|
DETAILS

Konsolidasi Undang-Undang Pajak Penghasilan


Susunan dalam Satu Naskah dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan


BAB VII KETENTUAN LAIN-LAIN

Pasal 31E (UU No. 36 Tahun 2008)


(1) Wajib Pajak badan dalam negeri dengan peredaran bruto sampai dengan Rp50.000.000.000,00 (lima puluh miliar rupiah) mendapat fasilitas berupa pengurangan tarif sebesar 50% (lima puluh persen) dari tarif sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17 ayat (1) huruf b dan ayat (2a) yang dikenakan atas Penghasilan Kena Pajak dari bagian peredaran bruto sampai dengan Rp4.800.000.000,00 (empat miliar delapan ratus juta rupiah).
(2) Besarnya bagian peredaran bruto sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dinaikkan dengan Peraturan Menteri Keuangan.

BAB VII KETENTUAN LAIN-LAIN

Pasal 31E (UU No. 36 Tahun 2008)


Penjelasan Pasal 31E

Ayat (1)

Contoh 1:

Peredaran bruto PT Y dalam tahun pajak 2009 sebesar Rp4.500.000.000,00 (empat miliar lima ratus juta rupiah) dengan Penghasilan Kena Pajak sebesar Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
Penghitungan pajak yang terutang:

Seluruh Penghasilan Kena Pajak yang diperoleh dari peredaran bruto tersebut dikenai tarif sebesar 50% (lima puluh persen) dari tarif Pajak Penghasilan badan yang berlaku karena jumlah peredaran bruto PT Y tidak melebihi Rp4.800.000.000,00 (empat miliar delapan ratus juta rupiah).

Pajak Penghasilan yang terutang:
(50% x 28%) x Rp500.000.000,00 = Rp70.000.000,00

Contoh 2:

Peredaran bruto PT X dalam tahun pajak 2009 sebesar Rp30.000.000.000,00 (tiga puluh miliar rupiah) dengan Penghasilan Kena Pajak sebesar Rp3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah).
Penghitungan Pajak Penghasilan yang terutang :
1. Jumlah Penghasilan Kena Pajak dari bagian peredaran bruto yang memperoleh fasilitas :
(Rp4.800.000.000,00 : Rp30.000.000.000,00) x Rp3.000.000.000,00 = Rp480.000.000,00
2. Jumlah Penghasilan Kena Pajak dari bagian peredaran bruto yang tidak memperoleh fasilitas:
Rp3.000.000.000,00 – Rp480.000.000,00 = Rp2.520.000.000,00

Pajak Penghasilan yang terutang:
- (50% x 28%) x Rp480.000.000,00 = Rp  67.200.000,00
- 28% x Rp2.520.000.000,00  = Rp705.600.000,00 (+)
Jumlah Pajak Penghasilan yang terutang    Rp772.800.000,00

Ayat (2)

Cukup jelas.

BAB VII KETENTUAN LAIN-LAIN

Pasal 31E (UU No. 36 Tahun 2008)


Nomor Dokumen

Perihal

Tanggal Ditetapkan

SE-02/PJ/2015

PENEGASAN ATAS PELAKSANAAN PASAL 31E AYAT (1) UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN SEBAGAIMANA TELAH BEBERAPA KALI DIUBAH TERAKHIR DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2008

09 Januari 2015

 

DETAILS

Consolidation of Income Tax Act


Arrangement in One Text of the Law of the Republic of Indonesia Number 7 of 1983 concerning Income Tax as lastly amended by the Law of the Republic of Indonesia Number 11 of 2020 concerning Job Creation


CHAPTER VII MISCELLANEOUS PROVISIONS

Article 31E (Law No. 36 of 2008)


(1) Required Domestic corporate tax with circulation gross up to IDR 50,000,000,000.00 (fifty billion rupiah) receive facilities in the form of a tariff reduction of 50% (fifty percent) of the tariff as referred to in Article 17 paragraph (1) letter b and paragraph (2a) which is imposed on the Taxable Income from the portion gross circulation of up to IDR 4,800,000,000.00 (four billion eight hundred million rupiah).
(2) Size the share of gross circulation as referred to in paragraph (1) can be raised by Ministerial Regulation Finance.

CHAPTER VII MISCELLANEOUS PROVISIONS

Article 31E (Law No. 36 of 2008)


Explanation Article 31E

Paragraph (1)

Example 1:

PT Y's gross circulation in the 2009 tax year amounted to IDR 4,500,000,000.00 (four billion five hundred million rupiah) with Taxable Income 500,000,000.00 (five hundred million rupiah).
Calculation of tax payable:

All Taxable Income obtained from gross circulation is subject to a rate of 50% (fifty percent) of the tax rate The income of the entity that applies because of the total gross turnover of PT Y is not exceeding IDR 4,800,000,000.00 (four billion eight hundred million rupiah).

Income tax payable:
(50% x 28%) x IDR 500,000,000.00 = IDR 70,000,000.00
Example 2:

PT X's gross circulation in the 2009 tax year amounted to IDR 30,000,000,000.00 (thirty billion rupiah) with Taxable Income of Rp. 3,000,000,000.00 (three billion rupiah).
Calculation of income tax payable:
1. Amount Taxable Income from the share of gross circulation that obtains facilities :
(Rp.4,800,000,000.00 : Rp.30,000,000,000.00) x Rp.3,000,000,000.00 = Rp480,000,000.00
2. Amount Taxable income from the portion of gross circulation that is not obtain facilities:
IDR 3,000,000,000.00 – IDR 480,000,000.00 = IDR 2,520,000,000.00


Income tax payable:
- (50% x 28%) x Rp480,000,000.00 = Rp  67,200,000.00
- 28% x IDR 2,520,000,000.00  = Rp 705,600,000.00 (+)
Amount of Income Tax to be owed    Rp 772,800,000.00

Paragraph (2)

Self-explanatory.

Document Number

About

Date Set

SE-02/PJ/2015

AFFIRMATION OF IMPLEMENTATION OF ARTICLE 31E paragraph (1) OF LAW NUMBER 7 OF 1983 CONCERNING INCOME TAX AS AMENDED SEVERAL TIMES THE LAST BY LAW NUMBER 36 OF 2008

09 January 2015