Susunan dalam Satu Naskah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1983 tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021
| (1) | Dihapus. | ||||||||||||||||||||
| (2) | Pajak Masukan dalam suatu Masa Pajak dikreditkan dengan Pajak Keluaran dalam Masa Pajak yang sama. | ||||||||||||||||||||
| (2a) | Bagi Pengusaha Kena Pajak yang belum melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak dan/atau ekspor Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak, Pajak Masukan atas perolehan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak, impor Barang Kena Pajak, serta pemanfaatan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud dan/atau pemanfaatan Jasa Kena Pajak dari luar Daerah Pabean di dalam Daerah Pabean dapat dikreditkan sepanjang memenuhi ketentuan pengkreditan sesuai dengan Undang-Undang ini. | ||||||||||||||||||||
| (2b) | Pajak Masukan yang dikreditkan harus menggunakan Faktur Pajak yang memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 ayat (5) dan ayat (9). | ||||||||||||||||||||
| (3) | Apabila dalam suatu Masa Pajak, Pajak Keluaran lebih besar daripada Pajak Masukan, selisihnya merupakan Pajak Pertambahan Nilai yang harus disetor oleh Pengusaha Kena Pajak. | ||||||||||||||||||||
| (4) | Apabila dalam suatu Masa Pajak, Pajak Masukan yang dapat dikreditkan lebih besar daripada Pajak Keluaran, selisihnya merupakan kelebihan pajak yang dikompensasikan ke Masa Pajak berikutnya. | ||||||||||||||||||||
| (4a) | Atas kelebihan Pajak Masukan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dapat diajukan permohonan pengembalian pada akhir tahun buku. | ||||||||||||||||||||
| (4b) | Dikecualikan
dari ketentuan sebagaimana dimasud
pada ayat (4) dan ayat (4a), atas kelebihan Pajak Masukan dapat
diajukan permohonan pengembalian pada setiap Masa Pajak oleh:
|
||||||||||||||||||||
| (4c) | Pengembalian kelebihan Pajak Masukan kepada Pengusaha Kena Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (4b) huruf a sampai dengan huruf e, yang mempunyai kriteria sebagai Pengusaha Kena Pajak berisiko rendah, dilakukan dengan pengembalian pendahuluan kelebihan pajak sesuai ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17C ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan dan perubahannya. | ||||||||||||||||||||
| (4d) | Dihapus | ||||||||||||||||||||
| (4e) | Direktur Jenderal Pajak dapat melakukan pemeriksaan terhadap Pengusaha Kena Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (4c) dan menerbitkan surat ketetapan pajak setelah melakukan pengembalian pendahuluan kelebihan pajak. | ||||||||||||||||||||
| (4f) | Apabila berdasarkan hasil pemeriksaan sebagaimana dimaksud pada ayat (4e), Direktur Jenderal Pajak menerbitkan Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar, jumlah kekurangan pajak ditambah dengan sanksi administrasi berupa bunga sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 ayat (2) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan dan Perubahannya. | ||||||||||||||||||||
| (5) | Apabila
dalam suatu Masa Pajak Pengusaha Kena Pajak melakukan:
|
||||||||||||||||||||
| (6) | Apabila
dalam suatu Masa Pajak Pengusaha Kena Pajak melakukan:
|
||||||||||||||||||||
| (6a) | Apabila sampai dengan jangka waktu 3 (tiga) tahun sejak Masa Pajak pengkreditan pertama kali Pajak Masukan sebagaimana dimaksud pada ayat (2a) Pengusaha Kena Pajak belum melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak dan/atau ekspor Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak terkait dengan Pajak Masukan tersebut, Pajak Masukan yang telah dikreditkan dalam jangka waktu 3 (tiga) tahun tersebut menjadi tidak dapat dikreditkan. | ||||||||||||||||||||
| (6b) | Dihapus. | ||||||||||||||||||||
| (6c) | Jangka waktu sebagaimana dimaksud pada ayat (6a) bagi sektor usaha tertentu dapat ditetapkan lebih dari 3 (tiga) tahun. | ||||||||||||||||||||
| (6d) | Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (6a) berlaku juga bagi Pengusaha Kena Pajak yang melakukan pembubaran (pengakhiran) usaha, melakukan pencabutan Pengusaha Kena Pajak, atau dilakukan pencabutan Pengusaha Kena Pajak secara jabatan dalam jangka waktu 3 (tiga) tahun sejak Masa Pajak pengkreditan pertama kali Pajak Masukan. | ||||||||||||||||||||
| (6e) | Pajak
Masukan yang tidak dapat dikreditkan sebagaimana dimaksud pada ayat
(6a):
|
||||||||||||||||||||
| (6f) | Pembayaran
kembali Pajak Masukan sebagaimana dimaksud pada ayat (6e) huruf a
dilakukan paling lambat:
|
||||||||||||||||||||
| (6g) | Dalam hal Pengusaha Kena Pajak tidak melaksanakan kewajiban pembayaran kembali sesuai dengan jangka waktu sebagaimana dimaksud pada ayat (6f), Direktur Jenderal Pajak menerbitkan Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar atas jumlah pajak yang seharusnya dibayar kembali sebagaimana dimaksud pada ayat (6e) huruf a oleh Pengusaha Kena Pajak ditambah sanksi administrasi berupa bunga sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 ayat (2a) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan dan perubahannya. | ||||||||||||||||||||
| (7) | Dihapus. | ||||||||||||||||||||
| (7a) | Dihapus. | ||||||||||||||||||||
| (7b) | Dihapus. | ||||||||||||||||||||
| (8) | Pengkreditan
Pajak Masukan sebagaimana dimaksud
pada ayat (2) tidak dapat diberlakukan bagi pengeluaran untuk:
|
||||||||||||||||||||
| (9) | Pajak Masukan yang dapat dikreditkan tetapi belum dikreditkan dengan Pajak Keluaran pada Masa Pajak yang sama dapat dikreditkan pada Masa Pajak berikutnya paling lama 3 (tiga) Masa Pajak setelah berakhirnya Masa Pajak saat Faktur Pajak dibuat sepanjang belum dibebankan sebagai biaya atau belum ditambahkan (dikapitalisasi) dalam harga perolehan Barang Kena Pajak atau Jasa Kena Pajak serta memenuhi ketentuan pengkreditan sesuai dengan Undang-Undang ini. | ||||||||||||||||||||
| (9a) | Pajak Masukan atas perolehan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak, impor Barang Kena Pajak serta pemanfaatan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud dan/atau pemanfaatan Jasa Kena Pajak dari luar Daerah Pabean di dalam Daerah Pabean sebelum Pengusaha dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak, dapat dikreditkan oleh Pengusaha Kena Pajak dengan menggunakan pedoman pengkreditan Pajak Masukan sebesar 80% (delapan puluh persen) dari Pajak Keluaran yang seharusnya dipungut. | ||||||||||||||||||||
| (9b) | Pajak Masukan atas perolehan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak, impor Barang Kena Pajak, serta pemanfaatan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud dan/atau pemanfaatan Jasa Kena Pajak dari luar Daerah Pabean di dalam Daerah Pabean yang tidak dilaporkan dalam Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai yang diberitahukan dan/atau ditemukan pada waktu dilakukan pemeriksaan dapat dikreditkan oleh Pengusaha Kena Pajak sepanjang memenuhi ketentuan pengkreditan sesuai dengan Undang-Undang ini. | ||||||||||||||||||||
| (9c) | Pajak Masukan atas perolehan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak, impor Barang Kena Pajak, serta pemanfaatan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud dan/atau pemanfaatan Jasa Kena Pajak dari luar Daerah Pabean di dalam Daerah Pabean yang ditagih dengan penerbitan ketetapan pajak dapat dikreditkan oleh Pengusaha Kena Pajak sebesar jumlah pokok Pajak Pertambahan Nilai yang tercantum dalam ketetapan pajak dengan ketentuan ketetapan pajak dimaksud telah dilakukan pelunasan dan tidak dilakukan upaya hukum serta memenuhi ketentuan pengkreditan sesuai dengan Undang-Undang ini. | ||||||||||||||||||||
| (10) | Dihapus. | ||||||||||||||||||||
| (11) | Dihapus. | ||||||||||||||||||||
| (12) | Dihapus. | ||||||||||||||||||||
| (13) | Dihapus. | ||||||||||||||||||||
| (14) | Dalam hal terjadi pengalihan Barang Kena Pajak dalam rangka penggabungan, peleburan, pemekaran, pemecahan, dan pengambilalihan usaha, Pajak Masukan atas Barang Kena Pajak yang dialihkan yang belum dikreditkan oleh Pengusaha Kena Pajak yang mengalihkan dapat dikreditkan oleh Pengusaha Kena Pajak yang menerima pengalihan, sepanjang Faktur Pajaknya diterima setelah terjadinya pengalihan dan Pajak Masukan tersebut belum dibebankan sebagai biaya atau dikapitalisasi. | ||||||||||||||||||||
| Pajak Keluaran | = Rp2.000.000,00 |
| Pajak Masukan yang dapat dikreditkan | = Rp4.500.000,00 (-) |
| Pajak yang lebih dibayar | = Rp2.500.000,00 |
| Pajak Keluaran | = Rp3.000.000,00 |
| Pajak Masukan yang dapat dikreditkan | = Rp2.000.000,00 (-) |
| Pajak yang kurang dibayar | = Rp1.000.000,00 |
| Pajak yang lebih dibayar dari Masa Pajak Mei 2023 | |
| yang dikompensasikan ke Masa Pajak Juni 2023 | = Rp2.500.000,00 (-) |
| Pajak yang lebih dibayar Masa Pajak Juni 2023 | = Rp1.500.000,00 |
| a. | penyerahan yang terutang pajak dan pajak Masukannya dapat dikreditkan dengan harga jual sebesar Rp25.000.000,00 (dua puluh lima juta rupiah) dengan Pajak Keluaran sebesar Rp3.000.000,00 (tiga juta rupiah) dengan asumsi pengenaan tarif normal sebesar 12% (dua belas persen); |
| b. | penyerahan yang terutang pajak dan pajak Masukannya tidak dapat dikreditkan dengan harga jual sebesar Rp20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah) dengan Pajak Keluaran sebesar Rp400.000,00 (empat ratus ribu rupiah) dengan asumsi pengenaan tarif linal sebesar 2% (dua persen); |
| c. | penyerahan yang tidak terutang Pajak pertambahan Nilai sebesar Rp5.000.000,00 (lima juta rupiah) tanpa memungut Pajak Keluaran. |
| a. | Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena pajak yang berkaitan dengan penyerahan yang terutang pajak dan Pajak Masukannya dapat dikreditkan sebesar Rp 1.500.000,00 (satu juta lima ratus ribu rupiah); |
| b. | Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena pajak yang berkaitan dengan penyerahan yang terutang pajak dan Pajak Masukannya tidak dapat dikreditkan sebesar Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah); |
| c. | Barang Kena Pajak dan Jasa Kena pajak yang berkaitan dengan penyerahan yang tidak terutang pajak sebesar Rp300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). |
| a. | penyerahan yang terutang pajak dan Pajak Masukannya dapat dikreditkan sebesar Rp35.000.000,00 (tiga puluh lima juta rupiah) dengan Pajak Keluaran sebesar Rp4.200.000,00 (empat juta dua ratus ribu rupiah) dengan asumsi pengenaan tarif normal 12% (dua belas persen); |
| b. | penyerahan yang terutang pajak dan pajak Masukannya tidak dapat dikreditkan sebesar Rp20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah) dengan Pajak Keluaran sebesar Rp400.000,00 (empat ratus ribu rupiah) dengan asumsi pengenaan tarif final 2% (dua persen); |
| c. | penyerahan yang tidak terutang pajak sebesar Rp15.000.000,00 (lima belas juta rupiah) tanpa memungut Pajak Keluaran. |
|
Nomor Dokumen |
Perihal |
Tanggal Ditetapkan |
|
SE-47/PJ/2008 |
PENCABUTAN SURAT EDARAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK DAN SURAT PENEGASAN TENTANG PENGGUNAAN METODE Q.Q. PADA FAKTUR PAJAK STANDAR |
29 August 2008 |
|
PER-58/PJ/2010 |
BENTUK DAN UKURAN FORMULIR SERTA TATA CARA PENGISIAN KETERANGAN PADA FAKTUR PAJAK BAGI PENGUSAHA KENA PAJAK PEDAGANG ECERAN |
01 January 2011 |
|
248/PMK.010/2015 |
PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI KEUANGAN NOMOR 162/PMK.03/2014 TENTANG TATA CARA PENERBITAN SURAT KETERANGAN BEBAS PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ATAU PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH KEPADA PERWAKILAN NEGARA ASING DAN BADAN INTERNASIONAL SERTA PEJABATNYA |
29 December 2015 |
|
PER-40/PJ/2015 |
TATA CARA PEMUNGUTAN DAN PENYETORAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ATAS PEMBAYARAN SUBSIDI JENIS BAHAN BAKAR MINYAK TERTENTU MINYAK SOLAR |
13 November 2015 |
|
33/PMK.03/2018 |
PERUBAHAN KEDUA ATAS PERATURAN MENTERI KEUANGAN NOMOR 162/PMK.03/2014 TENTANG TATA CARA PENERBITAN SURAT KETERANGAN BEBAS PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ATAU PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH KEPADA PERWAKILAN NEGARA ASING DAN BADAN INTERNASIONAL SERTA PEJABATNYA |
03 April 2018 |
|
39/PMK.03/2018 |
TATA CARA PENGEMBALIAN PENDAHULUAN KELEBIHAN PEMBAYARAN PAJAK |
12 April 2018 |
|
PER-04/PJ/2021 |
PENETAPAN WAJIB PAJAK KRITERIA TERTENTU ATAU PENGUSAHA KENA PAJAK BERISIKO RENDAH DAN PERLAKUAN ATAS SELISIH KELEBIHAN PEMBAYARAN PAJAK YANG BELUM DIKEMBALIKAN DALAM SURAT KEPUTUSAN PENGEMBALIAN PENDAHULUAN KELEBIHAN PAJAK |
16 March 2021 |
|
PER-02/PJ/2019 |
TATA CARA PENYAMPAIAN, PENERIMAAN, DAN PENGOLAHAN SURAT PEMBERITAHUAN |
23 January 2019 |
|
PER-13/PJ/2019 |
DOKUMEN TERTENTU YANG KEDUDUKANNYA DIPERSAMAKAN DENGAN FAKTUR PAJAK |
30 August 2019 |
|
117/PMK.03/2019 |
PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI KEUANGAN NOMOR 39/PMK.03/2018 TENTANG TATA CARA PENGEMBALIAN PENDAHULUAN KELEBIHAN PEMBAYARAN PAJAK |
19 August 2019 |
|
SE-02/PJ/2020 |
PENGKREDITAN PAJAK MASUKAN PADA MASA PAJAK YANG TIDAK SAMA |
21 January 2020 |
|
PER-04/PJ/2020 |
PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN ADMINISTRASI NOMOR POKOK WAJIB PAJAK, SERTIFIKAT ELEKTRONIK, DAN PENGUKUHAN PENGUSAHA KENA PAJAK |
13 March 2020 |
|
539/KMK.04/1990 |
PAJAK PENGHASILAN PASAL 22, PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DAN/ATAU PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH UNTUK KEGIATAN USAHA DI BIDANG IMPOR ATAS DASAR INDEN |
14 May 1990 |
|
9 TAHUN 2021 |
PERLAKUAN PERPAJAKAN UNTUK MENDUKUNG KEMUDAHAN BERUSAHA |
02 February 2021 |
|
18/PMK.03/2021 |
PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA DI BIDANG PAJAK PENGHASILAN, PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH, SERTA KETENTUAN UMUM DAN TATA CARA PERPAJAKAN |
17 February 2021 |
|
PER-25/PJ/2014 |
PERUBAHAN KEDUA ATAS PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK NOMOR PER-44/PJ/2010 TENTANG BENTUK, ISI, DAN TATA CARA PENGISIAN SERTA PENYAMPAIAN SURAT PEMBERITAHUAN MASA PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (SPT MASA PPN) |
23 September 2014 |
|
PER-11/PJ/2013 |
PERUBAHAN ATAS PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK NOMOR PER-44/PJ/2010 TENTANG BENTUK, ISI, DAN TATA CARA PENGISIAN SERTA PENYAMPAIAN SURAT PEMBERITAHUAN MASA PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (SPT MASA PPN) |
12 April 2013 |
|
PER-10/PJ/2013 |
PERUBAHAN ATAS PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK NOMOR PER-45/PJ/2010 TENTANG BENTUK, ISI, DAN TATA CARA PENGISIAN SERTA PENYAMPAIAN SURAT PEMBERITAHUAN MASA PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (SPT MASA PPN) BAGI PENGUSAHA KENA PAJAK YANG MENGGUNAKAN PEDOMAN PENGHITUNGAN PENGKREDITAN PAJAK MASUKAN |
12 April 2013 |
|
PER-04/PJ/2020 |
PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN ADMINISTRASI NOMOR POKOK WAJIB PAJAK, SERTIFIKAT ELEKTRONIK, DAN PENGUKUHAN PENGUSAHA KENA PAJAK |
13 March 2020 |
|
PER-03/PJ/2022 |
FAKTUR PAJAK |
01 April 2022 |
|
135/PMK.011/2014 |
PERUBAHAN KEDUA ATAS PERATURAN MENTERI KEUANGAN NOMOR 78/PMK.03/2010 TENTANG PEDOMAN PENGHITUNGAN PENGKREDITAN PAJAK MASUKAN BAGI PENGUSAHA KENA PAJAK YANG MELAKUKAN PENYERAHAN YANG TERUTANG PAJAK DAN PENYERAHAN YANG TIDAK TERUTANG PAJAK |
18 June 2014 |
|
162/PMK.03/2014 |
TATA CARA PENERBITAN SURAT KETERANGAN BEBAS PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ATAU PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH KEPADA PERWAKILAN NEGARA ASING DAN BADAN INTERNASIONAL SERTA PEJABATNYA. |
12 November 2014 |
|
21/PMK.011/2014 |
PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI KEUANGAN NOMOR 78/PMK.03/2010 TENTANG PEDOMAN PENGHITUNGAN PENGKREDITAN PAJAK MASUKAN BAGI PENGUSAHA KENA PAJAK YANG MELAKUKAN PENYERAHAN YANG TERUTANG PAJAK DAN PENYERAHAN YANG TIDAK TERUTANG PAJAK |
04 February 2014 |
|
74/PMK.03/2010 |
PEDOMAN PENGHITUNGAN PENGKREDITAN PAJAK MASUKAN BAGI PENGUSAHA KENA PAJAK YANG MEMPUNYAI PEREDARAN USAHA TIDAK MELEBIHI JUMLAH TERTENTU |
01 April 2010 |
|
78/PMK.03/2010 |
PEDOMAN PENGHITUNGAN PENGKREDITAN PAJAK MASUKAN BAGI PENGUSAHA KENA PAJAK YANG MELAKUKAN PENYERAHAN YANG TERUTANG PAJAK DAN PENYERAHAN YANG TIDAK TERUTANG PAJAK |
01 April 2010 |
|
30/PMK.03/2014 |
PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ATAS PENYERAHAN EMAS PERHIASAN |
01 March 2014 |
|
65/PMK.03/2022 |
PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ATAS PENYERAHAN KENDARAAN BERMOTOR BEKAS |
01 April 2022 |
|
1 TAHUN 2012 |
PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PERTAMBAHAN NILAI BARANG DAN JASA DAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH SEBAGAIMANA TELAH BEBERAPA KALI DIUBAH TERAKHIR DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 42 TAHUN 2009 TENTANG PERUBAHAN KETIGA ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PERTAMBAHAN NILAI BARANG DAN JASA DAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH |
04 January 2012 |
|
SE-90/PJ/2011 |
PENGKREDITAN PAJAK MASUKAN PADA PERUSAHAAN TERPADU (INTEGRATED) KELAPA SAWIT |
23 November 2011 |
|
KEP-07/PJ/1995 |
PEMBAYARAN PENDAHULUAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DAN/ATAU PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH ATAS IMPOR ATAU PEMBELIAN BARANG KENA PAJAK, SELAIN BARANG MODAL, DALAM RANGKA EKSPOR |
01 January 1995 |
|
SE-50/PJ/2011 |
PENEGASAN SAAT PENYERAHAN BARANG KENA PAJAK DAN/ATAU JASA KENA PAJAK SEBAGAI DASAR SAAT TERUTANG PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DAN SAAT PEMBUATAN FAKTUR PAJAK |
03 August 2011 |
|
KEP-20/PJ./1996 |
PERUBAHAN KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK NOMOR KEP-07/PJ./1995 TENTANG PEMBAYARAN PENDAHULUAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DAN/ATAU PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH ATAS IMPOR ATAU PEMBELIAN BARANG KENA PAJAK SELAIN BARANG MODAL DALAM RANGKA EKSPOR |
29 March 1996 |
|
SE-34/PJ.54/1996 |
RESTITUSI PPN YANG DIAJUKAN PERMOHONANNYA OLEH PKP EKSPORTIR TERTENTU (PENYEMPURNAAN KE-2 ATAS SURAT EDARAN SERI PPN 28-95) |
30 August 1996 |
|
PER-44/PJ/2010 |
BENTUK, ISI, DAN TATA CARA PENGISIAN SERTA PENYAMPAIAN SURAT PEMBERITAHUAN MASA PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (SPT MASA PPN) |
06 October 2010 |
|
PER-45/PJ/2010 |
BENTUK, ISI, DAN TATA CARA PENGISIAN SERTA PENYAMPAIAN SURAT PEMBERITAHUAN MASA PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (SPT MASA PPN) BAGI PENGUSAHA KENA PAJAK YANG MENGGUNAKAN PEDOMAN PENGHITUNGAN PENGKREDITAN PAJAK MASUKAN |
06 October 2010 |
|
SE-21/PJ.5/2001 |
TATA CARA PENYELESAIAN PERMOHONAN TEMPAT LAIN SEBAGAI TEMPAT PENGKREDITAN PAJAK MASUKAN DAN TEMPAT LAIN SEBAGAI TEMPAT PAJAK TERUTANG ATAS EKSPOR |
09 July 2001 |
Composition in one manuscript of the Law of the Republic of Indonesia Number 8 of 1983 concerning the Value Added Tax of Goods and Services and Sales Tax on Luxury Goods as Last Amended by the Law of the Republic of Indonesia Number 7 of 2021
| (1) | Removed. | ||||||||||||||||||||
| (2) | Tax Input in a Tax Period is credited with Output Tax in The same tax period. | ||||||||||||||||||||
| (2a) | Divide Taxable Entrepreneurs who have not done delivery of Taxable Goods and/or Taxable Services and/or export Taxable Goods and/or Taxable Services, Input Tax on acquisition of Taxable Goods and/or Taxable Services, import of Taxable Goods Taxes, as well as utilization of Intangible Taxable Goods and/or utilization of Taxable Services from outside the inside Customs Area The Customs Area can be credited as long as it meets the conditions crediting in accordance with this Law. | ||||||||||||||||||||
| (2b) | Tax Credited input must use Tax Invoice that meets the requirements as referred to in Article 13 paragraph (5) and paragraph (9). | ||||||||||||||||||||
| (3) | If in a Tax Period, Output Tax greater than the Input Tax, the difference is the Tax Value Added that must be deposited by the Taxable Entrepreneur. | ||||||||||||||||||||
| (4) | If in a Tax Period, Input Tax which can be credited is greater than the Output Tax, the difference is the excess tax that is compensated for the next Tax Period. | ||||||||||||||||||||
| (4a) | Top excess Input Tax as referred to in paragraph (4) can be submitted a request for return on end of the financial year. | ||||||||||||||||||||
| (4b) | Excluded
of the provisions as referred to
in paragraph (4) and paragraph (4a), on the excess Input Tax can
application for refund is submitted in each Tax Period by:
|
||||||||||||||||||||
| (4c) | Returns excess input tax to Petaxable entrepreneur as referred to in paragraph (4b) letter a to with letter e, which has the criteria as a Taxable Entrepreneur low-risk, done with preliminary return of excess tax in accordance with the provisions referred to in Article 17C paragraph (1) Law Number 6 of 1983 concerning General Provisions and Procedures Taxation and its changes. | ||||||||||||||||||||
| (4d) | Removed | ||||||||||||||||||||
| (4e) | Director General Tax can do examination of the Taxable Entrepreneur as referred to in paragraph (4c) and issue a tax assessment letter after carrying out preliminary refund of overtax. | ||||||||||||||||||||
| (4f) | If based on inspection results as referred to in paragraph (4e), Director General of Taxes issue underpaid tax assessments, the amount of tax shortfall coupled with administrative sanctions in the form of interest as referred to in Article 13 paragraph (2) of Law Number 6 of 1983 concerning General Provisions and Tax Procedures and Their Changes. | ||||||||||||||||||||
| (5) | If
in a Tax Period a Taxable Entrepreneur performs:
|
||||||||||||||||||||
| (6) | If
in a Tax Period a Taxable Entrepreneur performs:
|
||||||||||||||||||||
| (6a) | If up to a period of 3 (three) year since the Tax Period of the first crediting of Input Tax as referred to in paragraph (2a) the Taxable Entrepreneur has not perform the delivery of Taxable Goods and/or Taxable Services and/or export of related Taxable Goods and/or Taxable Services with said Input Tax, Input Tax that has been credited within a period of 3 (three) years it becomes invalid credited. | ||||||||||||||||||||
| (6b) | Removed. | ||||||||||||||||||||
| (6c) | Length the time referred to in paragraph (6a) for certain business sectors can be determined more than 3 (three) years. | ||||||||||||||||||||
| (6d) | Conditions as referred to in paragraph (6a) also applies to Taxable Entrepreneurs who do dissolution (termination) of a business, revocation of a Taxable Entrepreneur, or revocation of the Taxable Entrepreneur in office within the term 3 (three) years since the Tax Period for the first time the Tax is credited Enter. | ||||||||||||||||||||
| (6e) | Tax
Input that cannot be credited as referred to in paragraph
(6a):
|
||||||||||||||||||||
| (6f) | Payment
return the Input Tax as referred to in paragraph (6e) letter a
at the latest:
|
||||||||||||||||||||
| (6g) | In the case that the Taxable Entrepreneur is not carry out repayment obligations in accordance with the time period as referred to in paragraph (6f), Director General of Taxes issue Underpaid Tax Assessment on the amount tax which should be repaid as referred to in paragraph (6e) letter a by a Taxable Entrepreneur plus sanctions administration in the form of interest as referred to in Article 13 paragraph (2a) Law Number 6 of 1983 concerning General Provisions and Procedures Taxation and its changes. | ||||||||||||||||||||
| (7) | Removed. | ||||||||||||||||||||
| (7a) | Deleted. | ||||||||||||||||||||
| (7b) | Removed. | ||||||||||||||||||||
| (8) | Credit
Input Tax as intended
in paragraph (2) cannot be applied to expenses for:
|
||||||||||||||||||||
| (9) | Tax Creditable input but not yet credited with Output Tax in the same Tax Period credited in the next Tax Period no later than 3 (three) Tax Periods after the end of the Tax Period when the Tax Invoice is made as long as it has not expensed or unadded (capitalized) in the acquisition price of Taxable Goods or Taxable Services and comply crediting provisions in accordance with this Law. | ||||||||||||||||||||
| (9a) | Tax Input on the acquisition of Taxable Goods and/or Taxable Services, import of Taxable Goods and utilization Intangible Taxable Goods and/or utilization of Services hit Taxes from outside the Customs Area within the Customs Area before Entrepreneurs confirmed as a Taxable Entrepreneur, can be credited by Taxable Entrepreneurs using credit guidelines Input Tax of 80% (eighty percent) of Output Tax which should be collected. | ||||||||||||||||||||
| (9b) | Tax Input on the acquisition of Taxable Goods and/or Taxable Services, import of Taxable Goods, and utilization Intangible Taxable Goods and/or utilization of Taxable Services from outside the Customs Area within the Customs Area that is not reported in the Periodic Notification of Value Added Tax which notified and/or found at the time of inspection can credited by the Taxable Entrepreneur as long as it meets the conditions credit accordingly | ||||||||||||||||||||
| (9c) | Tax Input on the acquisition of Taxable Goods and/or Taxable Services, import of Taxable Goods, and utilization Intangible Taxable Goods and/or utilization of Taxable Services from outside the Customs Area within the Customs Area billed with the issuance of tax assessments can be credited by the Taxable Entrepreneur the principal amount of Value Added Tax stated in tax assessment with the provisions of the said tax assessment repayment was made and no legal action was taken and complied with crediting provisions in accordance with this Law. | ||||||||||||||||||||
| (10) | Removed. | ||||||||||||||||||||
| (11) | Removed. | ||||||||||||||||||||
| (12) | Removed. | ||||||||||||||||||||
| (13) | Removed. | ||||||||||||||||||||
| (14) | In in the event of a transfer of Taxable Goods in the context of merger, consolidation, expansion, splitting, and business takeover, Input Tax on Taxable Goods which transferred which has not been credited by the Taxable Entrepreneur who transfer can be credited by the receiving Taxable Entrepreneur transfer, as long as the Tax Invoice is received after the occurrence the transfer and Input Tax have not been charged as expenses or capitalized. | ||||||||||||||||||||