Susunan dalam Satu Naskah dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan
| (1) | Yang
menjadi Subjek Pajak adalah :
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
| (1a) | Bentuk usaha tetap merupakan subjek pajak yang perlakuan perpajakannya dipersamakan dengan subjek pajak badan. | ||||||||||||||||||||||||||||||||
| (2) | Subjek pajak dibedakan menjadi subjek pajak dalam negeri dan subjek pajak luar negeri. | ||||||||||||||||||||||||||||||||
| (3) | Subjek
pajak dalam negeri adalah:
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
| (4) | Subjek
pajak luar negeri adalah :
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
| (5) | Bentuk
usaha tetap adalah bentuk usaha yang
dipergunakan oleh orang pribadi sebagaimana dimaksud pada ayat (4)
huruf a, huruf b, dan huruf c, dan badan sebagaimana dimaksud pada ayat
(4) huruf d untuk menjalankan usaha atau melakukan kegiatan di
Indonesia yang dapat berupa:
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
| (6) | Tempat tinggal orang pribadi atau tempat kedudukan badan ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pajak menurut keadaan yang sebenarnya. |
| a. | Wajib Pajak dalam negeri dikenai pajak atas penghasilan baik yang diterima atau diperoleh dari Indonesia maupun dari luar Indonesia, sedangkan Wajib Pajak luar negeri dikenai pajak hanya atas penghasilan yang berasal dari sumber penghasilan di Indonesia. |
| b. | Wajib Pajak dalam negeri dikenai pajak berdasarkan penghasilan neto dengan tarif umum, sedangkan Wajib Pajak luar negeri dikenai pajak berdasarkan penghasilan bruto dengan tarif pajak sepadan; dan |
| c. | Wajib Pajak dalam negeri wajib menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan sebagai sarana untuk menetapkan pajak yang terutang dalam suatu tahun pajak, sedangkan Wajib Pajak luar negeri tidak wajib menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan karena kewajiban pajaknya dipenuhi melalui pemotongan pajak yang bersifat final. |
|
Nomor Dokumen |
Perihal |
Tanggal Ditetapkan |
|
PER-2/PJ/2009 |
PERLAKUAN PAJAK PENGHASILAN BAGI PEKERJA INDONESIA DI LUAR NEGERI |
12 Januari 2009 |
|
PER-28/PJ/2018 |
SURAT KETERANGAN DOMISILI BAGI SUBJEK PAJAK DALAM NEGERI INDONESIA DALAM RANGKA PENERAPAN PERSETUJUAN PENGHINDARAN PAJAK BERGANDA |
1 Februari 2019 |
|
PER-04/PJ/2020 |
PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN ADMINISTRASI NOMOR POKOK WAJIB PAJAK, SERTIFIKAT ELEKTRONIK, DAN PENGUKUHAN PENGUSAHA KENA PAJAK |
13 Maret 2020 |
|
SE-27/PJ/2020 |
PETUNJUK PELAKSANAAN PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK NOMOR PER-04/PJ/2020 TENTANG PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN ADMINISTRASI NOMOR POKOK WAJIB PAJAK, SERTIFIKAT ELEKTRONIK, DAN PENGUKUHAN PENGUSAHA KENA PAJAK |
30 April 2020 |
|
49 TAHUN 2021 |
PERLAKUAN PERPAJAKAN ATAS TRANSAKSI YANG MELIBATKAN LEMBAGA PENGELOLA INVESTASI DAN/ATAU ENTITAS YANG DIMILIKINYA |
2 Februari 2021 |
|
PER-43/PJ/2011 |
PENENTUAN SUBJEK PAJAK DALAM NEGERI DAN SUBJEK PAJAK LUAR NEGERI |
28 Desember 2011 |
|
SE-26/PJ.42/1999 |
PERLAKUAN PERPAJAKAN BAGI PARTAI POLITIK |
21 Juni 1999 |
Arrangement in One Text of the Law of the Republic of Indonesia Number 7 of 1983 concerning Income Tax as lastly amended by the Law of the Republic of Indonesia Number 11 of 2020 concerning Job Creation
| (1) | Which
being a tax subject is:
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
| (1a) | Shape business remains a tax subject whose tax treatment equated with the subject of corporate tax. | ||||||||||||||||||||||||||||||||
| (2) | Subject Taxes are divided into domestic tax subjects and foreign tax subjects country. | ||||||||||||||||||||||||||||||||
| (3) | Subject
Domestic taxes are:
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
| (4) | Subject
foreign tax is:
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
| (5) | Shape
permanent establishment is a form of business
used by private persons as referred to in paragraph (4)
letter a, letter b, and letter c, and the body as referred to in paragraph
(4) letter d to run a business or carry out activities in
Indonesia which can be:
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
| (6) | Place residence of a private person or place the position of the body is determined by the Director General of Taxes according to the circumstances which are actually. |
| a. | Required Domestic tax is subject to tax on income either received or earned from Indonesia as well as from outside Indonesia, while foreign taxpayers are taxed only on income originating from sources of income in Indonesia. |
| b. | Required Domestic taxes are taxed based on net income at general rates, while foreign taxpayers taxed on a gross income basis at an equivalent tax rate; and |
| c. | Required Domestic taxes are required to submit a letter Annual Notification of Income Tax as a means to determine tax payable in a tax year, while foreign taxpayers the state is not required to submit an Annual Tax Return Income due to its tax obligations are met through withholding taxes the bis final. |
|
Document Number |
About |
Date Set |
|
PER-2/PJ/2009 |
INCOME TAX TREATMENT FOR INDONESIAN WORKERS ABROAD |
January 12, 2009 |
|
PER-28/PJ/2018 |
DOMICILE CERTIFICATE FOR INDONESIAN DOMESTIC TAX SUBJECTS IN THE FRAMEWORK OF IMPLEMENTING DOUBLE TAXATION AVOIDANCE AGREEMENT |
1 February 2019 |
|
PER-04/PJ/2020 |
TECHNICAL GUIDELINES FOR ADMINISTRATING TAXPAYER INDIVIDUAL NUMBER, ELECTRONIC CERTIFICATE, AND ESTABLISHMENT OF TAXABLE ENTREPRENEURS |
13 March 2020 |
|
SE-27/PJ/2020 |
INSTRUCTIONS FOR IMPLEMENTING REGULATION OF THE DIRECTOR GENERAL OF TAXES NUMBER PER-04/PJ/2020 CONCERNING TECHNICAL INSTRUCTIONS FOR IMPLEMENTING THE ADMINISTRATION OF TAXPAYER INDICATION NUMBER, ELECTRONIC CERTIFICATES, AND ESTABLISHMENT OF TAXABLE ENTERPRISES |
30 April 2020 |
|
49 YEAR 2021 |
TAX TREATMENT OF TRANSACTIONS INVOLVING THE INVESTMENT MANAGEMENT AGENCIES AND/OR THE ENTITIES ITS OWNED |
2 February 2021 |
|
PER-43/PJ/2011 |
DOMESTIC TAX SUBJECT DETERMINATION AND FOREIGN TAX SUBJECT |
December 28, 2011 |
|
SE-26/PJ.42/1999 |
TAX TREATMENT OF POLITICAL PARTIES |
June 21, 1999 |