Susunan dalam Satu Naskah dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan
| (1) | Pajak yang diperkirakan akan terutang dalam suatu tahun pajak, dilunasi oleh Wajib Pajak dalam tahun pajak berjalan melalui pemotongan dan pemungutan pajak oleh pihak lain, serta pembayaran pajak oleh Wajib Pajak sendiri. |
| (2) | Pelunasan pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan untuk setiap bulan atau masa lain yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan. |
| (3) | Pelunasan pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan angsuran pajak yang boleh dikreditkan terhadap Pajak Penghasilan yang terutang untuk tahun pajak yang bersangkutan, kecuali untuk penghasilan yang pengenaan pajaknya bersifat final. |
| a. | pemotongan pajak oleh pihak lain dalam hal diperoleh penghasilan oleh Wajib Pajak dari pekerjaan, jasa atau kegiatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21, pemungutan pajak atas penghasilan dari usaha sebagaimana dimaksud dalam Pasal 22, dan pemotongan pajak atas penghasilan dari modal, jasa dan kegiatan tertentu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23. |
| b. | pembayaran oleh Wajib Pajak sendiri sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25. |
|
Nomor Dokumen |
Perihal |
Tanggal Ditetapkan |
|
12/PMK.03/2017 |
BUKTI PEMOTONGAN DAN/ATAU PEMUNGUTAN PAJAK PENGHASILAN |
7 Februari 2017 |
|
45 TAHUN 2019 |
PERUBAHAN ATAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 94 TAHUN 2010 TENTANG PENGHITUNGAN PENGHASILAN KENA PAJAK DAN PELUNASAN PAJAK PENGHASILAN DALAM TAHUN BERJALAN |
26 Juni 20l9 |
|
9 TAHUN 2021 |
PERLAKUAN PERPAJAKAN UNTUK MENDUKUNG KEMUDAHAN BERUSAHA |
2 Februari 2021 |
|
94 TAHUN 2010 |
PENGHITUNGAN PENGHASILAN KENA PAJAK DAN PELUNASAN PAJAK PENGHASILAN DALAM TAHUN BERJALAN |
30 Desember 2010 |
Arrangement in One Text of the Law of the Republic of Indonesia Number 7 of 1983 concerning Income Tax as lastly amended by the Law of the Republic of Indonesia Number 11 of 2020 concerning Job Creation
| (1) | Tax that are expected to be payable in a tax year, paid by the taxpayer in the current tax year through withholding and collection of taxes by other parties, as well as tax payment by the taxpayer himself. |
| (2) | Repayment tax as referred to in paragraph (1) carried out for every month or other period determined by Minister of Finance. |
| (3) | Repayment tax as referred to in paragraph (1) is a tax installment that may be credited against tax Income payable for the tax year concerned, except for income whose tax imposition is final. |
| a. | withholding tax by other party in terms of income earned by taxpayers from work, services or activities as referred to in Article 21, collection of taxes on income from business as referred to in Article 22, and withholding tax on income from capital, services and activities as referred to in Article 23. |
| b. | payment by taxpayer itself as referred to in Article 25. |
|
Document Number |
About |
Date Set |
|
12/PMK.03/2017 |
EVIDENCE OF WITHHOLDING AND/OR COLLECTION OF INCOME TAX |
7 February 2017 |
|
45 YEAR 2019 |
AMENDMENT TO GOVERNMENT REGULATION NUMBER 94 OF 2010 CONCERNING CALCULATION OF TAXABLE INCOME AND SETTLEMENT OF INCOME TAX IN THE CURRENT YEAR |
June 26, 2019 |
|
9 YEAR 2021 |
TAX TREATMENT TO SUPPORT EASE OF BUSINESS |
2 February 2021 |
|
94 YEAR 2010 |
CALCULATING INCOME TAXABLE INCOME AND SETTLEMENT OF INCOME TAX IN THE CURRENT YEAR |
December 30, 2010 |