|
DETAILS

Konsolidasi Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan


Susunan dalam Satu Naskah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021


BAB V KEBERATAN DAN BANDING

Pasal 25 (UU No. 7 Tahun 2021)


(1) Wajib Pajak dapat mengajukan keberatan hanya kepada Direktur Jenderal Pajak atas suatu:
a. Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar;
b. Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar Tambahan;
c. Surat Ketetapan Pajak Nihil;
d. Surat Ketetapan Pajak Lebih Bayar; atau
e pemotongan atau pemungutan pajak oleh pihak ketiga berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.
(2) Keberatan diajukan secara tertulis dalam bahasa Indonesia dengan mengemukakan jumlah pajak yang terutang, jumlah pajak yang dipotong atau dipungut, atau jumlah rugi menurut penghitungan Wajib Pajak dengan disertai alasan yang menjadi dasar penghitungan.
(3) Keberatan harus diajukan dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan sejak tanggal dikirim surat ketetapan pajak atau sejak tanggal pemotongan atau pemungutan pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) kecuali apabila Wajib Pajak dapat menunjukkan bahwa jangka waktu tersebut tidak dapat dipenuhi karena keadaan di luar kekuasaannya.
(3a) Dalam hal Wajib Pajak mengajukan keberatan atas surat ketetapan pajak, Wajib Pajak wajib melunasi pajak yang masih harus dibayar paling sedikit sejumlah yang telah disetujui Wajib Pajak dalam pembahasan akhir hasil pemeriksaan, sebelum surat keberatan disampaikan.
(4) Keberatan yang tidak memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (3a) bukan merupakan surat keberatan sehingga tidak dipertimbangkan.
(5) Tanda penerimaan surat keberatan yang diberikan oleh pegawai Direktorat Jenderal Pajak yang ditunjuk untuk menerima surat keberatan atau tanda pengiriman surat keberatan melalui pos dengan bukti pengiriman surat, atau melalui cara lain yang diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan menjadi tanda bukti penerimaan surat keberatan.
(6) Apabila diminta oleh Wajib Pajak untuk keperluan pengajuan keberatan, Direktur Jenderal Pajak wajib memberikan keterangan secara tertulis hal-hal yang menjadi dasar pengenaan pajak, penghitungan rugi, atau pemotongan atau pemungutan pajak.
(7) Dalam hal Wajib Pajak mengajukan keberatan, jangka waktu pelunasan pajak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (3) atau ayat (3a) atas jumlah pajak yang belum dibayar pada saat pengajuan keberatan, tertangguh sampai dengan 1 (satu) bulan sejak tanggal penerbitan Surat Keputusan Keberatan.
(8) Jumlah pajak yang belum dibayar pada saat pengajuan permohonan keberatan sebagaimana dimaksud pada ayat (7) tidak termasuk sebagai utang pajak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 ayat (1) dan ayat (1a).
(9) Dalam hal keberatan Wajib Pajak ditolak atau dikabulkan sebagian, Wajib Pajak dikenai sanksi administratif berupa denda sebesar 30% (tiga puluh persen) dari jumlah pajak berdasarkan keputusan keberatan dikurangi dengan pajak yang telah dibayar sebelum mengajukan keberatan.
(10) (Dalam hal Wajib Pajak mengajukan permohonan banding, sanksi administratif berupa denda sebesar 30% (tiga puluh persen) sebagaimana dimaksud pada ayat (9) tidak dikenakan.

BAB V KEBERATAN DAN BANDING

Pasal 25 (UU No. 7 Tahun 2021)


HPP KUP
Penjelasan Pasal 25

Ayat (1)

Apabila Wajib Pajak berpendapat bahwa jumlah rugi, jumlah pajak, dan pemotongan atau pemungutan pajak tidak sebagaimana mestinya, Wajib Pajak dapat mengajukan keberatan hanya kepada Direktur Jenderal Pajak.

Keberatan yang diajukan adalah mengenai materi atau isi dari ketetapan pajak, yaitu jumlah rugi berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan, jumlah besarnya pajak, atau pemotongan atau pemungutan pajak. Yang dimaksud dengan "suatu" pada ayat ini adalah 1 (satu) keberatan harus diajukan terhadap 1 (satu) jenis pajak dan 1 (satu) Masa Pajak atau Tahun Pajak.

Contoh:

Keberatan atas ketetapan Pajak Penghasilan Tahun Pajak 2008 dan Tahun Pajak 2009 harus diajukan masing-masing dalam 1 (satu) surat keberatan tersendiri. Untuk 2 (dua) Tahun Pajak tersebut harus diajukan 2 (dua) buah surat keberatan.

Ayat (2)

Yang dimaksud dengan "alasan yang menjadi dasar penghitungan" adalah alasan-alasan yang jelas dan dilampiri dengan fotokopi surat ketetapan pajak, bukti pemungutan, atau bukti pemotongan.

Ayat (3)

Batas waktu pengajuan surat keberatan ditentukan dalam waktu 3 (tiga) bulan sejak tanggal dikirim surat ketetapan pajak atau sejak tanggal pemotongan atau pemungutan pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dengan maksud agar Wajib Pajak mempunyai waktu yang cukup memadai untuk mempersiapkan surat keberatan beserta alasannya.
 
Apabila ternyata bahwa batas waktu 3 (tiga) bulan tersebut tidak dapat dipenuhi oleh Wajib Pajak karena keadaan di luar kekuasaan Wajib Pajak (force majeur), tenggang waktu selama 3 (tiga) bulan tersebut masih dapat dipertimbangkan untuk diperpanjang oleh Direktur Jenderal Pajak.

Ayat (3a)

Ketentuan ini mengatur bahwa persyaratan pengajuan keberatan bagi Wajib Pajak adalah harus melunasi terlebih dahulu sejumlah kewajiban perpajakannya yang telah disetujui Wajib Pajak pada saat pembahasan akhir hasil pemeriksaan. Pelunasan tersebut harus dilakukan sebelum Wajib Pajak mengajukan keberatan.

Ayat (4)

Permohonan keberatan yang tidak memenuhi salah satu syarat sebagaimana dimaksud dalam pasal ini bukan merupakan surat keberatan, sehingga tidak dapat dipertimbangkan dan tidak diterbitkan Surat Keputusan Keberatan.

Ayat (5)

Tanda penerimaan surat yang telah diberikan oleh pegawai Direktorat Jenderal Pajak atau oleh pos berfungsi sebagai tanda terima surat keberatan apabila surat tersebut memenuhi syarat sebagai surat keberatan. Dengan demikian, batas waktu penyelesaian keberatan dihitung sejak tanggal penerimaan surat dimaksud.

Apabila surat Wajib Pajak tidak memenuhi syarat sebagai surat keberatan dan Wajib Pajak memperbaikinya dalam batas waktu penyampaian surat keberatan, batas waktu penyelesaian keberatan dihitung sejak diterima surat berikutnya yang memenuhi syarat sebagai surat keberatan.

Ayat (6)

Agar Wajib Pajak dapat menyusun keberatan dengan alasan yang kuat, Wajib Pajak diberi hak untuk meminta dasar pengenaan pajak, penghitungan rugi, atau pemotongan atau pemungutan pajak yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, Direktur Jenderal Pajak berkewajiban untuk memenuhi permintaan tersebut.

Ayat (7)

Ayat ini mengatur bahwa jatuh tempo pembayaran yang tertera dalam surat ketetapan pajak tertangguh sampai dengan 1 (satu) bulan sejak tanggal penerbitan Surat Keputusan Keberatan. Penangguhan jangka waktu pelunasan pajak menyebabkan sanksi administratif berupa bunga sebagaimana diatur dalam Pasal 19 tidak diberlakukan atas jumlah pajak yang belum dibayar pada saat pengajuan keberatan.

 Ayat (8)

Cukup jelas.

Ayat (9)

Dalam hal keberatan Wajib Pajak ditolak atau dikabulkan sebagian dan Wajib Pajak tidak mengajukan permohonan banding, jumlah pajak berdasarkan keputusan keberatan dikurangi dengan pajak yang telah dibayar sebelum mengajukan keberatan harus dilunasi paling lama 1 (satu) bulan sejak tanggal penerbitan Surat Keputusan Keberatan, dan penagihan dengan Surat Paksa akan dilaksanakan apabila Wajib Pajak tidak melunasi utang pajak tersebut. Di samping itu, Wajib Pajak dikenai sanksi administratif berupa denda sebesar 30% (tiga puluh persen).

Contoh:

Untuk Tahun Pajak 2023, Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar (SKPKB) dengan jumlah pajak yang masih harus dibayar sebesar Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) diterbitkan terhadap PT A. Dalam pembahasan akhir hasil pemeriksaan, Wajib Pajak hanya menyetujui pajak yang masih harus dibayar sebesar Rp200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah). Wajib Pajak telah melunasi sebagian SKPKB tersebut sebesar Rp200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dan kemudian mengajukan keberatan atas koreksi lainnya. Direktur Jenderal Pajak mengabulkan sebagian keberatan Wajib Pajak dengan jumlah pajak yang masih harus dibayar menjadi sebesar Rp750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah). Dalam hal ini, Wajib Pajak tidak dikenai sanksi administratif sebagaimana diatur dalam Pasal 19, tetapi dikenai sanksi administratif sesuai dengan ayat ini, yaitu sebesar 30% x (Rp750.000.000,00 - Rp200.000.000,00) = Rp165.000.000,00.

 Ayat (10)

Cukup jelas.

BAB V KEBERATAN DAN BANDING

Pasal 25 (UU No. 7 Tahun 2021)


Nomor Dokumen

Perihal

Tanggal Ditetapkan

SE-02/PJ.07/2009

PENEGASAN SEHUBUNGAN DENGAN SURAT PEMBERITAHUAN UNTUK HADIR (SPUH) DAN PEMBUKUAN, CATATAN, DATA, INFORMASI ATAU KETERANGAN LAIN DALAM PROSES KEBERATAN

01 July 2009

SE-112/PJ/2010

PENEGASAN TATA CARA PEMINJAMAN BUKU, CATATAN, DATA, DAN INFORMASI DAN/ATAU PERMINTAAN KETERANGAN TERKAIT DENGAN PENYELESAIAN KEBERATAN, PENGURANGAN ATAU PENGHAPUSAN SANKSI ADMINISTRASI, PENGURANGAN ATAU PEMBATALAN SURAT KETETAPAN PAJAK ATAU SURAT TAGIHAN PAJAK YANG TIDAK BENAR, DAN PEMBATALAN HASIL PEMERIKSAAN ATAU SURAT KETETAPAN PAJAK DARI HASIL PEMERIKSAAN

05 November 2010

PER-19/PJ/2013

PENCABUTAN BEBERAPA PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK TERKAIT DENGAN PENERBITAN PERATURAN MENTERI KEUANGAN DI BIDANG KETENTUAN UMUM DAN TATA CARA PERPAJAKAN

30 May 2013

SE-41/PJ/2014

TATA CARA PENANGANAN DAN PELAKSANAAN PUTUSAN BANDING, PUTUSAN GUGATAN, DAN PUTUSAN PENINJAUAN KEMBALI

1 January 2015

202/PMK.03/2015

PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI KEUANGAN NOMOR 9/PMK.03/2013 TENTANG TATA CARA PENGAJUAN DAN PENYELESAIAN KEBERATAN

12 November 2015

18/PMK.03/2021

PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA DI BIDANG PAJAK PENGHASILAN, PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH, SERTA KETENTUAN UMUM DAN TATA CARA PERPAJAKAN

17 February 2021

9/PMK.03/2013

TATA CARA PENGAJUAN DAN PENYELESAIAN KEBERATAN

1 March 2013

DETAILS

Consolidation of General Provisions and Tax Procedures Act


Composition in One Text of the Law of the Republic of Indonesia Number 6 of 1983 concerning General Provisions and Tax Procedures as last amended by Law of the Republic of Indonesia Number 7 of 2021


CHAPTER V OBJECTION AND APPEAL

Article 25 (Law No. 7 of 2021)


(1) Required Tax can submit an objection only to the Director General of Taxes on a:
a. Letters Underpaid Tax Assessment;
b. Letters Additional Underpaid Tax Assessment;
c. Letters Zero tax assessment;
d. Letters Overpaid Tax Assessment; or
e cropping or collection of taxes by third parties based on regulatory provisions tax laws.
(2) Objection submitted in writing in the language Indonesia by stating the amount of tax owed, the amount of tax deducted or collected, or the amount of loss according to the calculation Taxpayer accompanied by the reasons on which the calculation is based.
(3) Objection must be submitted within 3 years (three) months from the date the tax assessment letter was sent or from date of withholding or collection of tax as referred to in paragraph (1) unless the Taxpayer can show that the time period cannot be fulfilled due to circumstances beyond his control.
(3a) In terms of the Taxpayer filed an objection to tax assessment letter, the taxpayer is obliged to pay the remaining tax must be paid at least the amount that has been approved by the Taxpayer in the final discussion of the results of the examination, before the letter of objection be delivered.
(4) Objection who do not meet the requirements as referred to in paragraph (1), paragraph (2), paragraph (3), or paragraph (3a) is not an objection letter so it is not considered.
(5) Sign receipt of the objection letter by employees of the Directorate General of Taxes appointed to receive letter of objection or sign of delivery of letter of objection by post with proof of delivery of letters, or through other means arranged with or based on the Regulation of the Minister of Finance as evidence receipt of objection letters.
(6) If requested by the Taxpayer for the purposes filing an objection, the Director General of Taxes is obliged to provide a written statement of the matters that form the basis of tax imposition, calculating losses, or withholding or collecting taxes.
(7) In in the event that the Taxpayer files an objection, the period for paying taxes as referred to in Article 9 paragraph (3) or paragraph (3a) on the amount of tax that has not been paid at the time submission of objection, deferred up to 1 (one) month since date of issuance of Objection Decision Letter.
(8) Amount unpaid taxes pada moment filing an application for objection as referred to in paragraph (7) no included as tax payable as referred to in Article 11 paragraph (1) and paragraph (1a).
(9) In in the event that the Taxpayer's objection is rejected or granted in part, the Taxpayer is subject to administrative sanctions in the form of penalty of 30% (thirty percent) of the amount of tax based on the objection decision is reduced by the tax that has been paid before file an objection.
(10) (In in the event that the Taxpayer submits an application appeal, administrative sanction in the form of a fine of 30% (thirty percent) as referred to in paragraph (9) is not imposed.

CHAPTER V OBJECTION AND APPEAL

Article 25 (Law No. 7 of 2021)


HPP KUP
Explanation of Article 25

Paragraph (1)

If the Taxpayer is of the opinion that the amount of the loss, the amount of taxes, and Improper tax deduction or collection, Compulsory Tax can file an objection only to the Director General of Taxes.

The objections raised are regarding the material or content of the stipulation tax, namely the amount of the loss under the provisions of the regulation tax legislation, the amount of tax, or withholding or tax collection. What is meant by "a" in this paragraph is 1 (one) objection must be filed against 1 (one) type of tax and 1 (one) Tax Period or Tax Year.

Example:

Objection to Income Tax Assessment for 2008 and 2008 Fiscal Year The 2009 tax must be filed in 1 (one) objection letter each alone. For 2 (two) Tax Years must be filed 2 (two) objection letter.

Paragraph (2)

What is meant by "reason on which the calculation is based". clear reasons and accompanied by a photocopy of the stipulation taxes, proof of collection, or proof of withholding.

Paragraph (3)

Deadline for letter submission objection determined within 3 (three) months from the date the tax assessment letter was sent or from the date withholding or collection of tax as referred to in paragraph (1) with the intention that the Taxpayer has adequate time to prepare an objection letter along with the reasons.
 
If it turns out that the 3 (three) month deadline cannot be fulfilled by the Taxpayer due to circumstances beyond the Taxpayer's control (force majeure), the grace period of 3 (three) months is still may be considered for extension by the Director General of Taxes.

Paragraph (3a)

This provision dictates that requirements for filing an objection for Compulsory Tax is having to pay off a number of obligations in advance taxation which has been approved by the Taxpayer during the discussion final inspection results. The payment must be made before Taxpayers submit objections.

Paragraph (4)

Requested objections meet one of the conditions as referred to in this article is not a letter of objection, therefore cannot be considered and a decision letter is not issued Objection.

Paragraph (5)

Sign of receipt of letter has been given by the Directorate employees General Tax or by post serves as a letter receipt object if the letter meets the requirements as a letter object. Thus, the deadline for objection settlement is calculated from the date of receipt of the said letter.

CHAPTER V OBJECTION AND APPEAL

Article 25 (Law No. 7 of 2021)


Document Number

About

Date Set

SE-02/PJ.07/2009

EXFIRMATION RELATED TO NOTIFICATION FOR ATTENDANCE (SPUH) AND BOOKKEEPING, RECORDS, DATA, INFORMATION OR OTHER INFORMATION IN THE OBJECTION PROCESS

01 July 2009

SE-112/PJ/2010

EXFIRMATION OF BORROWING PROCEDURES FOR BORROWING BOOKS, RECORD, DATA, AND INFORMATION AND/OR REQUEST FOR INFORMATION RELATED TO SETTLEMENT OF OBJECTIONS, REDUCTION OR Abolition OF ADMINISTRATIVE SANCTIONS, REDUCTION OR CANCELLATION OF INCORRECT TAX APPOINTMENTS OR TAX BILLING LETTERS, AND CANCELLATION OF AUDIT RESULTS OR

05 November 2010

PER-19/PJ/2013

REVOCATION OF SOME REGULATIONS OF THE DIRECTOR GENERAL OF TAXES RELATED TO THE ISSUANCE OF REGULATION OF THE MINISTER OF FINANCE IN THE FIELD OF GENERAL PROVISIONS AND TAX PROCEDURE

30 April 2013

SE-41/PJ/2014

PROCEDURES FOR HANDLING AND IMPLEMENTING APPEAL DECISIONS, LAWSUIT DECISIONS, AND REVIEW DECISIONS

1 January 2015

202/PMK.03/2015

AMENDMENT TO REGULATION OF THE MINISTER OF FINANCE NUMBER 9/PMK.03/2013 CONCERNING PROCEDURES FOR FILING AND SETTLEMENT OF OBJECTIONS

12 November 2015

18/PMK.03/2021

IMPLEMENTATION OF LAW NUMBER 11 OF 2020 REGARDING EMPLOYMENT CREATION IN THE FIELD OF INCOME TAX, VALUE ADDED TAX AND SALES TAX ON LUXURY GOODS, AS WELL AS GENERAL PROVISIONS AND TAX PROCEDURE

17 February 2021

9/PMK.03/2013

PROCEDURES FOR FILING OBJECTIONS AND SETTLEMENT

1 March 2013