|
DETAILS

Konsolidasi Undang-Undang Pajak Penghasilan


Susunan dalam Satu Naskah dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan


BAB VI PERHITUNGAN PAJAK PADA AKHIR TAHUN

Pasal 28 (UU No. 10 Tahun 1994)


(1) Bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap, pajak yang terutang dikurangi dengan kredit pajak untuk tahun pajak yang bersangkutan, berupa :
a. pemotongan pajak atas penghasilan dari pekerjaan, jasa, dan kegiatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21;
b. pemungutan pajak atas penghasilan dari kegiatan di bidang impor atau kegiatan usaha di bidang lain sebagaimana dimaksud dalam Pasal 22;
c. pemotongan pajak atas penghasilan berupa dividen, bunga, royalti, sewa, hadiah dan penghargaan, dan imbalan jasa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23;
d. pajak yang dibayar atau terutang atas penghasilan dari luar negeri yang boleh dikreditkan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24;
e. pembayaran yang dilakukan oleh Wajib Pajak sendiri sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25;
f. pemotongan pajak atas penghasilan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 26 ayat (5).
(2) Sanksi administrasi berupa bunga, denda, dan kenaikan serta sanksi pidana berupa denda yang berkenaan dengan pelaksanaan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan yang berlaku tidak boleh dikreditkan dengan pajak yang terutang sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

BAB VI PERHITUNGAN PAJAK PADA AKHIR TAHUN

Pasal 28 (UU No. 10 Tahun 1994)


PPh
Penjelasan Pasal 28

Ayat (1)

Pajak yang telah dilunasi dalam tahun berjalan, baik yang dibayar sendiri oleh Wajib Pajak ataupun yang dipotong serta dipungut oleh pihak lain, dapat dikreditkan terhadap pajak yang terutang pada akhir tahun pajak yang bersangkutan.

Contoh:
Pajak Penghasilan yang terutang   Rp80.000.000,00       
Kredit pajak: 
Pemotongan pajak dari pekerjaan (Pasal 21) Rp  5.000.000,00    
Pemungutan pajak oleh pihak lain (Pasal 22) Rp10.000.000,00
Pemotongan pajak dari modal (Pasal 23) Rp  5.000.000,00
Kredit pajak luar negeri (Pasal 24) Rp15.000.000,00
Dibayar sendiri oleh Wajib Pajak (Pasal 25) Rp10.000.000,00  (+)  
Jumlah Pajak Penghasilan yang dapat dikreditkan Rp45.000.000,00   (-)
Pajak Penghasilan yang masih harus dibayar  Rp35.000.000,00       
      
Ayat (2)

Cukup jelas.
DETAILS

Consolidation of Income Tax Act


Arrangement in One Text of the Law of the Republic of Indonesia Number 7 of 1983 concerning Income Tax as lastly amended by the Law of the Republic of Indonesia Number 11 of 2020 concerning Job Creation


CHAPTER VI TAX CALCULATION AT THE END OF THE YEAR

Article 28 (Law No. 10 of 1994)


(1) Divide Domestic taxpayers and business forms fixed tax payable minus the tax credit for the year the relevant tax, in the form of:
a. cropping top tax income from work, services, and activities as referred to in Article 21;
b. pickup top tax income from activities in the field of imports or business activities in the field of others as referred to in Article 22;
c. cropping top tax income in the form of dividends, interest, royalties, rent, gifts and awards, and compensation for services as referred to in Article 23;
d. tax paid or payable on income from abroad that may be credited as referred to in Article 24;
e. payment which is conducted by the Taxpayer himself as referred to in Article 25;
f. cropping tax on income as referred to in Article 26 paragraph (5).
(2) Sanction administration in the form of interest, fines, and increases as well as criminal sanctions in the form of fines related to implementation of laws and regulations in the field of taxation applicable may not be credited with the tax payable as referred to in paragraph (1).

CHAPTER VI TAX CALCULATION AT THE END OF THE YEAR

Article 28 (Law No. 10 of 1994)


PPh
Explanation Article 28

Paragraph (1)

Taxes that have been paid in the current year, whether paid itself by the taxpayer or withheld and collected by other party, can be credited against the tax payable at the end the relevant tax year.

Example:
Tax Income owed   Rp 80,000,000.00       
Credit tax: 
Cutting tax from employment (Article 21) Rp  5,000,000.00    
Upvoting tax by other parties (Article 22) Rp 10,000,000.00
Cutting tax on capital (Article 23) Rp  5,000,000.00
Credit foreign tax (Article 24) Rp 15,000,000.00
Paid by the Taxpayer himself (Article 25) Rp 10,000,000.00  (+)  
Amount Creditable Income Tax Rp 45,000,000.00   (-)
Tax Accrued income  Rp 35,000,000.00       
      
Paragraph (2)

Self-explanatory.