.
5. Dalam Pasal ini istilah "Pajak"
berarti pajak-pajak yang dicakup dalam Persetujuan ini.
|
Pasal 26 |
1. Apabila penduduk suatu Negara pihak pada
Persetujuan menganggap banwa tindakan-tindakan salah satu atau kedua Negara
pihak pada Persetujuan mengakibatkan atau akan mengakibatkan pengenaan pajak
yang tidak sesuai dengan ketentuan-ketentuan Persetujuan ini, maka terlepas
dari cara-rara penyelesaian yang diatur dalam perundang-undangan nasional di
masing-masing Negara, ia dapat mengajukan masalahnya kepada pejabat yang
berwenang di Negara pihak pada Persetujuan di mana ia menjadi penduduk Negara
itu atau, jika masalahnya menyangkut dari ayat 1 Pasal 25, kepada
pejatat-pejabat yang berwenang di Negara di mana ia menjadi warga negara.
Masalah tersebut harus diajukan dalam waktu dua tahun sejak tanggal diterimanya
pemberitahuan mengenal tindakan yang menimbulkan pengenaan pajak yang tidak
sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Persetujuan ini.
2. Pejabat yang berwenang akan berusaha,
apabila keberatan yang diajukan kepadanya itu beralasan dan apabila ia tidak
dapat mencapa suatu penyelesaian yang memuaskan, akan berusaha menyelesaikan
masalah itu melalul persetujuan bersama antara pejabat yang berwenang dari
Negara pihak pada Persetujuan lainnya dengan maksud untuk menghindarkan
pengenaan pajak yang tidak sesuai dengan Persetujuan ini.
3. Pejabat yang berwenang dari Negara pihak
pada Persetujuan akan berusaha untuk menyelesaikan setiap kesulitan ataupun
keragu-raguan yang timbul dalam penafsiran ataupun pelaksanaan Persetujuan.
Mereka dapat pula saling berkonsultasi bensama untuk mencegah terjadinya pajak
berganda dalam hal tidak diatur dalam Persetujuan ini.
4. Pejabat yang berwenang dan Negara pihak
pada Persetujuan dapat saling berhubungan secara langsung dengan tujuan untuk
mencapai persetujuan sebagaimana dimaksud dalam ayat-ayat terdahulu. Apabila
dianggap perlu untuk mencapai persetujuan itu dapat dilakukan suatu pertukaran
pendapat secara lisan, pertukaran tersebut dapat dilakukan di antara para wakil
dari pejabat yang berwenang dari Negara pihak pada Persetujuan.
|
Pasal 27 |
1. Pejabat pejabat yang berwenang dari kedua
Negara pihak pada Persetujuan akan melakukan tukar-menukar informasi yang
diperlukan untuk melaksanakan ketentuan-ketentuan dalam Persetujuan ini atau
untuk melaksanakan undang-undang nasional negara masing-masing mengenai
pajak-pajak yang dicakup dalam Persetujuan dan sepanjang pengenaan pajak
menurut undang-undang Negara yang bersangkutan tidak bertentangan dengan
Persetujuan ini. Setiap informasi yang dipertukarkan akan dirahasiakan dan
hanya akan diungkapkan kepada orang dan badan atan para pejabat yang terlibat
dalam penetapan pajak, penagihan, pelaksanaan undang-undang atau penuntutan
sehubungan dengan pajak-pajak yang diatur dalam Persetujuan ini. Orang dan
badan serta para pejabat tersebut hanya boleh memberikan informasi itu untuk
maksud tersebut di atas, namun demikian dapat juga mengungkapkan informasi itu
di dalam pengadilan umum, atau dalam pengambilan keputusan pengadilan.
2. Bagaimanapunjuga ketentuan-ketentuan
dalam ayat(1) sama sekali tidak dapat ditafsirkan sedemikian rupa sehingga
membebankan kepada Negara pihak pada Persetujuan kewajiban untuk
(a) melaksanakan
tindakan-tindakan administratif yang bertentangan dengan perundang-undangan dan
praktek administrasi yang benaku di Negara tersebut ataupun di Negara pihak
Iainnya Persetujuan.
(b) memberikan
informasi yang tidak mungkin diperoleh berdasarkan perundang-undangan atau
dalam praktek administrasi yang lazim di Negara tersebut ataupun di Negara
pihak Iainnya pada Persetujuan.
(c) memberikan
informasi yang mengungkapkan setiap rahasia di bidang perdagangan, usaha,
industri, pemiagaan atau keahilan atau tata cara perdagangan atau informasi
lainnya yang pengungkapannya bertentangan dengan kebijaksanaan umum (ordre
public).
|
Pasal 28 |
Ketentuan-ketentuan
dalam Persetujuan ini tidak akan ditafsirkan sebagai pembatasan apapun terhadap
setiap pengecualian pembebasan, pengurangan, kredit, ataupun kelonggaran
lainnya yang di berikan sekarang atau kemudian:
(a) dengan undang-undang suatu Negara pihak
pada Persetujuan dalam menetapkan pajak yang dikenakan oleh Negara itu; atau
(b) dengan sebap persetujuan lain antara kedua
Negara pihak pada Persetujuan.
|
Pasal 29 |
Persetujuan ini tidak
akan mempengaruhi hak-hak istimewa di bidang naskah dari para pejabat
diplomatik atau konsuler berdasarkan peraturan umum dalam hukum internasional
atau berdasarkan ketentuan-ketentuan dalam suatu persetujuan khusus.
|
Pasal 30 |
1. Persetujuan ini akan diratifikasi sesuai
dengan ketentuan-ketentuan konstitusi yang berlaku di setiap Negara pihak pada
Persetujuan dan akan berlaku pada saat pertukaran dokumen ratifikasi.
2. Ketentuan-ketentuan Persetujuan ini akan
berlaku
(a) di Indonesia
sehubungan dengan penghasilan yang diperoleh pada
atau sesudah 1 Januari tahun takwim berikutnya sesudah berlakunya Persetujuan
ini.
(b) di Romania
sehubungan dengan penghasilan yang diperoleh pada
atau sesudah 1 Januari tahun takwim berikutnya sesudah berlakunya Persetujuan
ini.
|
Pasal 31 |
Persetujuan ini akan
tetap berlaku untuk waktu yang tak terbatas. Salah satu Negara pihak pada
Persetujuan dapat membatalkan Persetujuan ini melalui saluran-saluran
diplomatik selambat-Iambatnya tauggal 30 Juni setiap tahun takwim, dimulai
sejak tahun kelima sesudah berlakunya Persetujuan ini.
Dalam hal demikian,
Persetujuan akan tetap beriaku:
(a) di Indonesia
sehubungan dengan penghasilan yang diperoleh pada atau
sesudan 1 Januari tahun takwim sesudah disampaikannya nota pembatalan.
(b) di Romania
sehubungan dengan penghasilan yang diperoleh pada atau
sesudah 1 Januan tahun takwim sesudah disampaikannya nota pembatalan.
DENGAN KESAKSIAN para
penandatangan di bawah ini, yang telah diberi kuasa yang sah oleh masing-masing
Pemerintahnya, telah menandatangani Persetujuan ini.
DITANDATANGANI di
Jakarta pada 3 Juli 1996 dalam rangkap tiga asli, masing-masing dalam bahasa
Indonesia, Romania dan Inggris, di mana ketiga naskah tersebut adalah otentik.
Dalam hal terjadi
perbedaan penafsiran atas ketentuan-ketentuan Persetujuan ini, yang berlaku
adalah naskah dalam bahasa Inggris.
|
Untuk Pemerintah
Republik Indonesia ttd. SOEMADI D.M.
BROTODININGRAT Direktur Jenderal
Hubungan Ekonomi Luar Negeri |
Untuk Pemerintah
Romania ttd. DUMITRU TANCU Duta Besar |
Algeria
Armenia
Australia
Austria
Bangladesh
Belarus
Belgium
Brunei Darussalam
Bulgaria
Canada
China
Croatia
Czech Republic
Denmark
Egypt
Finland
France
Germany
Hong Kong
Hungary
India
Italy
Japan
Jordan
Korea, Democratic PeopleS Rep
Korea, Republic of
Kuwait
Luxembourg
Malaysia
Marocco
Mexico
Mongolia
Netherlands
New Zealand
Norway
Pakistan
Papua New Guinea
Philippines
Poland
Portugal
Qatar
Romania
Rusia
Saudi Arabia
Serbia and Montenegro
Seychelles
Singapore
Slovakia
South Africa
Spain
Sri Lanka
Sudan
Suriname
Sweden
Switzerland
Syrian Arab Republic
Taiwan, Province of China
Thailand
Tunisia
Turkey
Ukraine
United Arab Emirates
United Kingdom
United States
Uzbekistan
Venezuela
Vietnam
Algeria
Armenia
Australia
Austria
Bangladesh
Belarus
Belgium
Brunei Darussalam
Bulgaria
Canada
China
Croatia
Czech Republic
Denmark
Egypt
Finland
France
Germany
Hong Kong
Hungary
India
Italy
Japan
Jordan
Korea, Democratic PeopleS Rep
Korea, Republic of
Kuwait
Luxembourg
Malaysia
Marocco
Mexico
Mongolia
Netherlands
New Zealand
Norway
Pakistan
Papua New Guinea
Philippines
Poland
Portugal
Qatar
Romania
Rusia
Saudi Arabia
Serbia and Montenegro
Seychelles
Singapore
Slovakia
South Africa
Spain
Sri Lanka
Sudan
Suriname
Sweden
Switzerland
Syrian Arab Republic
Taiwan, Province of China
Thailand
Tunisia
Turkey
Ukraine
United Arab Emirates
United Kingdom
United States
Uzbekistan
Venezuela
Vietnam