Susunan dalam Satu Naskah dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan
| (1) | Norma Penghitungan Penghasilan Neto untuk menentukan penghasilan neto, dibuat dan disempurnakan terus-menerus serta diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pajak. |
| (2) | Wajib Pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas yang peredaran brutonya dalam 1 (satu) tahun kurang dari Rp4.800.000.000,00 (empat miliar delapan ratus juta rupiah) boleh menghitung penghasilan neto dengan menggunakan Norma Penghitungan Penghasilan Neto sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dengan syarat memberitahukan kepada Direktur Jenderal Pajak dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan pertama dari tahun pajak yang bersangkutan. |
| (3) | Wajib Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (2) yang menghitung penghasilan netonya dengan menggunakan Norma Penghitungan Penghasilan Neto wajib menyelenggarakan pencatatan sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang yang mengatur mengenai ketentuan umum dan tata cara perpajakan. |
| (4) | Wajib Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (2) yang tidak memberitahukan kepada Direktur Jenderal Pajak untuk menghitung penghasilan neto dengan menggunakan Norma Penghitungan Penghasilan Neto, dianggap memilih menyelenggarakan pembukuan. |
| (5) | Wajib Pajak yang wajib menyelenggarakan pembukuan atau pencatatan, termasuk Wajib Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dan ayat (4), yang ternyata tidak atau tidak sepenuhnya menyelenggarakan pencatatan atau pembukuan atau tidak memperlihatkan pencatatan atau bukti-bukti pendukungnya maka penghasilan netonya dihitung berdasarkan Norma Penghitungan Penghasilan Neto dan peredaran brutonya dihitung dengan cara lain yang diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan. |
| (6) | Dihapus. |
| (7) | Besarnya peredaran bruto sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan. |
| i) | : UU Nomor 7 Tahun 1991 |
| ii) | : UU Nomor 10 Tahun 1994 |
| iii) | : UU Nomor 17 Tahun 2000 |
| iv) | : UU Nomor 36 Tahun 2008 |
| v) | : UU Nomor 11 Tahun 2020 |
| vi) | : UU Nomor 7 Tahun 2021 |
| vii) | : Perpu Nomor 2 Tahun 2022 |
|
Nomor Dokumen |
Perihal |
Tanggal Ditetapkan |
|
SE-100/PJ/2009 |
PENGGUNAAN NORMA PENGHITUNGAN PENGHASILAN NETO BAGI PETUGAS DINAS LUAR ASURANSI DAN DISTRIBUTOR PERUSAHAAN MULTILEVEL MARKETING ATAU DIRECT SELLING |
12 Oktober 2009 |
|
PER-12/PJ/2022 |
KLASIFIKASI LAPANGAN USAHA WAJIB PAJAK |
09 September 2022 |
|
PER-17/PJ/2015 |
NORMA PENGHITUNGAN PENGHASILAN NETO |
1 Januari 2016 |
|
PER-4/PJ/2009 |
PETUNJUK PELAKSANAAN PENCATATAN BAGI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI |
1 Januari 2009 |
|
54/PMK.03/2021 |
TATA CARA MELAKUKAN PENCATATAN DAN KRITERIA TERTENTU SERTA TATA CARA MENYELENGGARAKAN PEMBUKUAN UNTUK TUJUAN PERPAJAKAN |
2 Juni 2021 |
Arrangement in One Text of the Law of the Republic of Indonesia Number 7 of 1983 concerning Income Tax as lastly amended by the Law of the Republic of Indonesia Number 11 of 2020 concerning Job Creation
| (1) | Norma Net Income Calculation for determines net income, is created and refined continuously and issued by the Director General of Taxes. |
| (2) | Required Taxes of individuals who carry out activities business or independent work whose gross turnover is within 1 (one) year less than IDR 4,800,000,000.00 (four billion eight hundred million rupiah) may calculate net income using the Calculation Norms Net Income as referred to in paragraph (1), with conditions notify the Director General of Taxes within a period of 3 the first (three) months of the relevant tax year. |
| (3) | Required Tax as referred to in paragraph (2) who calculates his net income using the Norm Calculation of Net Income must keep records as referred to in the Law governing regarding general provisions and tax procedures. |
| (4) | Required Tax as referred to in paragraph (2) who did not notify the Director General of Taxes for calculating net income using the Norms of Calculation Net Income, considered choosing to keep bookkeeping. |
| (5) | Required Taxes that are required to maintain bookkeeping or recording, including the Taxpayer as referred to in paragraph (3) and paragraph (4), which were not or not completely keeping records or bookkeeping or not showing records or supporting evidence, the net income calculated based on the Norms of Calculation of Net Income and circulation the gross is calculated in another way regulated by or based on Minister of Finance Regulation. |
| (6) | Removed. |
| (7) | Size gross turnover as referred to in paragraph (2) can be changed by Regulation of the Minister of Finance. |
| i) | : Law Number 7 of 1991 |
| ii) | : Law Number 10 of 1994 |
| iii) | : Law Number 17 of 2000 |
| iv) | : Law Number 36 of 2008 |
| v) | : Law Number 11 of 2020 |
| vi) | : Law Number 7 of 2021 |
| vii) | : Perpu Number 2 of 2022 |
|
Document Number |
About |
Date Set |
|
SE-100/PJ/2009 |
USE OF NORMS FOR CALCULATION OF NET INCOME FOR SERVICE OFFICIALS OUTSTANDING INSURANCE AND COMPANY DISTRIBUTORS MULTILEVEL MARKETING OR DIRECT SELLING |
12 October 2009 |
|
PER-12/PJ/2022 |
CLASSIFICATION OF BUSINESS FIELDS OF TAXPAYERS |
September 09, 2022 |
|
PER-17/PJ/2015 |
NORM OF CALCULATION OF NET INCOME |
January 1, 2016 |
|
PER-4/PJ/2009 |
INSTRUCTIONS FOR THE REGISTRATION OF INDIVIDUAL TAXPAYERS |
January 1, 2009 |
|
54/PMK.03/2021 |
PROCEDURES FOR DOING THE RECORDING AND CERTAIN CRITERIA AND PROCEDURES FOR CONDUCTING BOOKKEEPING FOR TAX PURPOSE |
June 2, 2021 |