|
DETAILS

Konsolidasi Undang-Undang Pajak Penghasilan


Susunan dalam Satu Naskah dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan


BAB V PELUNASAN PAJAK DALAM TAHUN BERJALAN

Pasal 23 (UU No. 36 Tahun 2008)


(1) Atas penghasilan tersebut di bawah ini dengan nama dan dalam bentuk apa pun yang dibayarkan, disediakan untuk dibayarkan, atau telah jatuh tempo pembayarannya oleh badan pemerintah, subjek pajak badan dalam negeri, penyelenggara kegiatan, bentuk usaha tetap, atau perwakilan perusahaan luar negeri lainnya kepada Wajib Pajak dalam negeri atau bentuk usaha tetap, dipotong pajak oleh pihak yang wajib membayarkan :
a. sebesar 15% (lima belas persen) dari jumlah bruto atas :
1. dividen sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) huruf g;
2. bunga sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) huruf f;
3. royalti; dan
4. hadiah, penghargaan, bonus, dan sejenisnya selain yang telah dipotong Pajak Penghasilan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 ayat (1) huruf e;
b. dihapus;
c. sebesar 2% (dua persen) dari jumlah bruto atas :
1. sewa dan penghasilan lain sehubungan dengan penggunaan harta, kecuali sewa dan penghasilan lain sehubungan dengan penggunaan harta yang telah dikenai Pajak Penghasilan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (2); dan
2. imbalan sehubungan dengan jasa teknik, jasa manajemen, jasa konstruksi, jasa konsultan, dan jasa lain selain jasa yang telah dipotong Pajak Penghasilan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21.
(1a) Dalam hal Wajib Pajak yang menerima atau memperoleh penghasilan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak, besarnya tarif pemotongan adalah lebih tinggi 100% (seratus persen) daripada tarif sebagaimana dimaksud pada ayat (1).
(2) Ketentuan lebih lanjut mengenai jenis jasa lain sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c angka 2 diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan.
(3) Orang pribadi sebagai Wajib Pajak dalam negeri dapat ditunjuk oleh Direktur Jenderal Pajak untuk memotong pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1).
(4) Pemotongan pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak dilakukan atas :
a. penghasilan yang dibayar atau terutang kepada bank;
b. sewa yang dibayarkan atau terutang sehubungan dengan sewa guna usaha dengan hak opsi;
c. dividen sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (3) huruf f dan dividen yang diterima oleh orang pribadi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17 ayat (2c);
d. dihapus;
e. bagian laba sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (3) huruf i;
f. sisa hasil usaha koperasi yang dibayarkan oleh koperasi kepada anggotanya;
g. dihapus; dan
h. penghasilan yang dibayar atau terutang kepada badan usaha atas jasa keuangan yang berfungsi sebagai penyalur pinjaman dan/atau pembiayaan yang diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan.

BAB V PELUNASAN PAJAK DALAM TAHUN BERJALAN

Pasal 23 (UU No. 36 Tahun 2008)


PPh
Penjelasan Pasal 23

Ayat (1)

Cukup jelas.

Ayat (1a)

Kepemilikan Nomor Pokok Wajib Pajak dapat dibuktikan oleh Wajib Pajak, antara lain, dengan cara menunjukkan kartu Nomor Pokok Wajib Pajak.

Ayat (2)

Cukup jelas.

Ayat (3)

Cukup jelas.

Ayat (4)

Cukup jelas.

BAB V PELUNASAN PAJAK DALAM TAHUN BERJALAN

Pasal 23 (UU No. 36 Tahun 2008)


Nomor Dokumen

Perihal

Tanggal Ditetapkan

SE-53/PJ/2009

JUMLAH BRUTO SEBAGAIMANA DIMAKSUD DALAM PASAL 23 AYAT (1) HURUF C ANGKA 2 UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN SEBAGAIMANA TELAH BEBERAPA KALI DIUBAH TERAKHIR DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2008

25 Mei 2009

SE-35/PJ/2010

PENGERTIAN SEWA DAN PENGHASILAN LAIN SEHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN HARTA, JASA TEKNIK, JASA MANAJEMEN, DAN JASA KONSULTAN SEBAGAIMANA DIMAKSUD DALAM PASAL 23 AYAT (1) HURUF C UNDANG-UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2008 TENTANG PERUBAHAN KEEMPAT ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN

9 Maret 2010

SE-58/PJ/2009

PENYAMPAIAN PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK NOMOR PER-33/PJ/2009 TENTANG PERLAKUAN PAJAK PENGHASILAN ATAS PENGHASILAN BERUPA ROYALTI DARI HASIL KARYA SINEMATOGRAFI

04 Juni 2009

SE-06/PJ/2015

PEMOTONGAN DAN/ATAU PEMUNGUTAN PAJAK PENGHASILAN ATAS TRANSAKSI E-COMMERCE

5 Februari 2015

141/PMK.03/2015

JENIS JASA LAIN SEBAGAIMANA DIMAKSUD DALAM PASAL 23 AYAT (1) HURUF C ANGKA 2 UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN SEBAGAIMANA TELAH BEBERAPA KALI DIUBAH TERAKHIR DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2008

26 August 2015

SE-57/PJ/2015

PENEGASAN PERLAKUAN PEMOTONGAN DAN/ATAU PEMUNGUTAN PAJAK PENGHASILAN BERDASARKAN PERATURAN MENTERI KEUANGAN NOMOR 39/PMK.011/2013 TENTANG KEWAJIBAN PEMOTONGAN DAN/ATAU PEMUNGUTAN PAJAK PENGHASILAN YANG TERUTANG KEPADA PIHAK LAIN OLEH PERUSAHAAN YANG TERIKAT DENGAN KONTRAK BAGI HASIL, KONTRAK KARYA, ATAU PERJANJIAN KERJASAMA PENGUSAHAAN PERTAMBANGAN

24 Juli 2015

1169/KMK.01/1991

KEGIATAN SEWA GUNA USAHA (LEASING)

27 November 1991

PER-04/PJ/2017

BENTUK, ISI, TATA CARA PENGISIAN DAN PENYAMPAIAN SURAT PEMBERITAHUAN MASA PAJAK PENGHASILAN PASAL 23 DAN/ATAU PASAL 26 SERTA BENTUK BUKTI PEMOTONGAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 23 DAN/ATAU PASAL 26

31 Maret 2017

PER-33/PJ/2009

PERLAKUAN PAJAK PENGHASILAN ATAS PENGHASILAN BERUPA ROYALTI DARI HASIL KARYA SINEMATOGRAFI

04 Juni 2009

45 TAHUN 2019

PERUBAHAN ATAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 94 TAHUN 2010 TENTANG PENGHITUNGAN PENGHASILAN KENA PAJAK DAN PELUNASAN PAJAK PENGHASILAN DALAM TAHUN BERJALAN

26 Juni 20l9

9 TAHUN 2021

PERLAKUAN PERPAJAKAN UNTUK MENDUKUNG KEMUDAHAN BERUSAHA

2 Februari 2021

39/PMK.011/2013

KEWAJIBAN PEMOTONGAN DAN/ATAU PEMUNGUTAN PAJAK PENGHASILAN YANG TERUTANG KEPADA PIHAK LAIN OLEH PERUSAHAAN YANG TERIKAT DENGAN KONTRAK BAGI HASIL, KONTRAK KARYA, ATAU PERJANJIAN KERJA SAMA PENGUSAHAAN PERTAMBANGAN

28 April 2013

251/PMK.03/2008

PENGHASILAN ATAS JASA KEUANGAN YANG DILAKUKAN OLEH BADAN USAHA YANG BERFUNGSI SEBAGAI PENYALUR PINJAMAN DAN/ATAU PEMBIAYAAN YANG TIDAK DILAKUKAN PEMOTONGAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 23

1 Januari 2009

PER-15/PJ/2014

PENGGUNAAN STEMPEL TANDA TANGAN PADA BUKTI PEMOTONGAN PAJAK PENGHASILAN ATAS PEMBAYARAN DIVIDEN KEPADA PARA PEMEGANG SAHAM

16 Mei 2014

19 TAHUN 2009

PAJAK PENGHASILAN ATAS DIVIDEN YANG DITERIMA ATAU DIPEROLEH WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM NEGERI

1 Januari 2009.

PP 94 TAHUN 2010

PENGHITUNGAN PENGHASILAN KENA PAJAK DAN PELUNASAN PAJAK PENGHASILAN DALAM TAHUN BERJALAN

30 Desember 2010

 

DETAILS

Consolidation of Income Tax Act


Arrangement in One Text of the Law of the Republic of Indonesia Number 7 of 1983 concerning Income Tax as lastly amended by the Law of the Republic of Indonesia Number 11 of 2020 concerning Job Creation


CHAPTER V PAYMENT OF TAXES IN THE CURRENT YEAR

Article 23 (Law No. 36 of 2008)


(1) Top income is below with name and in whatever form paid, provided for paid, or have been due for payment by a government agency, subject of domestic corporate tax, organizer of activities, form of business permanent residence, or other foreign company representatives to the Compulsory Domestic tax or permanent establishment, tax deducted by the parties who must pay:
a. as big as 15% (fifteen percent) of the gross amount of:
1. dividend as referred to in Article 4 paragraph (1) letter g;
2. flower as referred to in Article 4 paragraph (1) letter f;
3. royalties; and
4. prize, awards, bonuses, and the like in addition to what has been deducted Income Tax as referred to in Article 21 paragraph (1) letter e;
b. removed;
c. as big as 2% (two percent) of the gross amount of:
1. rent and other income in connection with the use of assets, except for rent and other income in connection with the use of assets that have been subject to Income Tax as referred to in Article 4 paragraph (2); and
2. balance in connection with technical services, management services, services construction, consulting services, and other services besides the services already provided deducted Income Tax as referred to in Article 21.
(1a) In in terms of Taxpayers receiving or earn income as referred to in paragraph (1) no has a Taxpayer Identification Number, the amount of the withholding rate is 100% (one hundred percent) higher than the rate referred to in paragraph (1).
(2) Conditions more about other types of services as referred to in paragraph (1) letter c number 2 is regulated by or based on Minister of Finance Regulation.
(3) People individuals as domestic taxpayers can be appointed by the Director General of Taxes to cut taxes as referred to in paragraph (1).
(4) Truncation tax as referred to in paragraph (1) is not carried out on:
a. income paid or owed to the bank;
b. rent paid or payable in connection with leases with option rights;
c. dividend as referred to in Article 4 paragraph (3) letter f and dividends received by individual as referred to in Article 17 paragraph (2c);
d. removed;
e. section profit as referred to in Article 4 paragraph (3) letter i;
f. rest results of cooperative operations paid by the cooperative to its members;
g. removed; and
h. income paid or owed to a business entity for functioning financial services as a distributor of loans and/or financing regulated by Regulation of the Minister of Finance.

CHAPTER V PAYMENT OF TAXES IN THE CURRENT YEAR

Article 23 (Law No. 36 of 2008)


PPh
Explanation Article 23

Paragraph (1)

Quite clear.

Paragraph (1a)

Ownership of Taxpayer Identification Number can be proven by the Taxpayer, among other things, by showing the Taxpayer Identification Number card.

Paragraph (2)

Quite clear.

Paragraph (3)

Self-explanatory.

Paragraph (4)

Self-explanatory.

Document Number

About

Date Set

SE-53/PJ/2009

GROSS AMOUNT AS SPECIALIZED IN ARTICLE 23 Paragraph (1) LETTER C NUMBERS 2 OF LAW NUMBER 7 OF 1983 CONCERNING INCOME TAX AS AMENDED SEVERAL TIMES THE LAST BY LAW NUMBER 36 OF 2008

May 25, 2009

SE-35/PJ/2010

THE DEFINITION OF RENTAL AND OTHER INCOME RELATED TO THE USE OF PROPERTY, TECHNICAL SERVICES, MANAGEMENT SERVICES, AND CONSULTING SERVICES AS REFERRED TO IN ARTICLE 23, PART (1) POINT C OF LAW NUMBER 36 OF 2008 REGARDING THE FOURTH AMENDMENT TO LAW NUMBER 7 OF 2008 1983 CONCERNING INCOME TAX

9 March 2010

SE-58/PJ/2009

SUBMISSION OF REGULATION OF THE DIRECTOR GENERAL OF TAXES NUMBER PER-33/PJ/2009 CONCERNING TREATMENT OF INCOME TAX ON INCOME IN THE FORM OF ROYALTY FROM CINEMATOGRAPHY PROJECTS

June 04, 2009

SE-06/PJ/2015

WITHHOLDING AND/OR COLLECTION OF INCOME TAX ON E-COMMERCE TRANSACTIONS

February 5, 2015

141/PMK.03/2015

OTHER TYPES OF SERVICES AS REFERRED TO IN ARTICLE 23 PARAGRAPH (1) LETTERS C NUMBERS 2 LAW NUMBER 7 OF 1983 CONCERNING INCOME TAX AS AMENDED SEVERAL TIMES THE LAST BY LAW NUMBER 36 OF 2008

26 August 2015

SE-57/PJ/2015

AFFIRMATION OF THE TREATMENT OF WITHHOLDING AND/OR COLLECTION OF INCOME TAX BASED ON REGULATION OF THE MINISTER OF FINANCE NUMBER 39/PMK.011/2013 REGARDING THE OBLIGATION OF WITHHOLDING AND/OR COLLECTION OF INCOME TAX PAYABLE TO OTHER PARTIES BY COMPANIES THAT ARE BOUND WITH PRODUCTION-SHARING CONTRACTS, OR MINING COOPERATION AGREEMENT

July 24, 2015

1169/KMK.01/1991

LEASING ACTIVITIES (LEASING)

November 27, 1991

PER-04/PJ/2017

FORM, CONTENT, PROCEDURES FOR FILLING AND SUBMISSION OF PERIOD INCOME TAX RETURN ARTICLE 23 AND/OR ARTICLE 26 AND FORM OF WITHDRAWAL OF INCOME TAX ARTICLE 23 AND/OR ARTICLE 26

31 March 2017

PER-33/PJ/2009

INCOME TAX TREATMENT ON INCOME IN THE FORM OF ROYALTIES FROM CINEMATOGRAPHY PROJECTS

June 04, 2009

2019

AMENDMENT TO GOVERNMENT REGULATION NUMBER 94 OF 2010 CONCERNING CALCULATION OF TAXABLE INCOME AND SETTLEMENT OF INCOME TAX IN THE CURRENT YEAR

June 26, 2019

9 YEAR 2021

TAX TREATMENT TO SUPPORT EASE OF BUSINESS

2 February 2021

39/PMK.011/2013

OBLIGATIONS FOR WITHHOLDING AND/OR COLLECTION OF INCOME TAX PAYABLE TO OTHER PARTIES BY COMPANIES THAT ARE BOUND BY PRODUCT SHARING CONTRACTS, WORKS CONTRACTS, OR COOPERATION AGREEMENTS IN THE MINING ENTERPRISE

April 28, 2013

251/PMK.03/2008

INCOME ON FINANCIAL SERVICES CONDUCTED BY BUSINESS ENTITIES THAT FUNCTION AS LOAN DISTRIBUTORS AND/OR FINANCING THAT ARE NOT WITHDRAWAL OF INCOME TAX ARTICLE 23

January 1, 2009

PER-15/PJ/2014

USE OF SIGNATURE STAMP ON PROOF OF WITHHOLDING INCOME TAX FOR DIVIDEND PAYMENTS TO SHAREHOLDERS

May 16, 2014

19 YEAR 2009

INCOME TAX ON DIVIDEND RECEIVED OR OBTAINED DOMESTIC INDIVIDUAL TAXPAYER

January 1, 2009.

PP 94 OF 2010

CALCULATING INCOME TAXABLE INCOME AND SETTLEMENT OF INCOME TAX IN THE CURRENT YEAR

December 30, 2010