Susunan dalam Satu Naskah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1983 tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021
| (1) | Pengusaha Kena Pajak yang melakukan penyerahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) huruf a, huruf c, huruf f, huruf g, dan/atau huruf h terutang pajak di tempat tinggal atau tempat kedudukan dan/atau tempat kegiatan usaha dilakukan atau tempat lain selain tempat tinggal atau tempat kedudukan dan/atau tempat kegiatan usaha dilakukan yang diatur dengan Peraturan Direktur Jenderal Pajak. |
| (2) | Atas pemberitahuan secara tertulis dari Pengusaha Kena Pajak, Direktur Jenderal Pajak dapat menetapkan 1 (satu) tempat atau lebih sebagai tempat pajak terutang. |
| (3) | Dalam hal impor, terutangnya pajak terjadi di tempat Barang Kena Pajak dimasukkan dan dipungut melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. |
| (4) | Orang pribadi atau badan yang memanfaatkan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud dan/atau Jasa Kena Pajak dari luar Daerah Pabean di dalam Daerah Pabean sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) huruf d dan huruf e terutang pajak di tempat tinggal atau tempat kedudukan dan/atau tempat kegiatan usaha. |
|
Nomor Dokumen |
Perihal |
Tanggal Ditetapkan |
|
PER-8/PJ/2010 |
SAAT TERUTANGNYA PAJAK PENJUALAN BARANG MEWAH ATAS PENYERAHAN BARANG KENA PAJAK YANG TERGOLONG MEWAH DARI PUSAT KE CABANG ATAU SEBALIKNYA DAN PENYERAHAN BARANG KENA PAJAK YANG TERGOLONG MEWAH ANTAR CABANG |
1 April 2010 |
|
PER-4/PJ/2010 |
TEMPAT LAIN SELAIN TEMPAT TINGGAL ATAU TEMPAT KEDUDUKAN DAN/ATAU TEMPAT KEGIATAN USAHA DILAKUKAN SEBAGAI TEMPAT TERUTANG PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ATAU PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH |
1 April 2010 |
|
PER-04/PJ/2020 |
PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN ADMINISTRASI NOMOR POKOK WAJIB PAJAK, SERTIFIKAT ELEKTRONIK, DAN PENGUKUHAN PENGUSAHA KENA PAJAK |
13 March 2020 |
|
PER-11/PJ/2020 |
PENETAPAN SATU TEMPAT ATAU LEBIH SEBAGAI TEMPAT PEMUSATAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI TERUTANG |
1 July 2020 |
Composition in one manuscript of the Law of the Republic of Indonesia Number 8 of 1983 concerning the Value Added Tax of Goods and Services and Sales Tax on Luxury Goods as Last Amended by the Law of the Republic of Indonesia Number 7 of 2021
| (1) | Entrepreneur The Taxable Person who makes the delivery as referred to in Article 4 paragraph (1) letter a, letter c, letter f, letter g, and/or letter h is tax payable at the place of residence or place domicile and/or place of business activity or other places other than the place of residence or domicile and/or place of activity the business is carried out regulated by the Director General of Taxes Regulations. |
| (2) | Top written notification from the Entrepreneur Taxable, the Director General of Taxes can determine 1 (one) place or more as a place of tax payable. |
| (3) | In matters of import, tax payable occurs in where the Taxable Goods are entered and collected through the Directorate General of Customs and Excise. |
| (4) | People individuals or entities that use the Goods Intangible Taxable and/or Taxable Services from outside the Region Customs in the Customs Area as referred to in Article 4 paragraph (1) letter d and letter e is tax payable at the place of residence or place position and/or place of business activity. |
|
Document Number |
About |
Date Set |
|
PER-8/PJ/2010 |
WHEN LUXURY GOODS SALES TAX IS payable ON THE DELIVERY OF TAXABLE GOODS CATEGORIZED AS LUXURY FROM THE CENTER TO THE BRANCH OR VERSA AND DELIVERY OF TAXABLE GOODS CATEGORIZED AS LUXURY INTER-BRANCHES |
April 1, 2010 |
|
PER-4/PJ/2010 |
OTHER PLACE THAN PLACE OF RESIDENCE OR DOMICILE AND/OR PLACE OF BUSINESS ACTIVITIES IS CONDUCTED AS A PLACE OF VALUE ADDED TAX OR VALUE ADDED TAX AND SALES TAX ON LUXURY GOODS |
April 1, 2010 |
|
PER-04/PJ/2020 |
TECHNICAL GUIDELINES FOR ADMINISTRATING TAXPAYER INDIVIDUAL NUMBER, ELECTRONIC CERTIFICATE, AND ESTABLISHMENT OF TAXABLE ENTREPRENEURS |
13 March 2020 |
|
PER-11/PJ/2020 |
ESTABLISHMENT OF ONE OR MORE PLACES AS CONCENTRATION OF VALUE ADDED TAX PAYABLE |
1 July 2020 |