Susunan dalam Satu Naskah dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan
| (1) | Tarif
pajak yang diterapkan atas Penghasilan Kena Pajak bagi:
|
||||||||||||||||
| (2) | Tarif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a dapat diubah dengan Peraturan Pemerintah setelah disampaikan oleh pemerintah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia untuk dibahas dan disepakati dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. | ||||||||||||||||
| (2a) | Dihapus. | ||||||||||||||||
| (2b) | Wajib
Pajak badan dalam negeri:
|
||||||||||||||||
| (2c) | Tarif yang dikenakan atas penghasilan berupa dividen yang dibagikan kepada Wajib Pajak orang pribadi dalam negeri adalah paling tinggi sebesar 10% (sepuluh persen) dan bersifat final. | ||||||||||||||||
| (2d) | Ketentuan lebih lanjut mengenai besarnya tarif sebagaimana dimaksud pada ayat (2c) diatur dengan Peraturan Pemerintah. | ||||||||||||||||
| (2e) | Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan tertentu sebagaimana dimaksud pada ayat (2b) huruf c diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah. | ||||||||||||||||
| (3) | Besarnya lapisan Penghasilan Kena Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a dapat diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan. | ||||||||||||||||
| (4) | Untuk keperluan penerapan tarif pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1), jumlah Penghasilan Kena Pajak dibulatkan ke bawah dalam ribuan rupiah penuh. | ||||||||||||||||
| (5) | Besarnya pajak yang terutang bagi Wajib Pajak orang pribadi dalam negeri yang terutang pajak dalam bagian tahun pajak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 ayat (4), dihitung sebanyak jumlah hari dalam bagian tahun pajak tersebut dibagi 360 (tiga ratus enam puluh) dikalikan dengan pajak yang terutang untuk 1 (satu) tahun pajak. | ||||||||||||||||
| (6) | Untuk keperluan penghitungan pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (5), tiap bulan yang penuh dihitung 30 (tiga puluh) hari. | ||||||||||||||||
| (7) | Dengan Peraturan Pemerintah dapat ditetapkan tarif pajak tersendiri atas penghasilan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (2), sepanjang tidak melebihi tarif pajak tertinggi sebagaimana tersebut pada ayat (1). |
| 5% x Rp 60.000.000,00 | = |
Rp |
3.000.000,00 |
| 15% x Rp 190.000.000,00 | = |
Rp | 28.500.000,00 |
| 25% x Rp 250.000.000,00 | = |
Rp | 62.500.000,00 |
| 30% x Rp 4.500.000.000,00 | = |
Rp | 1.350.000.000,00 |
| 35% x Rp 1.000.000.000,00 | = |
Rp |
350.000.000,00 (+) |
| = |
Rp | 1.794.000.000,00 |
| 5% x Rp 60.000.000,00 | = |
Rp 3.0.000.000.00 |
| 15% x
Rp 190.000.000,00 |
= |
Rp 28.500.000.000 |
| 25% x Rp 250.000.000,00 | = |
Rp 62.500.000.000 |
| 30%x
Rp 84.160.000,00 |
= |
Rp 25.248.000,00 (+) |
| = |
Rp 119.248.000.000 |
|
Nomor Dokumen |
Perihal |
Tanggal Ditetapkan |
|
SE-02/PJ/2015 |
PENEGASAN ATAS PELAKSANAAN PASAL 31E AYAT (1) UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN SEBAGAIMANA TELAH BEBERAPA KALI DIUBAH TERAKHIR DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2008 |
09 Januari 2015 |
|
55 TAHUN 2022 |
PENYESUAIAN PENGATURAN DI BIDANG PAJAK PENGHASILAN |
20 Desember 2022 |
|
9 TAHUN 2021 |
PERLAKUAN PERPAJAKAN UNTUK MENDUKUNG KEMUDAHAN BERUSAHA |
2 Februari 2021 |
|
111/PMK.03/2010 |
TATA CARA PEMOTONGAN, PENYETORAN, DAN PELAPORAN PAJAK PENGHASILAN ATAS DIVIDEN YANG DITERIMA ATAU DIPEROLEH WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM NEGERI |
14 Juni 2010 |
|
PER-15/PJ/2014 |
PENGGUNAAN STEMPEL TANDA TANGAN PADA BUKTI PEMOTONGAN PAJAK PENGHASILAN ATAS PEMBAYARAN DIVIDEN KEPADA PARA PEMEGANG SAHAM |
16 Mei 2014 |
|
19 TAHUN 2009 |
PAJAK PENGHASILAN ATAS DIVIDEN YANG DITERIMA ATAU DIPEROLEH WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM NEGERI |
1 Januari 2009. |
Arrangement in One Text of the Law of the Republic of Indonesia Number 7 of 1983 concerning Income Tax as lastly amended by the Law of the Republic of Indonesia Number 11 of 2020 concerning Job Creation
| (1) | Tariff
tax applied on Taxable Income for:
|
||||||||||||||||
| (2) | Tariff as referred to in paragraph (1) letter a can be changed by Government Regulation after submitted by government to the House of Representatives of the Republic of Indonesia for discussed and agreed upon in the preparation of the Draft Revenue Budget and State Expenditures. | ||||||||||||||||
| (2a) | Removed. | ||||||||||||||||
| (2b) | Required
Domestic corporate tax:
|
||||||||||||||||
| (2c) | Tariff imposed on income in the form of dividends distributed to domestic individual taxpayers is the most 10% (ten percent) and is final. | ||||||||||||||||
| (2d) | Conditions further information regarding the amount of the tariff as referred to in paragraph (2c) regulated by Government Regulation. | ||||||||||||||||
| (2e) | Conditions more about specific requirements as referred to in paragraph (2b) letter c is regulated by or based on Government regulations. | ||||||||||||||||
| (3) | Size layer of Taxable Income as referred to in paragraph (1) letter a can be changed by Regulation of the Minister of Finance. | ||||||||||||||||
| (4) | For the need for the application of tax rates as referred to referred to in paragraph (1), the amount of Taxable Income is rounded up to down in full thousands of rupiah. | ||||||||||||||||
| (5) | Size taxes owed to taxpayers domestic individuals who are tax payable in part of the tax year as referred to in Article 16 paragraph (4), calculated as much as the amount days in that part of the tax year divided by 360 (three hundred and six twenty) multiplied by the tax payable for 1 (one) tax year. | ||||||||||||||||
| (6) | For tax calculation purposes as referred to in paragraph (5), every full month is counted 30 (thirty) day. | ||||||||||||||||
| (7) | With Government regulations can stipulates a separate tax rate on the income referred to in Article 4 paragraph (2), as long as it does not exceed the highest tax rate as referred to in paragraph (1). |
| 5% x IDR 60,000,000.00 | = |
Rp |
3,000,000.00 |
| 15% x IDR 190,000,000.00 | = |
Rp | 28,500,000.00 |
| 25% x IDR 250,000,000.00 | = |
Rp | 62,500,000.00 |
| 30% x IDR 4,500,000,000.00 | = |
Rp | 1,350,000,000.00 |
| 35% x IDR 1,000,000,000.00 | = |
Rp |
350,000,000.00 (+) |
| = |
Rp | 1,794,000,000.00 |
| 5% x IDR 60,000,000.00 | = |
Rp 3.0.000.000.00 |
| 15% x
IDR 190,000,000.00 |
= |
Rp 28,500,000,000 |
| 25% x IDR 250,000,000.00 | = |
Rp 62,500,000,000 |
| 30%x
IDR 84,160,000.00 |
= |
Rp 25,248,000.00 (+) |
| = |
Rp 119,248,000,000 |
|
Document Number |
About |
Date Set |
|
SE-02/PJ/2015 |
AFFIRMATION OF IMPLEMENTATION OF ARTICLE 31E paragraph (1) OF LAW NUMBER 7 OF 1983 CONCERNING INCOME TAX AS AMENDED SEVERAL TIMES THE LAST BY LAW NUMBER 36 OF 2008 |
09 January 2015 |
|
55 YEAR 2022 |
ADJUSTMENT OF REGULATIONS IN THE FIELD OF INCOME TAX |
December 20, 2022 |
|
9 YEAR 2021 |
TAX TREATMENT TO SUPPORT EASE OF BUSINESS |
2 February 2021 |
|
111/PMK.03/2010 |
PROCEDURES FOR WITHHOLDING, DEPOSIT, AND REPORTING OF INCOME TAX ON DIVIDEND RECEIVED OR OBTAINED DOMESTIC INDIVIDUAL TAXPAYER |
June 14, 2010 |
|
PER-15/PJ/2014 |
USE OF SIGNATURE STAMP ON PROOF OF WITHHOLDING INCOME TAX FOR DIVIDEND PAYMENTS TO SHAREHOLDERS |
May 16, 2014 |
|
19 YEAR 2009 |
INCOME TAX ON DIVIDEND RECEIVED OR OBTAINED DOMESTIC INDIVIDUAL TAXPAYER |
January 1, 2009. |