Susunan dalam Satu Naskah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1983 tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021
| (1) | Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas penyerahan Barang Kena Pajak yang dikembalikan dapat dikurangkan dari Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah yang terutang dalam Masa Pajak terjadinya pengembalian Barang Kena Pajak tersebut. |
| (2) | Pajak Pertambahan Nilai atas penyerahan Jasa Kena Pajak yang dibatalkan, baik seluruhnya maupun sebagian, dapat dikurangkan dari Pajak Pertambahan Nilai yang terutang dalam Masa Pajak terjadinya pembatalan tersebut. |
| (3) | Ketentuan mengenai tata cara pengurangan Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan pengurangan Pajak Pertambahan Nilai sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan. |
| a. | Pajak Masukan dari Pengusaha Kena Pajak pembeli, dalam hal Pajak Masukan atas Barang Kena Pajak yang dikembalikan telah dikreditkan; |
| b. | biaya atau harta bagi Pengusaha Kena Pajak pembeli, dalam hal pajak atas Barang Kena Pajak yang dikembalikan tersebut tidak dikreditkan dan telah dibebankan sebagai biaya atau telah ditambahkan (dikapitalisasi) dalam harga perolehan harta tersebut; atau |
| c. | biaya atau harta bagi pembeli yang bukan Pengusaha Kena Pajak dalam hal pajak atas Barang Kena Pajak yang dikembalikan tersebut telah dibebankan sebagai biaya atau telah ditambahkan (dikapitalisasi) dalam harga perolehan harta tersebut. |
| a. | Pajak Masukan dari Pengusaha Kena Pajak penerima Jasa Kena Pajak, dalam hal Pajak Masukan atas Jasa Kena Pajak yang dibatalkan telah dikreditkan; |
| b. | biaya atau harta bagi Pengusaha Kena Pajak penerima Jasa Kena Pajak, dalam hal Pajak Pertambahan Nilai atas Jasa Kena Pajak yang dibatalkan tersebut tidak dikreditkan dan telah dibebankan sebagai biaya atau telah ditambahkan (dikapitalisasi) dalam harga perolehan harta tersebut; atau |
| c. | biaya atau harta bagi penerima Jasa Kena Pajak yang bukan Pengusaha Kena Pajak dalam hal Pajak Pertambahan Nilai atas Jasa Kena Pajak yang dibatalkan tersebut telah dibebankan sebagai biaya atau telah ditambahkan (dikapitalisasi) dalam harga perolehan harta tersebut. |
|
Nomor Dokumen |
Perihal |
Tanggal Ditetapkan |
|
SE-131/PJ/2010 |
PENEGASAN PERLAKUAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ATAU PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH ATAS PENGEMBALIAN BARANG KENA PAJAK ATAU PEMBATALAN JASA KENA PAJAK YANG FAKTUR PAJAK ATAS PENYERAHANNYA TIDAK MENCANTUMKAN IDENTITAS PEMBELI ATAU PENERIMA JASA |
30 November 2010 |
Composition in one manuscript of the Law of the Republic of Indonesia Number 8 of 1983 concerning the Value Added Tax of Goods and Services and Sales Tax on Luxury Goods as Last Amended by the Law of the Republic of Indonesia Number 7 of 2021
| (1) | Tax Value Added or Added Tax Value and Sales Tax on Luxury Goods upon delivery of Subject Goods The refunded tax is deductible from Value Added Tax or Value Added Tax and Sales Tax on Luxury Goods which payable in the Tax Period when the return of the Taxable Goods occurs that. |
| (2) | Tax Value Added for the delivery of Subject Services Canceled taxes, either in whole or in part, can deducted from the Value Added Tax payable in the Tax Period |
| (3) | Conditions regarding tax deduction procedures Value Added or Value Added Tax and Sales Tax on Luxury Goods as referred to in paragraph (1) and tax reduction Value Added as referred to in paragraph (2) is regulated by Regulation of the Minister of Finance. |
| a. | Input Tax from Entrepreneurs taxable buyer, in the event that the Input Tax on the returned Taxable Goods has been credited; |
| b. | expenses or assets for Entrepreneurs Taxable the buyer, in terms of tax on the returned Taxable Goods was not credited and has been charged as a fee or has been added (capitalized) to the cost of the asset the; or |
| c. | cost or treasure to the buyer who are not Entrepreneurs Taxable in terms of tax on returned Taxable Goods has been charged as an expense or has been added (capitalized) in the acquisition price of the assets. |
| a. | Input Tax from Entrepreneurs Recipient taxable Taxable Services, in terms of Input Tax on Taxable Services which canceled has been credited; |
| b. | expenses or assets for Entrepreneurs Taxable recipient of Taxable Services, in terms of Value Added Tax on Services The canceled Taxable is not credited and has been charged as an expense or have been added (capitalized) in the acquisition price of the property; or |
| c. | cost or treasure to recipient Taxable Services who are not Taxable Entrepreneurs in terms of Value Added Tax on The canceled Taxable Services have been charged as an expense or has been added (capitalized) in the acquisition price of assets that. |
|
Document Number |
About |
Date Set |
|
SE-131/PJ/2010 |
AFIRMATION OF THE TREATMENT OF VALUE ADDED TAX OR VALUE ADDED TAX AND SALES TAX ON LUXURY GOODS FOR THE RETURN OF TAXABLE GOODS OR CANCELLATION OF TAXABLE SERVICES THAT THE DELIVERY TAX INVOICE DOES NOT STATE THE IDENTITY OF THE BUYER OR SERVICE RECIPIENT |
30 November 2010 |